280 Comment

Benarkah Candi Borobudur peninggalan Nabi Sulaiman ??


coba perhatikan ayat yg saya beri tanda panah merah diatas, ternyata telah dipalsukan dari surat dan ayat aslinya.

surat ke 40 ayat 39 adalah ini :


39. Hai kaumku, sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah kesenangan (sementara) dan sesungguhnya akhirat itulah negeri yang kekal.



Borobudur dan prambanan peninggalan Nabi Sulaiman membaca judul diatas, tentu banyak orang yang akan mengernyitkan dahi, sebagai tanda ketidakpercayaannya. Bahkan, mungkin demikian pula dengan Anda. Sebab, Nabi Sulaiman AS adalah seorang utusan Allah yang diberikan keistimewaan dengan kemampuannya menaklukkan seluruh makhluk ciptaan Allah, termasuk angin yang tunduk di bawah kekuasaannya atas izin Allah. Bahkan, burung dan jin selalu mematuhi perintah Sulaiman. Menurut Sami bin Abdullah al-Maghluts, dalam bukunya Atlas Sejarah Nabi dan Rasul, Nabi Sulaiman diperkirakan hidup pada abad ke-9 Sebelum Masehi (989-931 SM), atau sekitar 3.000 tahun yang lalu. Sementara itu, Candi Borobudur sebagaimana tertulis dalam berbagai buku sejarah nasional, didirikan oleh Dinasti Syailendra pada akhir abad ke-8 Masehi atau sekitar 1.200 tahun yang lalu. Karena itu, wajarlah bila banyak orang yang mungkin tertawa kecut, geli, dan geleng-geleng kepala bila disebutkan bahwa Candi Borobudur didirikan oleh Nabi Sulaiman AS. Candi Borobudur merupakan candi Budha. Berdekatan dengan Candi Borobudur adalah Candi Pawon dan Candi Mendut. Beberapa kilometer dari Candi Borobudur, terdapat Candi Prambanan, Candi Kalasan, Candi Sari, Candi Plaosan, dan lainnya. Candi-candi di dekat Prambanan ini merupakan candi Buddha yang didirikan sekitar tahun 772 dan 778 Masehi.

Lalu, apa hubungannya dengan Sulaiman? Benarkah Candi Borobudur merupakan peninggalan Nabi Sulaiman yang hebat dan agung itu? Apa bukti-buktinya? Benarkah ada jejak-jejak Islam di candi Buddha terbesar itu? Tentu perlu penelitian yang komprehensif dan melibatkan berbagai pihak untuk membuktikan validitas dan kebenarannya.

Namun, bila pertanyaan di atas diajukan kepada KH Fahmi Basya, ahli matematika Islam itu akan menjawabnya; benar. Borobudur merupakan peninggalan Nabi Sulaiman yang ada di tanah Jawa.



“Para jin itu membuat untuk Sulaiman apa yang dikehendakinya dari gedung-gedung yang Tinggi dan patung-patung dan piring-piring yang (besarnya) seperti kolam dan periuk yang tetap (berada di atas tungku). Bekerjalah Hai keluarga Daud untuk bersyukur (kepada Allah). dan sedikit sekali dari hamba-hambaKu yang berterima kasih.” (QS Saba’:13)

Mungkin membaca judul artikel ini, sebagian besar dari kita akan bingung, sebagian akan mengatakan “iyakah?”, sebagian akan mengatakan “oh, tak mungkin!”. Sebenarnya, artikel ini saya tulis sebagai respon pribadi saya setelah melihat flying book karya KH Fahmi Basya yang berjudul indonesia negeri saba’ sebanyak 3 seri. KH Fahmi Basya adalah seorang ustad, dosen matematika, imam masjid dan penulis yang aktif. Banyak karya-karyanya berupa flying book telah bertebaran di dunia internet. Salah satunya yang saya bahas di sini berjudul Indonesia Negeri Saba.
Jika selama ini banyak ilmuwan-ilmuwan mengatakan bahwa negeri saba’ yang diceritakan dalam alquran itu berada di daerah yang sekarang adalah Yaman, maka menurut KH Fahmi Basya, negeri saba’ itu sebenarnya berada di Indonesia. Benarkah?


Dalam flying book itu KH Fahmi Basya mengungkapkan dengan bukti-bukti ilmiah bahwa candi borobudur bukanlah hasil kebudayaan hindu, sebagaimana kita ketahui selama ini. Candi borobudur sudah ada sejak lama, jauh sebelum hindu ada di nusantara ini. Berdasarkan penelitiannya, candi borobudur itu bahkan di bangun oleh nabi sulaiman dengan bantuan para jin pada jaman ketika nusantara belum berbentuk seperti sekarang, yaitu masih berupa daratan yang luas. Banyak data dan analisis yang dipaparkan dalam flying book itu sebagai bukti terhadap argumen ini.
untuk mengetahui salah satu bukti argumen itu, sebelumnya ada baiknya kita mengetahui simbol lafadz bismillah. Simbol itu bisa dibuat dengan melukis sebuah 7 buah lingkaran sama besar yang salah satu lingkaran berada di tengah dan dikelilingi oleh 6 lingkaran lainnya.
Masing-masing lingkaran mewakili satu huruf pada lafadz bismillah yaitu ba, sin, mim, alif, lam, lam, dan ha’ . Jika keenam lingkaran di luar masing-masing titik pusatnya secara berurutan dihubungkan dengan garis kemudian lingkaran-lingakaran yang diluar itu dihapus, jadilah bentuk itu sebagai segi enam dengan lingkaran di tengahnya. Itulah simbol lafadz bismillah.
Sekarang mari kita amati salah satu kontur yang banyak terukir di batu-batu candi Borobudur. inilah kontur itu.


ternyata bentuk itu banyak sekali kita temukan pada batu-batu di candi Borobudur. Segi enam dengan lingkaran ditengahnya. Apakah arti bentuk itu? Ternyata simbol segi enam dengan lingkaran di bawahnya adalah simbol lafadz bismillah. Demikianlah salah satu bukti analisa yang disampaikan oleh KH Fahmi Basya dalam flying booknya.

Selain itu, dalam flying book tersebut juga diungkapkan secara ilmiah bahwa candi borobudur dahulunya bukan di tempat seperti yang sekarang, melainkan sempat mengalami pemindahan dengan kecepatan pemindahan melebihi kecepatan cahaya (60.000 kali). Hal ini mengakibatkan kontur candi borobudur mengalami peluruhan. Pemindahan candi ini sesuai cerita dalam alqur’an : “Berkatalah seorang yang mempunyai ilmu dari AI Kitab: "Aku akan membawa singgasana itu kepadamu sebelum matamu berkedip". Maka tatkala Sulaiman melihat singgasana itu terletak di hadapannya, iapun berkata: "Ini termasuk kurnia Tuhanku untuk mencoba aku apakah aku bersyukur atau mengingkari (akan nikmat-Nya). Dan barangsiapa yang bersyukur maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri dan barangsiapa yang ingkar, maka sesungguhnya Tuhanku Maha Kaya lagi Maha Mulia". (QS.An Naml:40)

Selama ini yang sering diungkapkan adalah bahwa pemindahan itu dari yaman ke palestina, namun sesungguhnya bukti nyatanya belum pernah ditemukan.
Lalu menurut penelitian KH Fahmi Basya, dimana letak candi Borobudur sebelum dipindahkan? Jawabannya adalah di kawasan candi boko yang terletak di kabupaten bantul. Di kawasan itu nampak bekas-bekas adanya candi besar. Namun, candi besar itu hilang, entah bagaimana hilangnya, yang jelas bukan karena hancur atau runtuh. Bahkan di kawasan candi boko ditemukan serpihan-serpihan sisa candi yang konturnya mirip dengan kontur candi borobudur. Hanya saja, kontur yang ada di kawasan candi boko ini tampak lebih jelas dibandingkan dengan kontur yang ada di candi borobudur. Hal ini disebabkan peluruhan yang terjadi akibat pemindahan dengan kecepatan 60.000 kali kecepatan cahaya tadi. (Lihat gambar)
Lebih jauh lagi KH Fahmi Basya membahas sisi lain dari candi borobudur, yaitu bahwa desain candi borobudur sangat kompleks dan memiliki makna yang dalam. Misalnya relief yang ada di dinding-dindingnnya, ukuran volume candi yang membentuk balok al quran ( 23x23x12 = 6348 = jumlah ayat dalam alqur’an berserta basmalah), bahkan bukti foto google art yang menunjukkan bahwa puncak candi membentuk sebuah sebuah garis lurus yang menghubungkannya dengan rukun syaam dan hajar aswad ka’bah. Dan banyak lagi fakta-fakta yang dikemukakan dalam flying book itu.

Nama saba’ sendiri, di dapat dari Alqur’an, dimana secara singkat Alqur’an (surat An Naml dan surat Saba’) menceritakan bahwa negeri saba’ dahulu merupakan sebuah negeri yang amat makmur, subur tanahnya dan maju bangsanya. Dalam negeri itu pernah hidup Nabi-Nabi terdahulu seperti nabi daud AS, Nabi Sulaiman AS, dan juga seorang ratu perempuan yang amat melegenda yaitu ratu Bilqis.

Namun, negeri itu dimusnahkan oleh Allah SWT dengan sebuah banjir yang amat besar karena kemusyrikan bangsa di negeri itu, yaitu kereka melekukan ibadah menyembah matahari.
Sementara itu, dalam sebuah legenda yang sangat terkenal di dunia, konon pernah ada sebuah negeri yang karakteristiknya hampir mirip dengan yang diceritakan alqur’an itu. Negeri itu bernama negeri Atlantis. Negeri itu berada di sebuah daratan yang luas dan subur, dan dihuni oleh bangsa maju dan makmur, unggul dalam hal irigasi pertanian. Daratan luas itulah yang disebut sebagai benua Atlantis yang mana benua itu musnah pada jaman es. Seiring tenggelamnya daratan Atlantis, maka musnahlah negeri Atlantis yang begitu makmur itu.
Berdasarkan kemiripan kisah dalam Al Qur’an dan legenda yang berkembang di hampir sekuruh penjuru dunia itu, bisa jadi, negeri saba’ yang dimaksudkan dalam Al Quran itu tak lain adalah negeri Atlantis yang dulu mendiami daratan Atlantis yang kini sudah musnah akibat banjir besar di jaman es. Benar atau tidaknya memeang masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.
Selama ini hampir kebanyakan ilmuwan mengatakan bahwa negeri saba’ yang disebutkan dalam Alquran itu terletak di daerah Yaman, bahkan dalam banyak tafsir Al Quran pun mengatakan demikian. Namun, melalui ekspedisi dan penelitiannya, yang hasilnya dibuat dalam bentuk flying boook, KH Fahmi Basya menyimpulkan bahwa bukanlah daerah Yaman letak sebenarnya negeri Saba’ itu, melainkan ia berada di sebuah wilayah dengan pusatnya di pulau Jawa, dimana dahulu wilayah itu mencakup wilayah Indonesia dan masih merupakan sebuah daratan yang luas atau berupa sebuah benua. Berikut saya tuliskan 14 bukti yang dikemukakan oleh KH fahmi Basya yang mengungkapkan bahwa negeri saba’ dalam Al Qur’an itu bukan terletak di Yaman melainkan di Indonesia.

Pertama. Nama saba’ itu sendiri. “..dan kubawa kepadamu dari negeri Saba suatu berita penting yang diyakini.” (QS. 27:22). Di Indonesia ada nama dan tempat bernama saba’ (tempat pertemuan) dan ada tempatnya. sementara di Yaman tidak ada. Yang ada hanya sabuun(prasasti), tapi tidak ada a=nama tempat bernama saba’


Kedua. Hutan saba’. “Sesungguhnya bagi kaum Saba' ada tanda (kekuasaan Tuhan) di tempat kediaman mereka yaitu dua buah hutan (kebun) di sebelah kanan dan di sebelah kiri” (QS.34:14). Disebutkan terdapat hutan sebagai tanda kekuasaan (ayat). Allah menyebut sesuatu sebagai ayat maka berarti sesuatu tersebut tidak akan hilang dan tetap dapat di amati oleh manusia. Sebagaimana dalam QS 54.15 Allah menyebut kapal nabi nuh sebagai ayat dan itu kita temukan. Maka sesuai sebutan “ayat” itu seharusnya hutan itu juga bisa ditemukan atau pastilah hutan saba’ itu masih ditemukan. Kita bisa buka dalam kamus bahasa jawa kawi, HUTAN dalam bahasa jawa adalah WANA, dan SABA’ berarti PERTEMUAN. Jadi hutan saba’ itu ada di pulau jawa yaitu WANASABA=WONOSOBO Ada juga nama sleman yang berasal dari kata sulaiman. Sementara di Yaman tidak diketemukan nama-nama semacam itu.


Ketiga. Tempat bersujud (menyembah) kepada matahari. “Aku mendapati dia dan kaumnya menyembah (bersujud kepada) matahari...”(QS. 27:24). Di Yaman tidak dijumpai tempat semacam itu, sementara di Indonesia tempat semacam itu ada yaitu di kawasan bukit candi Boko. Disana ada tempat yang digunakan untuk menyembah matahari yang berupa bangunan di atas bukit menghadap ketimur, ke arah matahari terbit.

Keempat. Bangunan di lembah semut. “Berkatalah seorang yang mempunyai ilmu dari AI Kitab[1097]: "Aku akan membawa singgasana itu kepadamu sebelum matamu berkedip". Maka tatkala Sulaiman melihat singgasana itu terletak di hadapannya, iapun berkata: "Ini termasuk kurnia Tuhanku …”(QS. 27:40). Di Yaman tidak ada bangunan semacam ini, tapi di Indonesia ada, yaitu candi Borobudur. candi Borobudur terletak di sebuah lembah, dan itulah lembah semut, lembah terindah di dunia.
Kelima. Fakta pemindahan. Ada bekas stupa di candi Boko (36 km dari candi Borobudur), dimana tekstur bekas stupa itu sangat mirip dengan yang ada di candi borobudur. di Yaman tidak ada.
Keenam. Sidrin qolil. “…sesuatu yang disebut sidrin Qolil”(qs. 34:16). Di indonesia sidrin qolil ini masih ada sampai sekarang, yaitu terdapat di candi Boko, sementara di Yaman tidak ada.
Ketujuh. Buah yang rasanya pahit, dan menjadi buah mulut (cerita rakyat). “…dan kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit…”(QS. 34:16). Di Indonesia ada buah yang rasanya pahit yaitu buah MAJAPAHIT, di Yaman tidak ada.
Kedelapan. Sisa banjir. “… Maka kami datangkan kepada mereka banjir yang besar…”(QS.34:16). Di Yaman disebutkan banjir ini disebabkan runtuhnya bendungan Ma’rib (sebesar bendungan situ gintung) tapi banjir yang semacam ini terlalu kecil untuk memusnahkan sebuah negeri. Tapi di Indonesia banjir itu ada yaitu banjir sangat besar yang menenggelamkan dataran/dangkalan sunda, mengakibatkan Indonesia terbagi menjadi banyak pulau. Fakta sejarah mengungkapkan bahwa dulu nusantara merupakan satu wilayah daratan yang luas sebelum menjadi wilayah kepulauan.
Kesembilan. Bukti bahwa negeri saba’ telah dihancurkan sehancur-hancurnya. “Maka kami jadikan mereka buah mulut dan kami hancurkan mereka sehancur-hancurnya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda- tanda kekuasaan Allah bagi setiap orang yang sabar lagi bersyukur.” (QS.34:19). Di Indonesia fakta jelas mengatakan bahwa wilayah nusan tara yang dulunya satu daratan, setelah banjir besar di jaman es terbagi menjadi 17.000 pulau. Dari 1 menjadi 17.000. dalam sejarah dunia belum pernah ada daratan yang karena suatu kejadian kemudian menyebabkannya terbagi menjadi 17.000 bagian. Inilah maksud dari dihancurkan sehancur-hancurnya. Semantara di Yaman tidak ada fakta semacam itu.
Sepuluh. “...Kami bataskan padanya perjalanan...”(QS.34:18). Setelah banjir besar, maka perjalana darat menjadi terbatas karena pulau-pulau dibatasi lautan. Sementara di Yaman tidak ditemukakan fakta ini.
Sebelas. Jarak terbang ideal. “Maka tidak lama kemudian (datanglah hud-hud), lalu ia berkata: "Aku telah mengetahui sesuatu yang kamu belum mengetahuinya; dan kubawa kepadamu dari negeri Saba suatu berita penting yang diyakini.”(QS.27:22). “Pergilah dengan (membawa) suratku ini”(QS.27:28) jarak pemindahan istana adalah sejauh jarak terbang burung (36 km). di Indonesia jarak ideal ini ada Yaitu jarak candi Borobudur-candi Boko. Sementara kalo di Yaman, jarak antara Yaman-Palestina terlalu jauh.
Keduabelas. “Dan Tuhanmu Maha Memelihara segala sesuatu.” (QS.34:21). Jadi pastilah Allah memelihara negeri saba’ yang menjadi ayat (tanda kekuasaan) Nya itu. Di Yaman sudah tidak ada, sementara di Indonesia masih ada.
Ketigabelas. Surat dari Nabi Sulaiman unutk ratu Balqis. “Berkata ia (Balqis): "Hai pembesar-pembesar, sesungguhnya telah dijatuhkan kepadaku sebuah surat yang mulia. Sesungguhnya surat itu, dari SuIaiman dan sesungguhnya (isi)nya: "bismillahirrahmaanirrahiim” (QS. 27:29-30). Di Indonesia ada bukti yang ditemukan di istana ratu boko berupa lempengan/plat emas bertuliskan bismillahirrahmaanirrahiim. Di Yaman tidak ada.
Keempatbelas. Gedung yang tinggi. “Para jin itu membuat untuk Sulaiman apa yang dikehendakinya dari gedung-gedung yang tinggi dan patung-patung dan piring-piring yang (besarnya) seperti kolam dan periuk yang tetap (berada di atas tungku).”(QS.34:13). Di Indonesia jelas ada yaitu candi borobudur, sedangkan di Yaman tidak ada...
______________________________________________________

tambahan..

Indonesia selain dikenal sebagai pewaris Peradaban Benua Atlantis yang hilang, dikenal juga sebagai Pusat Peradaban Negeri Saba’
Ada pembahasan yang cukup menarik dan sekaligus sangat menggelitik pikiranku, yaitu seperti yang pernah saya baca mengenai sebuah kajian tentang “INDONESIA NEGERI SABA” yang disampaikan oleh KH. Fahmi Basya, Beliau menggambarkan begitu detil sekali berawal dari pembahasaan Al-Qur’an Surat Saba’ ayat 18 sebagai berikut:
Dan Kami jadikan antara mereka dan antara negeri-negeri yang Kami limpahkan berkat kepadanya, beberapa negeri yang berdekatan dan Kami tetapkan antara negeri-negeri itu (jarak-jarak) perjalanan. Berjalanlah padanya beberapa malam dan siang dengan aman.
[QS. Saba'/34: 18] 
Indonesia Negeri Saba’
Ternyata berdasarkan hasil riset Lembaga Studi Islam dan Kepurbakalaan yang dipimpin oleh KH. Fahmi Basya, dosen Matematika Islam UIN Syarif Hidayatullah, bahwa sebenarnya “CANDI BOROBUDUR” adalah bangunan yang dibangun oleh “TENTARA NABI SULAIMAN” termasuk didalamnya dari kalangan bangsa Jin dan Setan yang disebut dalam Alqur’an sebagai “ARSY RATU SABA”, sejatinya PRINCES OF SABA atau “RATU BALQIS” adalah “RATU BOKO” yang sangat terkenal dikalangan masyarakat Jawa, sementara patung-patung di Candi Borobudur yang selama ini dikenal sebagai patung Budha, sejatinya adalah patung model bidadara dalam sorga yang menjadikan Nabi Sulaiman sebagai model dan berambut keriting. Dalam literatur Bani Israel dan Barat, bangsa Yahudi dikenal sebagai bangsa tukang dan berambut keriting, tetapi faktanya justru Suku Jawa yang menjadi bangsa tukang dan berambut keriting ( perhatikan patung Nabi Sulaiman di Candi Borobudur ).
Hasil riset tersebut juga menyimpulkan bahwa “SUKU JAWA” disebut juga sebagai “BANI LUKMAN” karena menurut karakternya suku tersebut sesuai dengan ajaran-ajaran LUKMANUL HAKIM sebagaimana tertera dalam Alqur’an. Perlu diketahui bahwa satu-satunya nabi yang termaktub dalam Alqur’an, yang menggunakan nama depan SU hanya Nabi Sulaiman As dan negeri yang beliau wariskan ternyata secara kebetulan diperintah oleh keturunannya yang juga bernama depan SU yaitu Sukarno, Suharto, dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta meninggalkan negeri bernama SLEMAN di Yogyakarta – Jawa Tengah. Nabi Sulaiman As mewarisi kerajaan dari Nabi Daud As yang dikatakan didalam Alqur’an dijadikan Khalifah di Bumi ( menjadi Penguasa Dunia dengan Benua Atlantis sebagai Pusat Peradabannya), Nabi Daud juga dikatakan raja yang mampu menaklukkan besi (membuat senjata dan gamelan dengan tangan, beliau juga bersuara merdu) dan juga menaklukkan gunung hingga dikenal sebagai Raja Gunung. Di Nusantara ini yang dikenal sebagai Raja Gunung adalah “SYAILENDRA” , menurut Dr. Daoed Yoesoef nama Syailendra berasal dari kata saila dan indra, saila = gunung dan indra = raja.
Jadi sebenarnya Bani Israel yang sekarang menjajah Palestina bukan keturunan Israel asli yang hanya terdiri 12 suku, tapi mereka menamakan diri suku ke 13 yaitu Suku Khazar (yang asalnya dari Asia Tengah) hasil perkawinan campur Bani Israel yang mengalami diaspora dengan penduduk lokal, posisi suku Khazar ini mayoritas di seluruh dunia. Sedang Yahudi asli Telah menghilang yang dikenal sebagai suku-suku yang hilang “The Lost Tribes” yang mana mereka pergi ke timur dan banyak yang menuju ke “THE PROMISED LAND” yaitu Indonesia.
Dan kalau kita merunut lagi kembali seperti apa yang telah disampaikan oleh KH. Fahmi Basya tentang Candi Borobudur, maka akan semakin tampak jelas bahwa ketika beliau menjelaskan tentang Negeri Saba’ disitu dikatakan bahwa sebuah pemerintahan yang sangat kuat karena dipimpin oleh Nabi Sulaiman As dan Ratu Balqis dari hasil riset dengan di dukung oleh data-data yang ada, maka terbukti bahwa NEGERI SABA’ itu adalah INDONESIA dengan pusat pemerintahan di Jawa dan ARSY SABA’ yang dipindahkan atas perintah Nabi Sulaiman As adalah Candi Borobudur yang dipindahkan dari Istana Ratu BOKO, dan NEGERI SABA’ inilah yang kemudian dikatakan oleh KH Fahmi Basya ada kemiripan antara Cerita dengan BENUA ATLANTIS yang hilang itu. Dan sungguh luar biasa kalau fakta itu benar, berarti Negeri ini telah mewarisi peradaban besar bangsa-bangsa.
Kembali ke pembahasan tentang NEGERI SABA’ ada 15 (lima belas) point penting yang menjadi bukti berdasarkan Al-Qur’an bahwa SABA’ itu ada di pulau Jawa (Indonesia) dan bukan di YAMAN!
1. Di buku-buku Ilmu Sejarah kita disebutkan bahwa Candi Borobudur didirikan pada abad ke-7 Masehi, tetapi menurut Teori paruh waktu , bahwa penelitian terhadap batu candi tersebut tidak bisa dihitung umurnya dengan Isotop C (Carbon). Sehingga bisa ditarik Hipotesa, bahwa Candi Borobudur tidak dibuat pada abad ke-7 Masehi.

Candi Borobudur
2. Adanya phenomena angka 19 di Candi Borobudur. Adapun mengenai phenomena angka 19 itu terdapat di dalam Alqur’an berasal dari kalimat Bismillaahirrahmaanirrahiim yang terdiri dari 19 huruf. Kalimat Bismillaahirrahmaanirrahiim ini yang memperkenalkannya kepada kita adalah nabi Sulaiman As. ketika beliau berkirim surat kepada Ratu Saba’
Kop Surat dari Surat nabi Sulaiman As itu adalah kalimat Bismillaahirrahmaanirrahiim .
Isi suratnya adalah: ” Alla ta’luu ‘alaiyya, wa’tuunni muslimiin ” Jangan menyombong kepadaku dan datanglah kepadaku dengan berserah diri ). Dan perlu diketahui surat itu sampai sekarang masih ada yaitu di Musium Nasional berupa lempengan emas bertuliskan Bismillah, surat itu awalnya ditemukan dikolam dekat Candi borobudur.

Lempengan emas bertuliskan kalimat ‘Bismillah”
Jadi, dapat dikatakan bahwa phenomena 19 itu sudah diketahui oleh Nabi Sulaiman As. Oleh sebab itu di Candi borobudur ada phenomena 19.

Phenomena angka 19
3. Adanya phenomena posisi tiga buah candi terletak segaris lurus, yaitu: Candi Borobudur, Pawon dan Mendut.
Karena yang membuat Candi Borobudur itu bukan manusia saja, tetapi juga Jin, maka segaris lurusnya tiga candi, yaitu Borobudur, Pawon dan Mendut, bukanlah hal kebetulan. karena Jin bisa melihatnya dari atas.
Untuk apa mereka membuat ketiga candi itu segaris lurus?
Untuk membuat gambar Gerhana. Dengan demikian mereka memberitakan bahwa Borobudur itu gambar Matahari, Pawon itu gambar Bulan dan Mendut adalah gambar Bumi. Itu sebab Mendut mewakili Manusia. Disana ada sebuah patung Manusia sebagai wakil penduduk bumi adalah manusia.
Mengapa Borobudur itu gambar Matahari.? Karena Ya..si Ratu Saba’ itu dulunya kan penyembah Matahari, jadi ‘Arsy dia itu ada nuansa mataharinya.
4. Diceritakan pula di dalam Al-qur’an istananya berbentuk piring-piring dan patung-patung, sementara itu candi borobudur berbentuk piring dan banyak patung-patungnya, disinyalir patung Nabi Sulaiman As.
5. Candi Borobudur adalah peninggalan Nabi Sulaiman As. dan Indonesia adalah negeri SABA yg diceritakan Al-qur’an dalam surat As-Saba (34). karenanya ada nama daerah Sleman di DI. Yogyakarta – Jawa Tengah yang diambil dari nama Nabi Sulaiman As.

Peta Sleman DI Yogyakarta
6. Sementara itu masih di kota Jogjakarta, tepatnya di daerah Prambanan ada candi ratu Boko yang di ambil dari nama Ratu Bulqo/Bilkis.

Candi ratu Boko

Kolam Pemandian di Candi ratu Boko
7. Di dalam Qur’an Surat As-Saba tanda-tanda daerahnya ada buah pahit, sementara disekitar candi borobudur ada buah: Mojo Pahit. bahkan sebuah kerajaan besar yang pernah jaya di pulau jawa dulu rela menamakan kerajaannya dengan nama Kerajaan Majapahit.

Peta Kesultanan Islam Majapahit
8. Lalu diceritakan di dalam Al-qur’an lagi: bahwa daerah Saba’ dikelilingi dua hutan, sementara itu Borobudur disana ada daerah Wanagiri dan WanaSABA, dimana dalam kamus bahasa jawa kawi; wana = hutan, saba = pertemuan.
9. Dimana seperti dalam Alqur’an Nabi Sulaiman menggunakan dua lembar kain dan kain yang luar adalah sutra seperti patung di candi yang terdapat lipatan sutra.
10. Diceritakan lagi di Nabi Sulaiman sering beristirahat dan berlibur di pantai sebelah timur negeri Saba, sementara di sebelah timur Indonesia deket papua ada pulau Solomon, yang di ambil dari nama Nabi Sulaiman As.
11. Relief-relief di candi mengambarkan cerita tentang Nabi Sulaiman diantaranya gambar burung yang mengantar surat kepada ratu Bilkis.
Sedangkan relief yang bergambar burung berkepala manusia, memberikan penjelasan bahwa burung hud-hud tersebut bisa berbicara dengan Nabi Sulaiman.
12. Di dalam Al-Qur’an surat As-Saba’ diceritakan negeri SABA telah di azab Allah karena penduduknya kufur dan tidak beriman, yaitu berupa dengan mengirim banjir besar yang menghancurkan negeri Saba’ menjadi berkeping-keping. Karenanya hanya Indonesia-lah satu-satunya negara di Dunia yang mempunyai 17.000 pulau lebih.
13. Indonesia adalah negeri SABA yang hilang, yang oleh Plato dan para ilmuwan barat diistilahkan benua Atlantis yang hilang.
14. Diantara Ribuan jumlah para Nabi, hanya Nabi Sulaiman As yang mempunyai nama Jawa yang berawalan “SU”, sebagaimana Suparmin, Suharto, Sukarno, Supratman, Sulistyono dll.

Nama jawa (Misal: SUlistiyono)
15. Adanya angin muson di Indonesia semakin menguatkan bukti bahwa Indonesia adalah negeri Saba’.
Dan masih banyak lagi fakta-faktanya yang lain.!
Nah kalau hasil penelitian ini benar adanya, bahwa yanag dimaksud dengan Negeri Saba’ adalah Indonesia hasil peninggalan Nabi Sulaiman As dan Ratu Bulqis. Sungguh luar biasa bangsa ini, kita telah mewarisi peradaban yang mulia itersebut. Wallahu ‘alam bissawaab.


sumber disini

sekedar bantahan..

Nabi Sulaiman dan Candi Borobudur Adalah Kebohongan Sejarah

Jika Candi Borobudur dikaitkan dengan Nabi Sulaiman maka dapat dikatakan telah terjadi manipulasi sejarah yang jelas dan sangat bertentangan sekali dengan fakta sejarah sekaligus telah membangun nilai kebencian dalam penistaan terhadap Agama yang lain. Dengan kesimpulan sebagai berikut:
1. Para sejarawan dan Arkiolog telah sepakat tentang siapa yang membangun Borobudur, dan diperkirakan tahun berapa dibangun, walaupun ada perbedaan tahun dan abad tapi beda tipis itu adalah rujukan awal bahwa para sejarawan dan Arkiolog mempunyai fakta dan bukti yang jelas untuk berbicara tentang Borobudur dan telah diakui dunia.
2. Sebenarnya KH. Fahmi Basha harusnya menjelaskan hitungan yang jelas kapan dibangun, karena beliau mempunyai Ilmu Matematika Islam bukan perkiraan lagi. Sehingga dapat dijelaskan kapan masa Nabi Sulaiman dengan tahun yang jelas dan kapan Nabi Sulaiman membangun candi Borobudur dengan tahun yang jelas? .. Bukankah bukan sesuatu yang sulit menetapkan tahun sedangkan beliau kan ahli dalam Matematika Islam?..
3. Jangan berkesimpulan hanya mendasari penelitian kepada nama-nama Orang yang berawalan SU atau lainnya, karena itu sebuah kebohongan yang dipaksakan untuk dipercayai, dan menunjukkan sebuah argumen ngawur tak berdasar.
4. Cerita yang disampaikan oleh Al qur’an berkaitan dengan Nabi Sulaiman dan Ratu Sobo/Balqis memang sebuah misteri, kenapa harus dijawa apa selain jawa tidak ada kerajaan lain selain jawa yang pantas ?… padahal para mufassir dan sejarawan banyak menjelaskan tentang keberadaan Nabi Sulaiman di Yerussalem dan Ratu Sobo/Balqis di Yaman selatan.
5. Bagaimana dengan patung-patung bukankah sejarah para Nabi sangat menentang setiap bentuk patung dari zaman Nabi Adam sampai Nabi Muhammad SAW, apakah Nabi Sulaiman telah berubah Imannya sehingga setuju dibuatkan patung?.. terlebih patungnya setengah telanjang dari sudut mana pikiran ini muncul?….
6. Jika pemikiran Candi Borobudur selalu dikaitkan dengan keberadaan Nabi Sulaiman maka akan menimbulkan sebuah argumen baru nantinya bahwa Peradapan yang pertama ada di dunia adalah di Indonesia dan akan menarik Nabi-Nabi yang lain masuk dalam sejarah Indonesia bahkan nantinya Indonesia akan pantas di jadikan Negara Islam atas dasar cerita dan sejarah yang dipaksakan.
7. Apabila sejarah candi Borobudur dikait-kaitkan dengan Nabi Sulaiman dan Ratu Sobo/Balqis, maka Islam Rahmatan Lil Alamiin terkikis oleh sebuah pemikiran dan analisa bohong yang disampaikan oleh KH. Fahmi Basha. karena keberadaan Candi di Indonesia adalah tempat ber Ibadah ummat Budha, siapa yang telah mengobarkan kebencian antara pemeluk Agama dalam hal ini?…

sumber disini

sebenarnya mengetahui kebenaran tulisan KH. Fahmi Basya mudah saja..

jika kerajaan sulaiman dan ratu bilqis ada di daerah wonosobo - sleman - jogjakarta,kenapa kaum yahudi yang ingin mendirikan

Solomon Temple (Istana atau Kuil Sulaiman) justru mengincar masjid al aqsha di palestina,bukan mengincar candi borobudur yang ada di magelang jawa tengah..??

mampukah KH fahmi basya menjawab pertanyaan ini..??


yang tertarik dengan artikel ini silahkan berkomentar...

Posting Komentar Blogger

  1. Sulaiman punya banyak Istana di mana-mana sepertinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampai saat orang2 israel blm/tdk pernah menemukan secuilpun artefak peninggalan Daud-Sulaiman padahal mereka mengklaim diri sebagai keturunan Daud. Mengapa mereka mengincar masjidil Aqsa bukan borobudur? karene kitab mereka palsu

      Hapus
    2. Menurut sya argumen anda tak lebih meyakinkan dibanding kh fahmi basya.

      Hapus
    3. Menurut sya argumen anda tak lebih meyakinkan dibanding kh fahmi basya.

      Hapus
    4. anda benar mas luqman,,karena untuk memahami hal seperti tsb diatas memang bukan sekedar memerlukan pemahaman biasa, akan tetapi tergantung kadar keimanan kita masing2 kepada Allah SWT, Al-Quran dan Rasul-Nya..
      bagi orang kafir dan munafik, walaupun 1000 bukti tak akan cukup untuknya agar mengakui ke-Esa-an Allah Azzawajallah

      Hapus
    5. berarti secara tidak langsung anda mengklaim iman anda diatas orang2 yang meragukan cerita fahmi basya?
      khas 2 digit banget :))

      Hapus
    6. Mungkin orang Yahudi belum kenal Borobudur...kalo dah tahu apa yang dijelasin KH. Fahmi mungkin dia bisa merubah niatnya bikin (quil) Temple of Solomon di dekat candi borobudur......Kalo temple artinya kuil malah lebih cocok dibangun deket Borobudur tuh.. bukan di masjidil Aqsho......

      Hapus
    7. Bani israil itu bangsa yang besar, mungkin aja ia tersebar ke banyak penjuru dunia, masalah di borobudur itu banyak patung, itu mungkin karena ia bukan bangunan yang dibuat oleh nabi sulaiman alaihissalam menainkan bangunan yang dibangun oleh bangsa saba, kemudian masalah pemalsuan sejarah saya jelas percaya, jika memang benar kekuasaan sulaiman alaihissalam amat besar pasti catatan sejarah dan mitosnya harus sangat populer, saya percaya dahulu agama yahudi sama berkemangnya seperti nasrani dan islam, pengaruh yahudi masalalu pasti besar sekali hanya sja dihapus sejarahnya karena beberapa alasan, pemalsuan sejarah itu biasa..

      Sejarah dan pengaruh islam masa lalupun banyak yang dilupakan bahkan dikubur, dihapus atau dipalingkan, saya memang mengakui bahwa pendapat fahni basya itu ada yg gak relevan tapi enggak bisa juga dikatakan dia maksa-maksain dan niat banget kadibznya.

      Setidaknya 4 hall yang paling banyak bohong dari sejarawan populer:

      1. Evolusi
      2. Tidak ada peradaban maju dan teramat pesat, semacam atlatis, lemuria, mesir kuno mereka menganggapnya mitos, padahal jelas alqurann -

      Hapus
    8. Sambungan- padahal jelas dalam alquran peradaban maju dimasalalu itu benar-benar ada, manusia pertama bapak kita adam alaihisalam pun bukanlah mahluk primitif, melaikan ia manusia cerdas yang mengetahui banyak nama, ia memulai peradaban sejak ia dibumi, menurut ibnu katsir sebelum banjir nuh alaihisalam, perdapan kaum nuh pun sangat pesat , hingga akhirnya musnalah seluruh kaum nuh tampa sisa, kemudian manusia tersebar setelah banjir besar, munculah ras-ras dan diutuslah nabi-nabi. Banjir nuh itu ada dan jaman es itu palsu dan bohong, es tidak mencair, malainkan alloh yang membanjiri seluruh bumi dan memulai peradaban baru, dari orang yang diselamat bersama nuh alaihi salam.

      3. Sejarawan populer seolah-olah gak mau ngaku kalo sejak dahulu komunikasi atar budaya itu sudah ada dari jaman dulu, seolah olah dakwah nabi itu gak ada, seolah olah nabi itu gak rutin diutus pada setiap bangsa, dari awal orang dulu sudah terikat denga. Animisme dan ilmu pengetahuan amat sedikit beredar serta logika orang dulu sempit, jelas salah orang jaman dulu itu pintar, kuat dan nabi lebih banyak dan sat kesesatan pasti akan segera diutus nabi, makannya gak satu pun dari umat terdahulu dapat syafaat.

      4. Sejarawan populer seolah gak tahu kalo orang jaman dulu itu banyak ya g panjang umuur dan kuat, denga. Usia yang panjang ksempatan belajar mereka lebih banyak, swharusnya lbih bijak dari orang sekarang.

      Intinya pemalsuan sejarah itu ada, saya sangat mengapresiasi sejarawan independet dan penelitian fahmi basya, sekalipun mungkin banyak yang salah atau keliru dia pasti niatnya baik dan sungguh2 membuktikan hipotesanya, sejarawan independent macam dia atau mansur surya negara, itu patut diacongi jempol, dia gak ikut ikutan sejarawan penipu.

      Wallohu'alam

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Nabi Suliaman as Raja yang sangat besar kekuasaannya meliputi timur-barat. Ratu Balqis sebelumnya bukan islam, corak kerajaan ratu balqis tentunya tidak bernuansa islami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang jelas,pendapat pak kyai fahmi basya adalah sangat kontroversial..wallahu A'lam

      Hapus
    2. saudara amin bin ahmed..bertobatlah sebelum terlambat

      Hapus
  4. Bila mengkaji benar dan tidaknya yang jelas kh. fahmi tidak sebentar selama 30 thn dia meneliti dan mengkaji dngn teori matematika islAMNYA. YNG JELAS bila memang benar berarti negarakita negara yang kaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas Yayat Hidayat@argumen kyai fahmi masih memicu pro dan kontra..wallahu A'lam..

      Hapus
    2. menurut saya argumen beliau berdasarkan kajian alquran dan ilmu pengetahuan yg dimilikinya. pro dan kontra dah wajar. itu adalah bagian dari usaha beliau dalam meneliti, sebaliknya apa yang sudah kita lakukan bagi ummat ini. penonton adalah pengamat terhebat dan nyaris tdk prnah berbuat. kita berusaha menghargai karya orang lain dan berhusnudzon atas apa yg diusahakan orang lain. selain itu pnelitian tsb dilakukan tdk sebentar, tentu diharapkan hasilnya jg sangat mendasar.

      Hapus
    3. menghargai jika ilmiah..
      karena menurut saya,ini hanyalah kejadian yang dihubung2kan semata..
      toh sekiranya saya berseberangan , maka saya tetap menghormati ikhtiar beliau..tetapi kebenaran harus diungkapkan,agar kita tahu,mana yang benar,mana yang samar,mana yang gak benar..

      itu saja.. :-#

      Hapus
    4. penonton adalah pengamat terhebat dan nyaris tdk prnah berbuat. (kita berusaha menghargai karya orang lain dan berhusnudzon atas apa yg diusahakan orang lain). selain itu pnelitian tsb dilakukan tdk sebentar, tentu diharapkan hasilnya jg sangat mendasar.

      KITA BERUSAHA MENGHARGAI KARYA ORANG LAIN DAN BERHUSNUDZON ATAS APA YANG DIUSAHAKAN ORANG LAIN,....

      tapi pernahkah kita menghargai dan berhusnudzon bahwa Borobudur adalah karya dari wangsa Syailendra? dimana waktu itu kerajaan mereka dan masyarakatnya beragama Buddha?

      saya setuju dengan pendapat bung amin ben ahmed bahwa: ini hanyalah kejadian yang dihubunh2kan semata..

      Hapus
    5. kebanyakan orang barat mengkaji menggunakan teori2 yang walahu alam kebenarannya, sedangkan KH fahmi dngan berani mengemukakan teori matematik alquran dan alquran bagi umat muslim adalah firman tuhan tiada keraguan didalamnya, dan hanya allah yang paling benar ilmunya

      Hapus
    6. Mas Amin Ben Ahmed# klw meragukan teori" yg di kemukakan oleh K.H Fahmi Basyah dsn mengatakan teori terseb tidaklah benar dan mendasar,, cobah mas amin buat sebuah teori yg semisalnya tentang keberadaan Negeri Saba, tersebut klw tidak bisa mending diam aja dan memperbanyak pengetahuan itu dah cukub baik terimakasih,,,,

      Hapus
    7. apa menurut anda teorinya pak yai masuk akal..?
      buktinya hanya perkiraan beliau saja,dan kejadian ang dihubungkan semata..tak lebih..

      nabi sulaiman dari jawa..?
      rati balqis dari jawa..?

      bisa bisa nanti ada versi nabi dari ambon msalnya,atau dari jakarta..
      ;-(

      Hapus
  5. Baca Atlantis Finaly Found oleh salah satu profesor asal brazil, profesor ini pun mengungkapkan keberadaan negri atlantis di indonesia dan fakta fakta yg hampir mirip dengan KH.Fahmi namun di kaji tidak secara agama namun di kaji secara ilmiah

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan sampai sekarangpun,teori tersebut hanyalah sebatas teori,karena tak ada pengakuan secara ilmiah dari kesepakatan para ilmuwan di seluruh dunia..

      Hapus
    2. Para Ilmuan lain itu ilmunya belum nyampe, jadi, mana bisa mereka sepakat

      Hapus
    3. Bung anonim, sudahkah anda membaca buku ATLANTIS FINALY FOUND ?
      banyak yang tak masuk akal didalamnya, dan penelitiannya pun diragukan.
      Terima kasih

      Hapus
  6. قَالَ عِفْرِيتٌ مِنَ الْجِنِّ أَنَا آتِيكَ بِهِ قَبْلَ أَنْ تَقُومَ مِنْ مَقَامِكَ ۖ وَإِنِّي عَلَيْهِ لَقَوِيٌّ أَمِينٌ

    Berkata ´Ifrit (yang cerdik) dari golongan jin: "Aku akan datang kepadamu dengan membawa singgsana itu kepadamu sebelum kamu berdiri dari tempat dudukmu; sesungguhnya aku benar-benar kuat untuk membawanya lagi dapat dipercaya".
    QS:An-Naml ( 27 ) | Ayat: 39

    Apakah mas bro Amin Ben Ahmed punya Al Qur'an .... ???

    Kalau punya harusnya dicek dulu ayat dan terjemahannya sesuai gak ... kalau gak sesuai silahkan memvonis telah terjadi pemalsuan .... lha paling cuma salah ketik angka doang kok udah berani nuduh terjadi pemalsuan ... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bro Dhani@ bahaya sekali tuduhan anda kepada saya ..
      apakah saya menyatakan hal yang anda tuduhkan kepada saya ..???
      atau itu hanya asumsi anda sendiri..??
      kok anda seperti kepanasan melihat artikel ini,lalu dengan membabi buta menuduh saya gak percaya alqur'an karim yang menjadi pedoman hidup saya selama ini..??

      teori kyai sampeyan itu..SAMA SEKALI GAK MASUK AKAL APALAGI ILMIAH..KARENA SAMA SEKALI,GAMPANG SEKALI DIMENTAHKAN ..BAHKAN TAK ADA PENGAKUAN DARI PARA ILMUWAN ISLAM DI SELURUH DUNIA..

      jangan OOT kenapa bro..

      wkwk..

      Hapus
    2. mas admin, diawal anda sudah salah meartikan ayat, sangat jelas sekali terjemahan ayat tersebut malah terjemahan dari mas admin adalah salah, mas admin harus betul2 betul meliat terjemahanx atau mngkin mas admin salah liat arti ayat sebelumnya atau sesudahnya.........

      Hapus
    3. bukankah artikel diatas sudah saya sertakan link sumbernya..?
      silahkan telaah lagi,dan buatlah perbandingan yang adil..

      barakallahu fiik

      Hapus
    4. sebelum di share, harusnya mas admin sendiri yg cek ayatnya bener apa kagak. kalo salah, mas admin berarti nyebarin koebohongan juga.

      Hapus
    5. jangan nyalahin link sumber. kalo link sumber emg salah kenapa pake di share segala?

      Hapus
    6. kalau gak sependapat atau marah misalnya,anda tinggal bantah aja kok..
      yang obyektif dan akurat tentunya..
      saya tunggu...

      gitu aja kok repot..

      Hapus
    7. makannya baca yang bener bro dari awal.. disana tertulis di alenia pertama.."coba perhatikan ayat yg saya beri tanda panah merah diatas, ternyata telah dipalsukan dari surat dan ayat aslinya.

      surat ke 40 ayat 39 adalah ini :


      39. Hai kaumku, sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah kesenangan (sementara) dan sesungguhnya akhirat itulah negeri yang kekal"

      pinter dikit bro jadi orang.. hehe

      Hapus
    8. kali aja salah ketik angka mas broo

      Hapus
    9. Mas amin ustad fahmi salah penulisan kali seharusnya sura ( ke 27 ayat ke 39), ms amin ini siapa orang mana bahasanya kok seperti ini
      "coba perhatikan ayat yg saya beri tanda panah merah diatas, ternyata telah dipalsukan dari surat dan ayat aslinya.
      "TERNYATA TELAH DI PALSUKAN".
      maaf itu salah angkanya seharusnya 27 bukan 40.
      harusnya ms amin ini tegur langsung ust fahmi. bukan cara memberi pernyataan publik yang seperti itu
      .
      saya penasaran dengan anda ms amin

      di balik semua tulisan ini ada apa dengan anda ms amin.

      islam muslim harus bersatu !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

      http://www.alquran-indonesia.com/web/quran/listings/details/27/30

      Hapus
    10. saya penasaran dengan anda ms amin

      di balik semua tulisan ini ada apa dengan anda ms amin.

      islam muslim harus bersatu !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! -

      Mas Samhadi Mustakim,

      Bersatu adalah harus, tapi dalam KEBENARAN dan untuk mencari kebenaran haruslah bernalar, jangan membabi buta.

      Hapus
    11. blm ada tanda bahwa kita menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman....

      adakah petunjuk dlm al-qur'an yang membolehkan kita mengeluarkan kata2 seperti ini "jangan OOT kenapa bro.. kemudian tertawa (wkwk....)'' atau semacamnya yang bisa saja menyakiti hati oranglain?

      Hapus
  7. maaf, menurut saya pribadi. teori kiai fahmi agak dipaksakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali..
      barakallahu fiik telah mampir ke blog saya..

      Hapus
    2. Justru yg mengkritik sangat maksa.

      Argumen KH. Fahmi pake Dalil Qur'an + Bukti (Fisik), dan antara keduanya Sinkron.
      Bukan teori belaka.

      KH. Fahmi publikasi temuan ini hasil riset 30an tahun. Sementara yg mengkritik, udah berapa (tahun) risetnya? Jangan2 cuma modal Googling sehari udah sok hebat.


      Hapus
  8. kenapa kaum yahudi yang ingin mendirikan
    Solomon Temple (Istana atau Kuil Sulaiman) justru mengincar masjid al aqsha di palestina,bukan mengincar candi borobudur yang ada di magelang jawa tengah..?? MENURUT YANG SAYA BACA Di dalam Bibel, Tuhan telah menjanjikan tanah Palestina (Tanah yang Dijanjikan) kepada keturunan Ibrahim as dari Ishaq as (bangsa Yahudi), maka mengapa bangsa Palestina mengingkari janji Yang Mahakuasa?
    jadi lebih baik kita diam dan memantau perkembangan , belum tentu yang disampaikan KH. Fahmi Basya itu salah, dan belum tentu benar juga,
    kalau ilmuwan berkata benda itu sudah berumur sekian tahun menurut penyelidikan kami, ITU tidak bisa dijadikan jaminan apa yang dia katakan benar, karena metode dan cara2 menghitung umur suatu benda itu macam2 dan cuma perkiraan,
    jadi biarlah nanti waktu yang membuktikan
    banyak kok contoh para ilmuwan zaman dahulu kalau mengutarakan suatu pendapat atau menemukan sesuatu malah ditertawakan tapi setelah berjalanya waktu dan bertambahnya bukti2 akhirnya banyak yang sepakat dengan apa yang dia sampaikan
    INGAT yang namanya penemu / ilmuwan ITU sudah pasti rumus2 dan jalan pikiran mereka tidak ada yang tau, namanya juga penemuan kan belum ada yang pernah mengungkap

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap saja,teori pak kyai sangat gampang dipatahkan.. karena beliau menganalisa dengan "kira kira" dan "dihubung hubungkan" saja.. tak lebih.. ;-(

      Hapus
    2. @mas amin bin ahmed : yg namanya sejarah itu prakiraan yg di hubungkan dgn penelitian bersumber dari ILMU, sah-sah saja meneliti atas dasar suatu ilmu dan K.H fahmi berdasarkan ilmu yg mutlak,yaitu Al-quran. Toh setelah saya baca bukan sekedar hanya menghubung-hubungkan saja, tetapi melihat dari sudut perhitungan dan grafity relief pada candi. dan toh pun begitu menurut sejarah candi yg kita kenal sekarang (buka wikipedia) itupun prakiraan..tak ada bukti pasti kapan orang2 budha di tanah jawa mengabaikan borobudur begitu saja (yang hampir candi menjadi bukit saking tak terjamah dan di tinggalkan) lalu ditemukan oleh jendral inggris thn 1814an. so, do not judge over the book..kalau anda lebih tahu silahkan buat tulisan dan penelitian sendiri, INGAT Allah Yang Tahu dan kita tak tahu. Wallahualam..

      Hapus
    3. adminnya ilmu nya cetek tpi pngen diprhatiin,,,
      ywd kita perhtiin dehhhh....skrg pertnyaannya buat admin
      mang knp klo penelitian itu salah??masalah buat kamu,apa kmu tkut Borobudur akn runtuh ato hilang...
      dan klo pun itu benar adanya,,kamu takut Indonesia akn jdi kebanggaan Islam didunia???
      intinya gag ngaruh ma kmu??klo bisa memahami ya hrusnya bersyukur kehadirat Ilahi Rabb ats anugerah tsb,,tpi klo tidak bisa memahami..ya mnding diam dehh,,okayyy

      Hapus
    4. Itu namanya sikap masa bodo,sifat yang tercela dalam kehidupan manusia..
      Saya nanya nih ke Anda,jika Anda ditakdirkan besar di panti asuhan misalnya,apakah Anda tidak akan mencari tahu siapa Anda sebenarnya ?
      Begitu juga kebenaran , kita harus mencari tahu hingga mendapatkan kebenaran yang Haq..

      Semisal itu saja, silahkan Anda cari kata kata perbandingan semisal ya...

      Hapus
  9. Menurut saya, anda orang bodoh!

    BalasHapus
  10. Menurut Saya, Anda Orang Bodoh!

    BalasHapus
  11. kok ribut dengan patah mematahkan teori to yo kalo pada percaya ini nuswantoro tanah sorga mang kenapa, kalo lomba argumen silahkan tafsirkan al-qur'an jok cuma terjemahan silahkan lihat tafsir al-quran or belajar tenatang alat tafsirul qur'an jok cuma lihat terjemahan ngisin2 ngisini lo berdebat tentang terjemahan betapa mundur ilmu islam kalau berdebat di ranah terjemahan n g usah terlalu banyak pake istilah arab yen mang nuswantoro pake bahasa nuswantoro lek jok kakehan gaya n kalo mau menghubungkaan islam dan negra islam g enek hubungane meng wong edan seng ngomong nabi muhammad ndirikne negara islam

    BalasHapus
  12. apapun teori yang di berikan oleh kh fahmi basya perlu kt apresiasi..entah itu benar atau tidak..toh tuk ungkap itu semua akal manusia belum sanggup mencapai kesana..yang saya ingin ketahui kontribusi anda selama ini apa? dan sudahkah bermanfaat bagi umat manusia?klo bs nya menghujat dan menghujat..kapan anda bs bermanfaat bagi khalayak ramai !

    BalasHapus
    Balasan
    1. teori tersebutpun perlu diluruskan,mengingat banyaknya kejanggalan dalam teori tersebut..

      bener kan..?

      Hapus
    2. mungkin abang perlu rajin-rajin-rajin baca biografi-biografi ulama nusantara sebanyak mungkin, ulama mana saja yang berjasa mengantarkan kemerdekaan dan banyak muslimnya sedamai Indonesia.

      Hapus
  13. Balasan
    1. pertanyaan yg bagus sekali, ane jg punya pertanyaan,

      1. kenapa madinah ditempatkan di yastrib bukannya di makkah atau palestina dimana disitu ada ka'bah & masjidil aqsa, apa umat rasul pd saat itu ga ada yg tau itu tempat suci yg mesti dijaga, bahkan masjidil aqsa pernah jd kiblat sholat sebelum ka'bah... @@@???
      2. kenapa para rabbi yahudi kelas langitan (diantaranya Waroqah) jaman sebelum kelahiran nabi Muhammad banyak yg eksodus ke makkah bukannya tinggal di palestina, apakah palestina sdh tdk penting lg pd saat itu? knp makkah jd penting smpi bnyk yg tinggal di yastrib..
      3. kenapa palestina diperebutkan oleh yahudi, nasrani & muslim? apa disana ada puing2 kerajaan solomon? bukankah disitu hanya ada tmpt ibadah? and katanye nih palestina tempat naik haji nya yahudi & nasrani (wuiiiihh..... gudang duit donk... mmm.. nyam.. nyam...)
      4. ane pusing sendiri....., terlalu banyak org pintar di indon, klu zionis yg pinter nya dikit dah.. jd kalau bikin buku sejarah / penelitian lsg disetujui oleh amirnya utk disebar ke seluruh dunia, seperti teori monyetnya darwin
      sang ilmuwan kelas langitan yg melegenda (manusia setengah dewa) yg teorinya ilmiah, faktual, akurat didukung sebagian besar ilmuwan langitan lainnya
      disetujui & dihalalkan para ulama karbitan utk dijadikan kurikulum pendidikan bg manusia keturunan monyet mengatasnamakan modernisasi,
      dan menganggap kolot (wong deso) pd org yg memakai kitab wahyu, & klu teori nya ga kepake... so... ada senjata pamungkas utk dpt dukungan ulama karbitan caranya isi celengan depag depdikbud nya yg buaanyaak nanti jg menghalalkan segala cara.... piiss bro

      Hapus
    2. Ane jg ga setuju ama :
      - teori manusia jawa manusia paling tua di dunia (emangnye keturunan monyet).
      - atlantic itu nuswantara, bukannya suku atlantic itu suku purba jadul bingit (masih jns monyet, lht film the planet apes).
      - penelitian G. Padang itu lbh tua dr pyramid giza, (alat punya amrik yg dipake ngetes kayaknya buatan SMK yg bangunannya mau roboh), semua org jg tau bahkan ilmuwan langitan jg mengiyakan klu peradaban mesir itu paling tua.
      - pd artefak dr kerajaan cina kuno berisi berita ttg nuswantara dahulu kala disebut wilayah brahmatik (arterfak itu palsu tdk didukung para ilmuwan langitan & sejarawan belanda)
      - DR. Zakir naik mengatakan kitab weda yg asli sm dgn qur'an, brahma di situ maksudnya nabi ibrahim (berarti weda = suhuf Ibrahim, ngarangnya keterlaluan tdk ada keterangan dlm hadits shahih baik bukhari / muslim)
      - kisah nabi Dawud sbg raja gunung / syailendra (sanskerta) yg ditulis dlm sejarah kerajaan nuswantara (kayaknya bohong jg, cerita itu cocok bwt film sinetron)
      - belanda sarang zionis & pusat transgender (ada-ada aza), klu memang iya pasti bnyk org indon yg ga mau kawin sm homosex / lesbian kenyataanya bangga tuh dpt org bule yg pinter & cerdas
      - ktnya nih sas sus banyak peneliti / ilmuwan yg jd alat politik zion biar dpt modal penelitian & hasilnya bwt kepentingan mereka (ade ade aze, yg omong gitu iri gara2 ga dpt duit)
      - Di buku-buku Ilmu Sejarah kita disebutkan bahwa Candi Borobudur didirikan pada abad ke-7 Masehi, tetapi menurut Teori paruh waktu ,
      bahwa penelitian terhadap batu candi tersebut tidak bisa dihitung umurnya dengan Isotop C (Carbon). Sehingga bisa ditarik Hipotesa, bahwa Candi Borobudur tidak dibuat pada abad ke-7 Masehi.
      (kyknya ni Ilmuwan mesti belajar lg ke belanda, ilmuwan belanda aja pada waktu itu tanpa isotop c (carbon), bs memastikan Candi Borobudur dibuat pada abad ke-7 Masehi)
      - Sebenarnya Bani Israel yang sekarang menjajah Palestina bukan keturunan Israel asli yang hanya terdiri 12 suku, tapi mereka menamakan diri suku ke 13 yaitu Suku Khazar (yang asalnya dari Asia Tengah)
      hasil perkawinan campur Bani Israel yang mengalami diaspora dengan penduduk lokal, posisi suku Khazar ini mayoritas di seluruh dunia. Sedang Yahudi asli Telah menghilang
      yang dikenal sebagai suku-suku yang hilang “The Lost Tribes” yang mana mereka pergi ke timur dan banyak yang menuju ke “THE PROMISED LAND” yaitu Indonesia. (ngarang loh... klu benar hilang knp ga lapor polisi aja,
      indonesia dikatakan the promised land, yg jelas indonesia negara dunia ke 3)
      - “JAWA” disini apabila diambil dari makna filosofi huruf Jawa bahwa semua huruf Jawa apabila dipangku akan mati kecuali huruf “JA” dan “WA”, maka Jawa mempunyai arti “YANG TAK PERNAH MATI”,
      itulah salah satu sifat Allah dalam Alqur’an : “HAYYU” – “YAHYU”, bhs Ibraninya “YAHWE – JAHWE – JAHWA – JAWA – JEHOVA, dari sini maka kita tidak salah apabila menyebut
      Tanah Jawa itu adalah “TANAH JEHOVA – TANAH TAOHAN” atau “THE LAND OF GOD” sebagaimana para pembesar Mesir menyebut tanah nenek moyang mereka (ckckck sebegitunya.... TANAH TAOHAN ? TANAH TUHAN kali...)
      - Kisah al-masih akhir jaman kyk nya asli nih & bs dipercaya yg akan membebaskan bani israil dr penindasan biar merdeka makanya skr lg menggempur palestina sehancur hancurnya biar ga ada yg macam2 lg,
      (Bani Israel mana lagi yg akan dibebaskan dr penindasan selain yg di pilistin, kyknya ga ada lg Bani Israel yg lg di injak2 / diperbudak oleh bangsa lain yg harus dibebaskan oleh Al-Masih sesuai janji Allah selain yg
      ada di Astina eit... salah palestina, harusnya org palestina yg ada di gaza pindah aja ke dkt piramyd giza kan sodaraan... biar adem hehehe..)

      Hapus
    3. lagi lagi argumen yang dipaksakan...
      menurut ane..
      menurut analisa ane..
      =)) (h)

      Hapus
    4. Saya sangat setuju kita kembalikan kepada mas bin ahmed, saya sangat takjub dengan penelitian yg anda kaji, saya ingin bertanya kalo memang peninggalan nabi sulaiman ada di yaman apakah anada dapat membuktikannya dan di mana ayat yang ada di dalam Al Quran tersebut negeri saba itu apa bukti yang bisa anda tampilkan sebagai anada bukan yang memaksakan suatu penelitian?... dan tolong dipaparkan penelitian anda yang menyatakan ada di yaman peninggalan kerajaan nabi sulaiman tersebut apakah anda dapat menjelaskan secara terperinci beserta ayat ayatnya di dalam Al Quran yang sebagaimana ana mengimani Al Quran tersebut, bagaimana mas bro amin ben ahmed.... terima tantangan saya dengan keilmuan yang anda miliki sebagaimana yang telah di paparkan oleh peneliti KH. Fahmi Basya tersebut......

      Hapus
    5. amin ben ahmed ko diem????

      Hapus
    6. jelas diem.. dia bisa nya cuma ter tawa, terus bilang cuma analisa. yg begituan biasa nya cm provokasi aja mas bro.. nih admin tidak ber ilmu

      Hapus
    7. betul sekali..saya tak berilmu anda pintar dan berilmu..saking pintarnya,menggunakan anonim hanya untuk mencela,tanpa bisa menjawab pertanyaan yang saya ajukan di alenia terakhir..

      congratulation..!!! (h)

      Hapus
  14. Ditilik dari nama, maka anda amin ben ahmed bukanlah orang indo. karena orang indo ga pernah pake BEN melainkan BIN. Ada kemungkinan anda menggunakan nama palsu. Jika dugaan ini benar maka anda hanya a coward yg berargumentasi memaksakan kehendak sesuai sanggahan anda di blog ini. Kalau anda merasa benar dengan pendapat anda yg sama sekali tidak didukung argumen itu, maka anda bisa menantang Bpk Fahmi Basya untuk berdebat masalah yg anda permasalahkan ini di forum terbuka, itupun dengan catatan anda punya nyali. Tapi saya ragu anda berani melakukannya. Buktinya blog ini yg kemungkinan pake nama palsu.

    Peace on earth. 8-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau begitu,silahkan anda menggunakan nama asli anda.. bukan hanya berani memakai nama anonim alias nama yang omong kosong.. :D

      Hapus
  15. ustadz admin,

    karena teori-teori seperti ini bukan wilayah akidah,
    jadi kalau percaya, percayalah sekedarnya saja
    karena boleh jadi apa yang engkau percayai hari ini akan menjadi hal yang engkau ingkari suatu hari

    dan sebaliknya, bila anda menolak argumen itu, maka ingkarilah sekedarnya saja
    karena boleh jadi hal yang engkau ingkari hari ini akan menjadi suatu yang "terpaksa" engkau amini suatu hari

    jadi yang namanya teori itu adalah "objek di atas meja percobaan". bukan sebuah kebenaran atau kesalahan mutlak.

    Yang sangat saya sayangkan dari ustadz admin adalah katanya tidak setuju hanya dalam lingkup teori saja, tapi anda berani juga men-state kata-kata "suatu kebohongan.." atau "dipalsukan..."

    mohon diingat, pembuktian asli atau palsu harus dengan pembuktian empiris, bukan hanya sekedar LINK semata. Kalau anda menganggap teorinya Fahmi Basya terpatahkan, maka yang harus menjelaskan bantahan itu adalah Anda, bukan LINK. Kalau hanya dengan link, maka judul blog anda lebih tepat seperti ini:

    "Teori Borobudur Peninggalan Sulaiman Telah Terbantahkan dengan Link-Link sbb:"

    Buatlah flyingbook yang menguraikan hal-hal yang anda patahkan atau hal-hal yang anda anggap rancu dalam teori Fahmi Basya. Dengan begitu, para penikmat teori-teorian akan dengan jelas mendapatkan gambaran tentang pematahan teori yang diajukan.

    Kita semua tidak ada yang yakin 100%, karena TIDAK ADA SATUPUN SAKSI MATA yang menyaksikan bagaimana sejarah itu terjadi. Bahkan bila ada saksi sejarahpun, belum tentu bisa menguraikan dengan tepat apa yang sebenarnya terjadi.

    Contoh: kita hidup dan menyaksikan peristiwa Mei 1998, tapi kalau ditanya, bagaimana terjadinya dan apa fakta sejarah dari tragedi Mei 98 ?
    Saya yakin kita pasti melongo dan dengan refleks jari tangan kita buru-buru ketik keywords di google!!!

    Nah seperti itulah.

    Mohon maaf, saya sendiri tidak yakin dengan teori Fahmi Basya, tapi saya "mempersilahkan" teori itu berada pada wilayah teori, agar senantiasa terjaga semangat ilmiahnya. Dan "bila" suatu hari ternyata teori itu benar, tidak berat untuk menyesuaikan dengan kenyataan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. daripada anda repot2 menganalisa postingan saya dengan ngawur,silahkan bantu saja saya untuk menjawab kata kata di alenia terakhir..

      "sebenarnya mengetahui kebenaran tulisan KH. Fahmi Basya mudah saja..

      jika kerajaan sulaiman dan ratu bilqis ada di daerah wonosobo - sleman - jogjakarta,kenapa kaum yahudi yang ingin mendirikan
      Solomon Temple (Istana atau Kuil Sulaiman) justru mengincar masjid al aqsha di palestina,bukan mengincar candi borobudur yang ada di magelang jawa tengah..??

      mampukah KH fahmi basya menjawab pertanyaan ini..??"

      monggo.. saya tunggu sambil ngupi ngupi..

      Hapus
    2. pertanyaan nya aneh, eh maksudnya cara bertanya nya aneh. anda kan bertanya kenapa kaum YAHUDI mengincar masjid Al-Aqsha bukannya mengincar candi borobudur?

      pertanyaan itu bikin saya balik bertanya, Kenapa anda tidak menanyakan hal itu kepada kaum yahudi yang mengincar Al-Aqsha? anda malah bertanya kepada KH Fahmi Basya yang BERAGAMA ISLAM.

      saran saya janganlah kita menanyakan kepada orang yang lain tentang suatu hal kecuali pada subjek nya (pelakunya) seperti banyak para komenter yang MENANYAKAN HAL-HAL YANG DILAKUKAN ALLOH SWT.pada manusia. Pasti lah manusia tidak akan dapat menjawabnya karena manusia tidak diberitahu dan tidak akan pernah mengetahui "isi hati" ALLOH SWT.

      tapi manusia hanya bisa menafsirkan dan mengambil hikmah, yang mana kedua hal tersebut sangat mungkin terdapat kesalahan (karena sifat manusia yang tak luput dari kesalahan).

      untuk pertanyaan anda yang ditujukan pada KH Fahmi Basya, saya akan coba menjawab (lebih tepatnya menerka/menebak) sebagai berikut :

      kemungkinan pertama:. Mungkin saja kaum yahudi tidak mengetahui bahwa kerajaan Sulaiman dan ratu Bilqis SEBENARNYA ada di indonesia, bisa karena salah rujukan atau karena hal yang lainnya. Wallohu 'Alam.

      kemungkinan kedua : Mungkin saja kaum yahudi punya agenda dan tujuan yang lain sehingga yang mereka serang adalah Palestina

      lebih pasti nya sih anda tanya sendiri pada kaum yahudi saja ya. anda juga mengklaim bahwa ayat yg ditulis telah dipalsukan, padahal bila dicermati redaksinya sudah benar hanya penulisan angka nya saja yg salah

      tapi anda telah menggembar-gemborkan bahwa itu (nomor surat dan ayat) telah dipalsukan dan mengklaim teorinya rancu dengan mengabaikan bukti2 yang lain yang sesuai dengan Al-Quran. dan lebih lucunya lagi para komenter banyak yang meragukan teori KH Fahmi Basya karena bertentangan dengan teori yang dilakukan oleh para peneliti barat yang hanya berdasarkan KESEPAKATAN.

      mohon tanggapannya ya...

      Hapus
    3. ane mengajukan pertanyaan tersebut,tak lain karena pak kyai fahmi basya mengklaim bahwa borobudur adalah kuil sulaiman atau solomon temple..
      apakah anda mau membantu menjawab pertanyaan tersebut dengan valid dan akurat..?

      "kemungkinan pertama:. Mungkin saja kaum yahudi tidak mengetahui bahwa kerajaan Sulaiman dan ratu Bilqis SEBENARNYA ada di indonesia, bisa karena salah rujukan atau karena hal yang lainnya. Wallohu 'Alam.

      kemungkinan kedua : Mungkin saja kaum yahudi punya agenda dan tujuan yang lain sehingga yang mereka serang adalah Palestina"
      bukankah ini jawaban yang sangat serampangan,,?

      :)

      Hapus
  16. kak, itu yang ada ayat tersebut halaman berapa? aku cari yang ada ayat tersebut bener kok nomor dan suratnya ._.

    BalasHapus
  17. Anda saya juga ustad fahmi adalah muslim , kenapa harus seperti ini, seperti halnya teori cara sholat khusuk yang di sampaikan ust abu sangkan, juga ada yang mengatakan kerancuan, 1 badan harus saling mengingatkan kalau salah tegurlah secara langsung bukan cara seperti ini. islam adalah ahlak yang baik, apakah anda anda ini cuma ilmu yang di agung agungkan saling bantah membatahkan teori saya yang benar.malahan ini sumbernya dari yahoo bukan anda sendiri yang meneliti. apakah anda tidak menghargai jerih payah ust fahmi. terus terang saya juga belum 100persen percaya. tolong anda dialogkan langsung sama yang bersangkutan yaitu ustad fahmi . maaf ini bukan wilayah saya saya hanya seorang yang lulus stm gak begitu paham, maaf ms amin mau tanya tentang pernyataan yang ini 'kenapa kaum yahudi yang ingin mendirikan
    Solomon Temple (Istana atau Kuil Sulaiman) justru mengincar masjid al aqsha di palestina,bukan mengincar candi borobudur yang ada di magelang jawa tengah' maaf saya gak tau. itu hubungannya kaum yahudi dengan nabi sulaiman apa kok mau mendirikan kuil sulaiman. " pertanyaan saya lagi. apakah nabi sulaiman kekuasaannya meliputi seluruh dunia bumi ini maksudnya, dan apakah nabi sulaiman punya banyak kuil, eh di namakan kok kuil bukan kerajaan ya. bedanya apa kuil sama kerajaan ya.

    BalasHapus
  18. wah... agan admin hebat nih... membuat postingan yang bisa dibaca, dikoment dan dishare oleh banyak orang... pasti naikin page rank blog ini.....
    maju terus min ngeluarin bantahan-bantahan terhadap teori-teori lainnya...

    BalasHapus
  19. Kalau mengikuti cara berfikir pak fahmi basya, bisa2 semua nabi dan rasul made in indonesia.. :)

    BalasHapus
  20. terserah Anda jika percaya atau tidak, tapi membantah dengan teori yang dangkal juga akan rancu di pendapat orang yang lain.

    begitulah.. ilmu manusia terbatas. sifat resistant juga hanya membuat kita sombong, ga mau mendengarkan orang lain bahkan malah mengernyitkan dahi, ckck.. menyedihkan.

    Islam itu agamanya nabi Muhammad, sedangkan nabi-nabi sebelumnya punya agama sendiri meski sama saja agamanya Allah, pendahuluan Anda harus dikoreksi.

    Budayanya nabi Sulaiman yang Anda tau sejauh apa? kekuasaannya nabi Sulaiman Anda tau sedalam apa?

    Fahmi Basya bukan orang bodoh, saya yakin, meskipun bodoh, landasannya tetap dari ilmu yang kuat. bukan sekedar ego, kebodohan, dan emosi seperti kebanyakan komentar yang menolak.

    Penelitian tentang Borobudur peninggalan Budha, Hindu, atau Islam emang Anda tau yang sebenarnya? buku-buku sejarah itu dibuat oleh manusia, Anda pikir peneliti sejarah borobudur itu sempurna benar 100%? mikir!

    Saya bukan setuju atau ga setuju, tapi lebih ingin mengajak kita semua lebih membuka jalan ilmu, ga sombong, dan ga mencaci penelitian orang lain, cuma modal copy paste atau baca-baca.

    sejarah itu ga akan pernah berhenti, penemuan itu ga akan bisa benar 100% terutama untuk sesuatu yang ga ada saksi hidupnya. Allahu a'lam.

    yang saya pikir, apa ga ada alasannya, apa ga ada sebabnya, kok Indonesia is the most Muslim population country? yuk mikir lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. anda tinggal membantah saja tentu dengan argumen yang akurat,,bukan hasil andai andai atau kira kira saja.. silahken.. :)

      Hapus
    2. Dari semua komentar, komentar mas Nur Muhammad yang paling fair dan hasil yang diharapkan dari sebuah ilmu pengetahuan yaitu saling menghormati pendapat dan hasilnya menjadikan kita manusia yang lebih baik sebagai manusia ciptaan Allah yang maha segala-galanya.
      Termasuk tulisan blog ini yang semakin memperkaya referensi sebagai komentar-komentar yang perlu juga untuk kita tahu.
      Allah swt mengatakan sendiri di dalam Al-Quran hanya orang2 tertentu saja yang bisa tahu arti sebenarnya dari ayat2nya.
      Dengan hasil pikir Fahmi Basya terlepas dari benar atau tidak karena modal kita juga hanya literasi yang belum tentu bisa dibuktikan, kalau hal tersebut tidak lebih mendekatkan kita pada sang pencipta buat apa?
      Saya percaya juga bahwa Fahmi Basya adalah orang yang tidak bodoh, dan mudah2an teorinya membuat ia makin sadar akan kebesaran Allah swt dan karenanya ada keinginan dari dirinya untuk membagikan teori tersebut bukan untuk membantah teologi agama lain.
      berdasarkan sejarah memang Nabi Sulaiman dan sosok Buddha (karena kita sedang membahas Candi Borobudur) hidup di masa pra-islam, tapi siapa yang bisa tahu bagaimana hidup mereka? Lagi2 hanya dari referensi sejarah saja.
      Mengenai ilmuan dunia, dunia ini penuh dengan intrik, politik dan konspirasi, banyak hal-hal yang ditutupi entah karena alasan apa, sehingga orang2 kecil seperti kita yang harus cari tahu sendiri, sambil memanjatkan doa agar Allah swt membukakan pikiran kita akan ilmu pengetahuan yang sebenar2nya tak lain hanya agar kita semakin bertaqwa kepadaNya.

      Hapus
    3. hasil kopi paste bikin bangga sippp lah

      Hapus
    4. bantu saya menjawab pertanyaan di alenia terakhir mas Yayat Hidayat.bisa..?
      :)

      Hapus
  21. awas min kalo kh. fahmi bener dosa lho, bisa jadi kafir na uzubillah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kata siapa membantah argumen beliau menjadi kafir..???
      hati hati,nanti bisa berbalik lho..

      Hapus
    2. Hei... hei...
      Kenapa selalu mengancam orang selalu dengan kata2 KAFIR?
      kalau cuma berbantahan saya rasa tidak menyebabkan orang menjadi kafir... janganlah begitu hai saudaraku..

      Hapus
  22. si mimin mau mematahkan alquran udah jelas2 ayatnya bener dibikin salah mau robah kitab yaa mustahil min,
    min min pergi kepasar noh dasar SARIMIN, abis itu ngaji lagi dari Iqro biar gak salah salah

    BalasHapus
  23. Hancurin aja Masjid al Aqsa, kan udah ada Borobudur, seperti katanya mbah Fahmi Basya. Kalau menurut sejarah kan Kuil Solomon atau Haikal Sulaiman dibangun di Al Quds atau Yerusalem saat ini. Kuil Pertama yang dibangun oleh Nabi Sulaiman dihancurkan oleh Nebukadnezar dari Babilonia. Lalu kuil pun dibangun kembali oleh seorang Romawi keturunan Yahudi-Arab bernama Herodes, lalu dihancurkan lagi oleh Titus dari Romawi. Kuil tersebut tinggal berupa reruntuhan selama beberapa ratus tahun lamanya, hingga akhirnya dijadikan kompleks Haram al Syarif (Masjid al Aqsa dan Qubbah as Sakhrah) oleh Khalifah Abdul Malik bin Marwan dari Umayyah. Sebelum dinaikkan ke Sidratul Muntaha, nabi diperjalankan terlebih dahulu ke Baitul Maqdis atau Al-Quds. Kemudian, kiblat sholat pertama kali ada di Baitul Maqdis, sebelum diganti menjadi Mekkah. Pertanyaannya, kalau benar yang membangun Borobudur Nabi Sulaiman; kenapa hingga saat ini orang Yahudi masih terus berdoa di Tembok Ratapan, satu-satunya bagian Kuil Sulaiman yang tersisa, bukan di Borobudur? Kenapa kiblat sholat pertama kali ada di Baitul Maqdis, bukan di Borobudur? Kenapa saat isra mi'raj Nabi diperjalankan ke Baitul Maqdis, bukan ke Borobudur? Memangnya daerah yang memiliki nuansa mistis kental cuma di Jawa, nggak ada daerah lain?
    Makanya banyak baca dong, jangan main asal setuju aja. Ada yang nggak suka sama saya? Mau nuduh saya kafir, antek zionis, munafik, dan sebagainya? Silahkan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang teori yang nyeleneh seperti teori pak kyai laku dijual di negeri ini..makannya jangan heran jika negeri ini tak henti diterpa fitnah..
      barakallahu fiik telah mampir.. :)

      Hapus
  24. jika kerajaan sulaiman dan ratu bilqis ada di daerah wonosobo - sleman - jogjakarta,kenapa kaum yahudi yang ingin mendirikan Solomon Temple (Istana atau Kuil Sulaiman) justru mengincar masjid al aqsha di palestina,bukan mengincar candi borobudur yang ada di magelang jawa tengah..?? mampukah KH fahmi basya menjawab pertanyaan ini..??

    Jawab : karena Yahudi yg ada di palestina adalah suku ke 13 bangsa israil, suku yang tercampur dgn bgs lain yang tabiatnya bisa anda saksikan, mereka memang dikutuk oleh Allah dgn kebingungan, sehingga mengira promise land ada disana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti anda mengira bahwa yahudi itu primitif dan bodoh.. :D

      Hapus
  25. Lihat link ini :

    http://www.hidayatullah.com/kajian/sejarah/read/2010/06/23/310/bangsa-khazar-dan-teori-suku-yahudi-ke-13.html

    http://sejarah.kompasiana.com/2013/07/24/benarkah-askhenazi-bukan-yahudi-asli-keturunan-israel-1-576236.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. penjelasan kedua link tersebut tak ada hubungannya dengan teori pak fahmi basya..barakallahu fiikum

      Hapus
  26. bukti nyata itu ada lempengan emas yg bertuliskan BISMILLAHI RAHMANI RAHIM di temukan dikolam ratu boko,
    pertanyaanya kenapa bisa sampe disitu ayat Allah ???
    di dalam Alquran pun dinyatakan banyak bukti2 yg akan terbukti seiring perkembangan jaman,sampe akhir zaman
    wallauhu a'lam

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya minta buktinya.. silahkan.. saya tunggu sambil ngopi..

      Hapus
  27. klo melibatkan peneliti kafir ga akan mungkin dia akui bro,, babi saja yg jelas sudah terbukti oleh dokter2 kafir tetap aja dia makan babi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini masalah sejarah mas bro.. bukan halal harom..
      dan buktinya memang kyai fahmi basya terlalu memaksakan teorinya,sehingga orang2 seperti andapun membenarkan teorinya yang janggal sehingga timbullah pembelaan yang membabi buta,, :)

      Hapus
    2. siapa yg maksa teorinya bro, klo lo gak berpikiran maksa, ngapain lo bilang teorinya janggal, klo gw bersyukur bro, dengan penjelasan ust. Fahmi, karena uraian Al-qur'an (kitab yg gw hargai) dapat di cocok2kan. walaupun kebenarannya gw blum bisa pastikan. Tp gw tambah semangat. bahwa Al-qur'an itu unik, aneh, luar biasa, campur aduk deh perasaan gw, sehingga gw pengin lebih menggali kandungannya. tp seblum gw gali kandungannya, gw harus posisikan kitab ini 100% karya Tuhan gw. klo gak bisa keblinger gw. gw mo sampaikan gw bangga sebagai warga Indonesia. terlepas dari benar tidaknya teori fahmi basya. Pastinya bangsa Indonesia harus lebih percaya diri dari bangsa2 lain, nenek moyang dahulunya seorang pemimpin yg luar biasa (memimpin makhluk selain manusia). Bangkit bro.

      Hapus
    3. duh duh amin amed amin amed..janggal? lu baca Quran aja kagak bisa itu salah penulisan ANGKA surat doang di bilang palsu ,ampun gobloknya..liat isi ayatnya baca dulu suratnya lalu artikan..klo cocok ya koreksi saja namanya juga manusia bisa khilaf..klo ayat tulisan arabnye beda sama artinya baru lo bisa bilang palsu, makanya belajar baca tulis Al-quran dulu tong..hehe

      Hapus
  28. sejak lama orang jawa mendengar bahwa orang2 terdahulu ada yang mampu membuat senjata dari besi/logam cukup dipijat pijat dengan tangan untuk membentuknya,ini salah satu bukti bahwa ditanah jawa ada orang yang mampu mmelunakan besi dan ini cocok dgn Daud

    BalasHapus
  29. semua bantahan teori KFB basi tdk ada yang baru.saya berharap yang membantah teori KFB bisa menunjukan teori yang lebih falid. Kalau kita terus berpedoman dgn keterangan dari para misionaris kita tdk akan bisa mendapatkan data yang falid karena kitab sucinya sudah tidak falid. Ingat para penjajah dulu misinya adalah dari gereja bonusnya rempah2

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau valid,kenapa sejarahwan dunia tak ada yang mengakuinya..?

      Hapus
    2. bang amin,

      ada ungkapan bahwa sejarah itu ditulis oleh orang yang berkuasa pada saat itu, jadi ya semau-maunya penguasa saat itu saja mau nulis sejarah seperti apa. contoh : ketika penguasa saat itu menginginkan konsep bahwa manusia berasal dari kera/monyet maka ya itu lah yang berlaku sampai berganti penguasa dan ditemukan bukti bahwa manusia bukan berasal dari kera.

      contoh lain :sejarah mengatakan bahwa gedung WTC runtuh karena ditabrak oleh 2 pesawat yang dikuasai teroris dan itu menjadi kesepakatan tim investigasi yang diakui walau sudah banyak bukti kejanggalan2 yang ditemukan untuk membantah teori tersebut.

      jadi saya ulangi bahwa sejarah belum tentu benar, apalagi sejarah yang ditulis oleh para peneliti di luar Islam. lain halnya jika sejarah itu diceritakan oleh ALLOH SWT., kebenarannya adalah mutlak

      disamping itu sejarawan dunia belum tentu tidak mengakui atau menolak teori KFB tapi mereka menjalankan sifat munafik, di satu sisi mereka mengakui dan meneliti lebih lanjut/dalam, di sisi publikasi mereka menyatakan menolak teori tersebut karena satu dan lain hal (jangan tanyakan pada saya alasannya kenapa ya... monggo tanya langsung saja pada orangnya)

      jadi jika anda membandingkan sejarah yang beritakan oleh ALLOH SWT. sang pemilik langit dan bumi dengan sejarah yang hanya DISEPAKATI oleh para peneliti sedunia yang mana manusia sendiri adalah hasil CIPTAAN-NYA
      anda sungguh sangat TERLALU.......

      Hapus
    3. admin tidak menjawab ketika suatu argumentasi sesorang telah mematahkan statement maupun bantahannya.Sebaliknya,malah menanggapi pertanyaan orang lain yang topiknya baru dan berada di tengah2 persoalan.
      coba simak semua komentar mulai awal

      Hapus
    4. kalau begitu,silahkan anda jabarkan bantahan artikel yang sudah ane poskan dengan valid..saya tunggu..

      Hapus
  30. قَالَ عِفْرِيتٌ مِنَ الْجِنِّ أَنَا آتِيكَ بِهِ قَبْلَ أَنْ تَقُومَ مِنْ مَقَامِكَ ۖ وَإِنِّي عَلَيْهِ لَقَوِيٌّ أَمِينٌ

    Berkata 'Ifrit (yang cerdik) dari golongan jin: "Aku akan datang kepadamu dengan membawa singgsana itu kepadamu sebelum kamu berdiri dari tempat dudukmu; sesungguhnya aku benar-benar kuat untuk membawanya lagi dapat dipercaya". 27 :39

    Kayanya hanya nmr suratnya aja yg salah, tentang suratnya masih betul..

    Jadi teori fahmi basya masih kuat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kuat menurut pemahaman anda dan angan2 pendukung kyai fahmi basya.. :)

      Hapus
  31. dari sudut pandang matematika mungkin Borobudur bisa dikaitkan pada kasus ini,tapi coba telaah dari sudut pandang tafsir bahasa? Kajian KH Fahmi Basya masih lemah.Saya kasih contoh hal kecil saja bahwa nama Sulaiman adl bhs arab sedangkan nabi daud dan nabi sulaiman memakai bhs hebrew yg terbukti bahwa kitab mazmur menggunakan bhs hebrew.Jadi nama Sulaiman seharusnya adl Solomo,Salomo,Solomon

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah anda punya bukti kuat bahwa nabi sulaiman yg menulis kitab mazmur ????

      Hapus
  32. www.ssq-dla.com link web fahmi bahsya silahkan open argement

    BalasHapus
  33. Susah klo ngajak diskusi sama orang yang mengedepankan emosi n egoisme. Yang ada malah debat kusir. Merasa menyerukan kebenaran padahal malah menimbulkan perpecahan. Mengedepankan suuzhan dan tidak mau menghargai pendapat orang lain. Merasa benar sendiri dan tidak mau menerima masukan padahal jelas2 salah. Mudah2an kita terhindar dari sikap seperti ini.Baiknya untuk menambah cakrawala berpikir kita silahkan baca juga buku 'Majapahit Kerajaan Islam' Herman Sinu ngisi Janutama. Mudah2an kita tidak termasuk katak dalam tempurung yg merasa benar sendiri. Toh perbedaan itu diperbolehkan selama bukan ranah aqidah. Mohon maaf jika tidak berkenan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mas asep setiaji bantu saja menjawab pertanyaan yang saya ajukan di alenia terakhir tulisan di blog ini.. tak usahlah banyak alasan untuk mengalihkan topik..

      silahken.. :)

      Hapus
  34. Terima kasih atas posting mas amin.
    sejujurnya saya tidak mampu membantah maupun menyetujui teori KFB ini,saya hanya orang biasa yang hanya sedikit pengetahuan tentang islam maupun teori ilmiah. Dengan komen di atas semoga tidak terjadi perpecahan di antara kita sesama muslim, amin.
    Bagi saya tetap menghargai setiap pemikiran seseorang selama tidak bertentangan dengan aqidah, karena dasar dari semua teori dan technologi adalah dari ilmu yang di berikan oleh Allah swt, dan dalam islam pun kita di wajibkan untuk mempelajari berbagai ilmu sampai akhir hayat. dan rosul pun berikata " tuntut lah ilmu walau sampai negeri cina".
    Di sini saya cuma ingin mengingatkan saudara2 muslim ku, karena sekarang sudah banyak ajaran dan penganut Syiah yang selalu menentang dan memfitnah sahabat dan istri rasul kita nabi Muhammad saw. mereka akan sangat senang jika kita terpecah. Lihat lah di berbagai daerah seperti Syiria dan Iraq dan lain sebagainya. seharusnya semua itu harus kita sadari. semoga Allah swt selalu menjaga kerukunan umat muslim dan beriman di negri Indonesia tercinta ini, amin ya Allah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. "tuntutlah ilmu walau sampai negeri cina"itu adalah pepatah... bukan sabda Rasululllah..silahkan anda cari tahu saja kebenarannya

      Hapus
  35. Assalamu'alaikum...
    Sebelumnya saya ucapkan maaf pada admin blog ini, saya cuma ingin tau kepastian anda pribadi "apakah anda percaya atau tidak teori yang di paparkan tentang borobudur adalah peninggalan nabi sulaiman..??"
    Mohon di jawab, terimakasih... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya sudah menulis seperti postingan ini ,apakah anda masih menganggap saya percaya teori kh fahmi basya..?

      :D

      Hapus
  36. Assalamualaikum Mas Amin, saya tidak bisa menjawab pertanyaan Mas Amin di alinea terakhir. Saya juga tidak mempercayai hasil penelitian KH Fahmi Basya 100%, tetapi saya juga tidak mengangga itu salah 100%, sesungguhnya Allah lah yang maha mengetahui, hanya Allah lah yang tahu kebenarannya.

    Maka dari itu saya ingin bertanya, judul postingan Mas Amin jelas menyatakan bahwa penelitian KH Fahmi Basya adalah rancu, maka berdasarkan teori dan bukti autentik dan bukti valid apa yang anda gunakan untuk menyatakan teori tersebut rancu? Dan tolong jelaskan dan tunjukan secara sistematis dan ilmiah kepada kami para pembaca dan pengunjung blog anda baik yg pro maupun kontra, seperti bagaimana yang KH Fahmi Basya lakukan dalam menuturkan hasil penelitiannya secara sistematis dan ilmiah. Terimakasih

    BalasHapus
  37. silahkan anda baca lagi postingan ini dari awal..semoga anda faham,terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya sudah membaca kembali. Jadi artinya mas amin tidak memiliki bukti valid dan autentik berdasarkan penelitian anda sendiri? Anda hanya memberikan link sanggahan orang saja dan hanya memberikan pertanyaan belaka?
      Bahkan anda tidak menjawab pertanyaan saya

      Hapus
    2. Amin ga bisa jawab krn memang tidak bisa membuktikan

      Hapus
  38. Kenapa kita tidak duduk bareng, mungkin dengan duduk bareng sejarah bisa kebuka .. bukan saling caci maki ..

    BalasHapus
  39. Gimana mau duduk bareng, namanya aja disamarkan. Ga ada alamat yg jelas.klo mau diskusi sama K.H. Fahmi Basya jelas alamat emailnya, alamat kontaknya, dll. Klo ada kritik n saran silahkan langsung kirim ke beliau bukannya malah posting klaim yg justru membuka lahan perpecahan. Maaf sy bukanlah fans, murid apalagi pengikut buta K.H. Fahmi Basya. Hanya saja suka ga nyaman kalo ada orang yg bisanya cm nyalah2in n ga mau menghargai pendapat orang lain. Ya klo mau diskusi baik2 silahkan diskusi langsung K.H. Fahmi Basya bukan mengumbar tulisan yg baru sekedar diklaim oleh adminnya sebagai suatu kebenaran menurut versinya sendiri. Hanya Allah yg mengetahui hakikat kebenaran sejati. Wallahu a'lam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa yang anda mau itu ada ..coba,klik widget sosial di header blog ini..
      Kalau memang tak mampu menjawab akui saja..gak perlu malu..
      Kalau anda muter muter kayak gini malah bisa jadi anda meemang tak faham isi artikel ini...
      Terima kasih sudah mampir..

      Hapus
    2. orang tolol and sombong kok di dengerin nih
      Setannnnnnnnnn

      Hapus
  40. haduuhh.. Miiin.. ente ngeyel atau ga ngerti ya?? ane jg ga 100% pecaya tapi semua pernyataan K.H. Fahmi Basya ada buktinya, nah kalo ente mau ngbantah ya dengan BUKTI juga lah jangan cuma argumen

    BalasHapus
  41. Kalau orang sudah tertutup hatinya dengan "kebenaran" memang susah. Jadi saran saya "pendapat Admin" gak usah dikomentarin, Kita sudah tahu bagaimana karakter orangnya. Tidak ada gunanya juga memberikan argumentasi se detail apapun kalau di hatinya sudah ngeblock dan mindsetnya sudah tertutup. Kecuali dia masih mau membuka hati dan fikiran untuk menerima setiap argumentasi yang disampaikan. Dan mengkaji bersama-sama. Kita do'akan mudah2an dia bisa "belajar" lagi dengan benar dan dengan hati yang lurus. Aamiin Yaa Robbal 'Aalamiin

    BalasHapus
  42. Percaya kalo Israel mau mendirikan kuil salomon di Al-Aqsa? Apakah itu bukan pengalihan Israel agar semua mata tertuju ke sana? Israel ngga sebodoh itu, coba dicek kantor ibu kota Israel (Java Tel Aviv), kantor-kantor bertia dll juga menggunakan unsur "Java". Israel sudah menyadari dari sejak lama jika Jawa adalah nenek moyang mereka. Mereka tidak akan menyerang Indonesia secara radikal, karena mereka tahu kekuatan asli nenek moyangnya dulu

    BalasHapus

  43. QS.27:39 INI YG BENAR JADI BUKAN (40:39) Berkata 'Ifrit (yang cerdik) dari golongan jin: "Aku akan datang kepadamu dengan membawa singgsana itu kepadamu sebelum kamu berdiri dari tempat dudukmu; sesungguhnya aku benar-benar kuat untuk membawanya lagi dapat dipercaya." (menurut sy bukan palsu atau dipalsukan mungkin khilaf salah ketik sj yg tak terkoreksi, ayat itu benar adanya). mungkin sbg renungan ada hubungannya dng ayat berikut QS.3413. Para jin itu membuat untuk Sulaiman apa yang dikehendakinya dari gedung-gedung yang tinggi dan patung-patung dan piring-piring yang (besarnya) seperti kolam dan periuk yang tetap (berada di atas tungku). Bekerjalah hai keluarga Daud untuk bersyukur (kepada Allah). Dan sedikit sekali dari hamba-hambaKu yang berterima kasih.

    BalasHapus
  44. copy tulisan ini >>> Candi Borobudur sebagaimana tertulis dalam berbagai buku sejarah nasional, didirikan oleh Dinasti Syailendra pada akhir abad ke-8 Masehi atau sekitar 1.200 tahun yang lalu. Karena itu, wajarlah bila banyak orang yang mungkin tertawa kecut, geli, dan geleng-geleng kepala bila disebutkan bahwa Candi Borobudur didirikan oleh Nabi Sulaiman AS. Candi Borobudur merupakan candi Budha. Berdekatan dengan Candi Borobudur adalah Candi Pawon dan Candi Mendut. Beberapa kilometer dari Candi Borobudur, terdapat Candi Prambanan, Candi Kalasan, Candi Sari, Candi Plaosan, dan lainnya. Candi-candi di dekat Prambanan ini merupakan candi Buddha yang didirikan sekitar tahun 772 dan 778 Masehi<<< ... jg hanya cerita kata org jawa "jarene" jd kebenarannya jg bs dipertanyakan, apalagi dlm tulisan itu ada kata "SEKITAR" berarti tdk jelas ...wkwkwk. la tgl kelahiran dan wafatnya Nabi Muhammad saja tdk ada yg tahu pasti kok ... hayoooooo ? (ini br rahasia Alloh).

    BalasHapus
  45. Bertambah lagi ada manusia muslim yg konyol. Gelarnya saja ustadz, pada saat yg sama sdg membuat umat islam ini konyol dg pemikiran yg dangkal. Bilang sama Fahmi bahwa ada orang indonesia pertama ke bulan, yaitu si Selamet, mungkin jadi bahan tesisnya kelak...

    BalasHapus
  46. admin pinter mancing kekeruhan nih, hebat ya. Pendapat orang lain cukup diterima jangan dimentahkan, kalau salah ditegur kalau bener diterima. bisa dipahami ya dek amin..

    BalasHapus
  47. Pendapat KH Fahmi Basya berdasarkan dalil Al-Qur'an Al-Karim, sedangkan pendapatmu berdasarkan Ahli Serjarahwan dan catatan sejarah yang telah terkontaminasi propaganda penjajah Belanda. Maka dari itu perjalanan mencari kebenaran hanya diperuntukkan bagi Orang-orang berakal dan Orang-orang beriman.

    BalasHapus
  48. Ya sudah klo berbeda pendapat.penulis blog maupun KH.Fahmi Basya pasti akan dimintai pertanggung jawabannya di hadapan Allah SWT.lalu di situlah adu penalti tos-tosan terjadi.Akankah KH.Fahmi Basya yang telah merusak Al Quran atau si penulis blog yang akan di cap sebagai orang yang mengingkari Ayat-ayat Allah.bener gak.Toh yang percaya borobudur peninggalan Nabi Sulaiman as sebenarnya bukan dari pendapat dan analisa pak KH.Fahmi Basya tp karena penelitian beliau sebagai Muslim merujuk pada Al Quran,sedangkan penulis yang dari namanya sepertinya seorang muslim lebih percaya Logikanya yang dangkal dan rujukan kitab-kitab sejarah yang belum jelas asal usulnya.Sedangkan Al Quran itu penyempurna dari Zabur,Taurat,Injil...soo tunggu aja di akhirat siapa yang mengucap ALHAMDULILLAH dan siapa yang mengucap ASTAGHFIRULLAH AL ADZIM. betullllll??????????????????/

    BalasHapus
  49. Oya...KH.Fahmi Basya kan sudah menyampaikan setidaknya ada beberapa bukti yang mengsinkronisasikan antara realita di borobudur sekitarnya dengan ayat-ayat Al Quran.Dan saya rasa yang namanya bantahan adalah pendapat yang mematahkan statement dan pendapat seseorang.KH.Fahmi Basya memberikan beberapa bukti.Nah tetntu kita semua sepakat yang namanya bantahan adalah si pembantah harus menjelaskan bantahannya atas bukti yang telah di sampaikan,maka saya rasa bantahan penulis blog setidaknya haruslah memiliki dalil dan sumber dalam membantah.Adapun bukti KH.Fahmi Basya yang harus di bantah oleh penulis blog adalah. :

    Pertamanya adalah tentang tabut, iaitu sebuah tempat atau peti yang mengandungi warisan Nabi Daud AS kepada Nabi Sulaiman. Kononnya, di dalamnya terdapat kitab Zabur, Taurat, dan Tongkat Musa, serta ia mampu memberikan ketenangan. Pada suatu relief yang terdapat di Borobudur, baginya jelas tampak sebuah peti atau tabut yang dijaga oleh seseorang. “Dan Nabi mereka mengatakan kepada mereka: ‘Sesungguhnya tanda ia akan menjadi raja, ialah kembalinya tabut kepadamu, di dalamnya terdapat ketenangan dari Tuhanmu dan sisa dari peninggalan keluarga Musa dan keluarga Harun; tabut itu dibawa malaikat. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda bagimu, jika kamu orang-orang yang beriman. ” (QS Al-Baqarah [2]: 248).

    Kedua, kerja pembinaan yang dilakukan oleh jin yang tidak menyelesaikan ketika mengetahui Raja Nabi Sulaiman telah wafat. (QS Saba [34]: 14). Ketika mengetahui Nabi Sulaiman telah wafat, para jin pun menghentikan pekerjaannya. Dan bukti bagi ayat ini bersandarkan pada pemahaman KH Fahmi Basya ialah di Borobudur, terdapat patung yang belum disiapkan pembuatannya. Patung itu disebut dengan gelaran Unfinished Solomon.

    Ketiga, para jin diperintahkan membina bangunan yang tinggi dan membuat patung-patung. (QS Saba [34]: 13). Seperti diketahui, banyak patung Buddha yang ada di Borobudur. Sedangkan gedung atau bangunan yang tinggi yang dimaksudkan itu adalah Candi Prambanan.

    Keempat, Sulaiman bercakap dengan burung-burung dan haiwan-haiwan. (QS An-Naml [27]: 20-22). Reliefnya juga ada. Bahkan, sejumlah frame relief Borobudur bermotifkan bunga dan burung. Terdapat pula sejumlah relief haiwan lain, seperti gajah, kuda, babi, anjing, monyet, dan lain-lain.

    Kelima, kisah Ratu Saba dan rakyatnya yang menyembah matahari dan bersujud pada sesama manusia. (QS An-Naml [27]: 22). Menurut Fahmi Basya, Saba ertinya berkumpul atau tempat berkumpul. Ungkapan burung Hud-hud tentang Saba, kerana burung tidak mengetahui nama daerah itu. “Jangankan burung, manusia juga ketika berada di atas pesawat, tidak akan tahu nama sebuah bandar atau negeri,” katanya bagi memperjelaskannya. Ditambah Fahmi Basya, tempat berkumpulnya manusia itu adalah di Candi Ratu Boko yang terletak kira-kira 36 kilometer dari Borobudur. Jarak ini juga merupakan jarak kemampuan burung dalam menempuh perjalanan dalam sekali penerbangan.

    Keenam, Saba ada di Indonesia, yakni Wonosobo. Dalam Al-Quran, wilayah Saba ditumbuhi pohon yang sangat banyak. (QS Saba [34]: 15). Dalam kamus bahasa Jawi Kuno, yang disusun oleh Dr Maharsi, kata ‘Wana’ bermakna hutan. Maka, menurut Fahmi, wana saba atau Wonosobo adalah bermaksud “Hutan Saba”.

    Ketujuh, buah ‘maja’ yang pahit. Ketika banjir besar (Sail al-Arim) menimpa wilayah Saba, pokok- pokok yang ada di sekitarnya menjadi pahit sebagai azab Allah kepada orang-orang yang mendustakan ayat-ayat-Nya. “Tetapi, mereka berpaling ingkar, maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar [1236] dan Kami gantikan kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit iaitu pohon Atsl dan sedikit dari pohon Sidr.” (QS Saba [34]: 16).

    BalasHapus
  50. Kelapan, nama Sulaiman menunjukkan sebagai nama orang Jawa. Awalan kata ‘su’merupakan nama-nama Jawa. Dan, Sulaiman adalah satu- satunya nabi dan rasul yang 25 orang, yang namanya berawalan ‘Su’. Lalu, baginda mewariskan negeri itu yang diperintah oleh keturunannya yang juga bernama dengan awalan depannya SU, antaranya adalah Sukarno, Suharto, dan Susilo serta meninggalkan sebuah negeri yang bernama SLEMAN di Jawa Tengah yang dinisbatkan kata Sleman itu berasal daripada kata Sulaiman.

    Kesembilan, Sulaiman mengirimka sepucuk surat kepada Ratu Saba melalui burung Hud-hud. “Pergilah kamu dengan membawa suratku ini.” (QS An- Naml [27]: 28). Menurut Fahmi, surat itu ditulis di atas plat emas sebagai lambang simbolik kepada kekayaan Nabi Sulaiman. Ditambahkannya lagi, cebisan surat emas itu telah ditemui di sebuah kolam di Candi Ratu Boko.

    Kesepuluh, bangunan yang hanya tinggal sedikit (Sidrin qalîl). Lihat surah Saba [34] 16). Bangunan yang hanya tinggal sedikit itu sebenarnya adalah wilayah Candi Ratu Boko. Dan di sana terdapat sejumlah stupa yang tinggal sedikit. “Ini membuktikan bahawa Istana Ratu Boko adalah istana Ratu Saba yang dipindahkan atas perintah Sulaiman,” kata Fahmi menegaskan.

    Selain bukti-bukti di atas, kata Fahmi, masih banyak lagi bukti lain yang menunjukkan bahawa kisah Ratu Saba dan Nabi Sulaiman berlaku di Indonesia.
    Seperti terjadinya angin Monsun yang bertiup dari Asia dan Australia (QS Saba [34]: 12), kisah istana yang hilang atau dipindahkan, dialog Ratu Balqis dengan para pembesarnya ketika menerima surat Nabi Sulaiman (QS An-Naml [27]: 32), nama Kabupaten Sleman, Kecamatan Salaman, Desa Salam, dan lain- lainnya. PRINCE OF SABA atau “RATU BALQIS / RATU SABA” adalah dikatakan sebagai “RATU BOKO” yang sangat terkenal dikalangan masyarakat Jawa, sementara patung-patung di Candi Borobudur yang selama ini dikenali sebagai patung Buddha pula sebenarnya dikatakan adalah patung model bidadara dalam syurga yang menjadikan Nabi Sulaiman sebagai model mereka dan berambut keriting. Dengan bukti-bukti di atas, Fahmi Basya meyakini bahawa Borobudur merupakan peninggalan Nabi Sulaiman. Bagaimana dengan pembaca sekalian? Hanya Allah Yang Maha Mengetahuinya.

    Dan penulis blog saya anggap benar bila dapat membantah bukti bukti di atas,bukan mencari sudut-sudut kesalahan yang di cari-cari dari KH.Fahmi Basya,cukup bantah apa yang ada di 10 bukti di atas berdasarkan dalil,sumber dan realita.Maka untuk amin ben ahmed mohon kiranya anda dapat membantah 10 bukti di atas beserta dalil dan sumbernya,sedikit menegaskan bahwa KH.Fahmi Basya itu berdasarkan Al Quran dan Realitas.Mohon Maaf lahir bathin.terima kasih.

    BalasHapus
  51. Diskusi yang menarik,... Maaf hanya ingin berbagi anggapan atau persepsi pribadi, karena memang pembicaraan masih bersifat analisa !!

    Jg pd awalnya ketika mendengar bahwa Borobudur merupakan sebagian dari istana kerajaan Nabi Sulaiman saya agak heran. Namun, walaupun juga perlu kita beri apresiasi kepada Bapak Fahmi Basya atas hasil penelitiannya ini, apalagi ia mengusahakan data-data ilmiah sebagaimana penelitian2 lainnya. Bahkan yg pribadi sangat apresiasi, yaitu ia mendasarkan risetnya dengan al-Quran dan pendekatan beberapa ilmu, diantaranya matematika dan geografi, dll.

    Setelah waktu bergulir,... suatu saat melihat analisa Zakir Naik mengenai hubungan erat Islam dan Hindu dalam kitab sucinya, WEDA. Zakir naik memaparkan bahwa Kitab Weda yang orginal sesungguhnya memiliki misi yang sama dengan Islam, diantaranya menyebutkan kabar kedatangan Nabi Muhammad Saw sebagaimana jg disebutkan dalam injil, kesamaan risalah/wahyu, syariat, dan hukum-hukum lainnya. Disini Zakir Naik banyak menyebutkan isi Weda yang sesuai dengan ajaran al-Quran. Ia ingin mengatakan bahwa sesunggguhnya Weda juga merupakan salah satu wahyu Ilahi. Bukankah al-Quran menyebutkan:
    "Dan tidak ada satu pun umat melainkan di sana telah datang seorang pemberi peringatan" [Fathir: 24].

    Setelah menyaksikan dua informasi tersebut, sy akhirnya mengambil sebuah kesimpulan yang tentunya bersifat "anggapan" seperti sy sebutkan sebelumnya bahwa;

    "Ada kemungkinan benar riset Fahmi Basya mengaitkan Islam (kerajaan Nabi Sulaiman) dengan Borobudur yang yang selama ini kita anggap sebagai peninggalan Hindu-Budha. Sebab, Zakir Naik melalui ulasannya juga telah menunjukkan bahwa WEDA, kitab suci umat Hindu-Budha merupakan salah satu wahyu Ilahi".

    Salam Diskusi - See more (http://rul-sq.blogspot.com/2015/03/thanks-fb-and-zn-rahasia-borobudur.html)

    BalasHapus
  52. Sepertinya pemerintah perlu memfasilitasi temuan dan kajian ustadz fahmi ini, duduk bersama dg mengundang arkeolog tentunya yg menguasai disiplin ilmiah, juga dg kalangan agama terkait yakni budha. disitu nantinya akan diuji. kukira argumen ustaz fahmi masih pemikiran dan persepsi berdasar kajianya masih perlu dukungan pemerintah untuk medapatkan melegalkan hasil temuanya.

    BalasHapus
  53. Kh fahmi menyatakan Borobudur itu salah satu bangunan peninggalan nabi sulaiman, sedangkan istana dan pusat kerajaan Sulaiman di yerusalem.

    Bila ratu bilqis itu ada di yaman, Masak sih Nabi sulaiman yg mempunyai kerajaan yg dahsyat bisa tidak tahu kalau di Yaman ada seorang ratu yg mnyembah matahari, padahal negeri Yaman jaraknya hanya 2000km dari yerusalem?

    Tentu akan lebih masuk akal bila negeri saba itu di indonesia yg jaraknya jutaan Km.
    Rombongan raja Sulaiman sampai di Tanah jawa dalam rangka ekspedisi penaklukan bangsa2, ketika sampai di lembah semut (tempat dibangun borobudur) Sang raja mengabsen anak buahnya dan terjadilah kisah burung hud-hud dan ratu saba.

    Kemudian salah1 bukti Nabi sulaiman adlh org jawa di QS. An-Naml: 18 :
    "Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seekor semut-semut,
    masuklah ke dalam sarang-sarangmu agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari."

    Pertanyaannya: bagaiman semut itu tahu bahwa yg datang adalah nabi sulaiman? padahal rombongan Sulaiman baru saja sampai setelah perjalanan panjang.
    Jwbnya karena semut itu sudah mengenali nabi saat masih bayi sebelum diserahkan pd nabi daud dan dibawa ke yerusalem

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asumsi anda hanya asumsi andai2 semata...silahkan cantumkan buktinya..ditunggu.

      Hapus
  54. buat sampean amin yg sok tau bukti kebenaran paling benar ..
    mksd anda saya tunggu buktgi yg otentik yg sprti apa ???
    kalau anda PINGIN BUKTI TETANG LEMPENGA YG BERTULISKAN BISMILLAHIROHMANIROHHIM. datang aja ke candi boko tnya di ptugas nya nnti dkasih tau dmna ltak prasati itu...
    stlh anda mlht lmpengan itu.
    kmukakan penelitian anda bhwa lempengan itu plsu adanya ?? gmna...
    kh fahmi brni buat penelitian, saya tunggu penelitian anda. patah kan teori beliau lwt penelitian anda...
    jangan hanya sok pintar tpi gda bukti yg real dngn pnlitian yg anda buat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan antum cantumkan saja buktinya disini.. Saya tunggu.. :)

      Hapus
    2. @amin ben ahmed : pertanyaan anda yg terahir justru sangat rancu.. klo gitu emg ada yg jamin klo pencarian kuil solomon di palestina itu bener ???

      Hapus
    3. Nah ini... Anda sudah tahu harus menanyakan kemana tapi masih saja menanyakan kepada pembaca yang juga masih mencari tahu, "Jawab pertanyaan saya di alenia terakhir?", tanyakan saja langsung pada elite yahudi apa agenda mereka.

      Itu pun tindakan bodoh, strategi macam apa yang disebar-sebar ke publik secara terang-terangan. Disini kita sama2 mencari tahu, kalau pada dasarnya kamu sudah menyanggah, meyangkal, tidak melebur ego ya kamu akan tetap pada pendapat kamu.

      Hapus
  55. hampir semua sanggahan admin tak lebih adalah opini (subyektif), malah masih mending teorinya fahmi walau itu salah, karena masih menggunakan argumen ilmiah, lah argumen anda cuma sanggahan yg tidak berdasar.

    BalasHapus
  56. Sodara-sodara lebih baik diskusi sama yang tulis teori KH Fahmi aja langsung, ada kesempatan bisa nambah wawasan atau paling tidak bisa diskusi tanya jawab dgn logis. Ketimbang diskusi sama si mimin yang ada nambah dongkol, kesel jadi nambah dosa aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagaimana jika anda saja yang menjelaskan ke akuratan teori ustadz fahmi tersebut..? itung2 saya bisa menambah wawasan.. :)

      Hapus
  57. Kata sejarahwan Relief2 di candi Borobudur kan diambil dari kitab agama Buddha... Tanya ajah sama penganut agama Buddha atao sama pemuka agama Buddha, bener ga relief2 disitu secara keseluruhan ada di dalam kitab aga Buddha...
    :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. (h) http://www.kaskus.co.id/thread/5085767ae874b4e206000014/lalitavistara-dalam-relief-borobudur

      Hapus
  58. Ga perlu di komentari bro... bro.... semua, adminnya sengaja buat keributan..........

    BalasHapus
  59. Saya juga mau berkomentar.

    Saya setuju dengan pernyataan Prof. Dr. Aryso Santos yang mengatakan bahwa Atlantis yang hilang (tenggelam) itu adalah INDONESIA. Tapi kalau Negeri Saba yang disebutkan dalam Alqur'an itu adalah INDONESIA seperti yang dikatakan KH. FAHMI BASYA saya tidak setuju, alasannya sama dengan yang diungkapkan admin AMIN BEN AHMED yaitu : Jika pemikiran Candi Borobudur selalu dikaitkan dengan keberadaan Nabi Sulaiman maka akan menimbulkan sebuah argumen baru nantinya bahwa peradaban yang pertama ada di dunia adalah di INDONESIA dan akan menarik Nabi-Nabi yang lain masuk dalam sejarah Indonesia bahkan nantinya Indonesia akan pantas di jadikan Negara Islam atas dasar cerita dan sejarah yang dipaksakan. Menurut saya hal itu akan membuat banyak bermunculan Nabi-Nabi palsu yang berasal dari INDONESIA.

    Walaupun saya tidak setuju dengan pendapat KH. FAHMI BASYA, saya tetap menghargai pemikiran beliau karena negara kita INDONESIA adalah negara yang demokratis, siapapun boleh menyatakan pendapat

    Wassalam SyMaulidi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih tambahan komentarnya saudara maulidi :)

      Hapus
    2. Pantang mundur untuk kebenaran :D

      Hapus
  60. Wong jowo ngimpi, Sulaiman itu orang Israel bukan orang jawa.

    BalasHapus
  61. keakuratan relief dengan seni agama budha jauh lebih lebih akurat, baik ciri budaya, kebiasaan, kosakata, ciri2 bentuk fisik, alur, di tambah dan di perkuat penelitian ilmuwan ilmuwan, dan fakta fakta sejarah kejadian jaman dulu, rekam jejak sejarah kerajaan dr china dan india dll nya ke borobudur tentu ny, tanpa embel embel bawa agama http://www.kaskus.co.id/thread/5085767ae874b4e206000014/lalitavistara-dalam-relief-borobudur

    BalasHapus
  62. ini pada ribut apa kurang kerjaan ya..... gue yg non muslim aja kagum sama penelitian r teori fahmi basya,... ini yg muslim pada ngributin kayak gitu,.. ilmuwan r penemu yg belum dianggap karyanya pasti pertama dianggep gila, salam sejahtera bagi kita semua

    BalasHapus
  63. kalau ada yang keberatan dengan teori fahmi basya, jangan cuma nyelak n ngebantah, buat donk tandingannya dengan melakukan penelitian :D ane jg lg nunggu tandingannya nich, kata arkeolog siapa ya yang ngebangun borobudur? siapa nama arkeolognya :D klo cuma katanya-katanya mah gampang aja... hehe... jangan merasa sok benar dan menyalahkan sebelum belajar...
    semua itu hanya Allah yang Maha Mengetahui, dan kita sebagai mhkluknya ambilah pelajaran dari kisah saba tersebut untuk evaluasi diri sndiri. wallahualam

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah anda sudah teliti membaca artikel ini,sehingga mengambil kesimpulan demikian..? =p~

      Hapus
    2. ehem..saya sudah baca, tulisan terakhirnya pernyataan perang debat, sorry mksd saya alinea terakhir artikel anda sebuah pertanyaan..jd klo lo emang ngerasa jago debat pengan nanya, nanya langsung sama k.h fahmi..ngeles mulu ni orang, goblok lama2..hehe

      Hapus
  64. menurut saya, analogi anda terbalik, sederhana ny klo banyak para pakar sepakat dengan teori 1+1=2, lalu ada seseorang yg punya teori 1+1=4, pemilik teori 1+1=4 inilah yang menjadi tandingan dari teori 1+1=2 yang harus menjelaskan dan membuktikan kepada banyak para pakar lain nya yang telah sepakat secara luas bahwa mereka keliru dengan teori ny 1+1=2, jika pemilik teori 1+1=4 berhasil menyakinkan para banyak pakar2, pastilah akan di umumkan secara luas ke seluruh dunia berikut melalui media2 dll berikut link2 detail nya, secara otomatis masyarakat dunia pun akan menilai, jika secara garis besar sepakat logika teori nya, kita2 yang orang umumpun pasti akan sepakat juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1+1 jika dari sudut pandang riil,tentu hasilnya 2,tak akan berubah sampai kapanpun tentunya..saya hanya mencoba mengomentari hasil karya pak kyai fahmi basya yang memang secara logika tak masuk akal..
      beliau mencoba merubah pakem dan pandangan masyarakat yang sudah terikat pakem religi,dan fakta ilmiah..beliau mencoba mengajak masyarakat untuk menambahkan angka 1 ditambah 1 sama dengan 5.. tentunya itu sangat meleset dari pakem yang ada dan fakta ilmiah tentunya..

      Hapus
    2. 1+1 ga mutalk 2
      1+1 bisa jadi 3
      klo beli ke pasar beli 2 bonus 1
      beli 1 datapat 1
      beli 2 dapet 3
      iti tandanya jika
      beli 1=1
      beli 1+1=3 karena dapat bonus 1 dari si penjual
      klo al Quran berbicara maka mutlaklah benar karean itulah firman Allah

      Hapus
  65. saya udah baca blog ini dari awal sampai komentar2nya. kesan saya:

    1. admin cuma bisa copy paste tulisan org lain ttg teori Fahmi Basya, trus copy paste bantahannya (punya orang lain pula). Ndilalah di bagian paling bawah admin cuma mampu menulis satu paragraf sependek ini dan secetek ini; sebenarnya mengetahui kebenaran tulisan KH. Fahmi Basya mudah saja..

    jika kerajaan sulaiman dan ratu bilqis ada di daerah wonosobo - sleman - jogjakarta,kenapa kaum yahudi yang ingin mendirikan
    Solomon Temple (Istana atau Kuil Sulaiman) justru mengincar masjid al aqsha di palestina,bukan mengincar candi borobudur yang ada di magelang jawa tengah..??

    mampukah KH fahmi basya menjawab pertanyaan ini..??

    2. saya jawab pertanyaan tersebut: Fahmi Basya (FB) tidak pernah menyebut Borobudur adalah kuil sulaiman (atau pusat kerajaan sulaiman). FB hanya menyebut bahwa Borobudur itu peninggalan/karya Sulaiman. Yang dituju org Yahudi itu hanya kuil sulaiman, bukan peninggalan Sulaiman lainnya. Kenapa Sulaiman jauh2 dari Palestina sampai ke Pulau Jawa repot2 membangun Borobudur? Pertama, Sulaiman punya kemampuan terbang secepat angin, jadi dengan mudah berpindah ribuan kilometer dlm waktu singkat. Kedua. Sulaiman dan rombongan saat tiba di pulau Jawa diberitahu burung Hud-hud ada kaum penyembah matahari yg dipimpin ratu bilqis. Nah utk berdakwah kepada ratu bilqis yg tersesat, Sulaiman "pamer" mukjizat dgn memindahkan arsy istana ratu bilgis ke atas candi borobudur yang dibangun Sulaiman di lembah semut.

    3. Dari dua poin tersebut, admin kelihatan jelas belum utuh memahami argumentasi FB. Saya curiga jangan2 admin belom baca argumen Fahmi Basya kecuali sekedar dari blog yang dia copy paste di atas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. poin nomor 2.anda berusaha membela diri dan membela argumen ngambang ala kh fahmi basya..
      jangan jangan ada gak faham,hubungan antara kerajaan sulaiman dan istananya yang diklaim beliau berada di tanah jawa..

      Hapus
  66. Sangat setuju dengan Agan "PENGAMAT" di atas.... Admin ente fahami dulu bener2... kalau pertanyaan ente mengenai kuil sulaiman yang di cari yahudi ya gampang aje jawabnya....

    Jawabnya adalah, yang di cari Yahudi itu kuil sulaiman yang Insha Allah warisan dari Ayah nabi Sulaiman yaitu nabi Daud AS, nabi daud Asli di palestin g ada ceritanya nabi daud bisa terbang, tapi kalau nabi sulaiman di beri kelebihan bisa terbang kemane aja yang dia pingin... coba ente baca2 lagi... dan ente pahami poin-poin ini :
    “Para jin itu membuat untuk Sulaiman apa yang dikehendakinya dari gedung-gedung yang Tinggi dan patung-patung dan piring-piring yang (besarnya) seperti kolam dan periuk yang tetap (berada di atas tungku). Bekerjalah Hai keluarga Daud untuk bersyukur (kepada Allah). dan sedikit sekali dari hamba-hambaKu yang berterima kasih.” (QS Saba’:13)
    Gedung-Gedung yang tinggi : Prambanan tinggi enggak tu????
    Patung-patung: Nah Borobudur, prambanan itu ada patungnya gak tu???
    Priuk yang tetap diatas tungku : Coba ente liat priuk tanah, trus ente bandingin ama arupadatu terbesar trus ente samain tu sama priuk tanah yang lagi di atas tungku tanah... ape kga mirip tu ama candi borobudur???
    kolam yang besar: ente cari lagi tu referensi yang menyatakan kalau dulunya borobudur itu diatas dananu yaitu danau purba... itu udah yang namanya pirinr seperti kolam...
    Pertanyaan ane... ente lebih percaya ama Yahudi ap ama AL-Qur'an yang udah jelas-jelas ngasi perumpamaan... kalau yahudi bisa aja dia alasan cari kuil padahal mau musnahin bukti sejarah yaitu Masjidil Aqsa.... Semoga ente dapat Hidayah dari Allah SWT

    BalasHapus
    Balasan
    1. nabi sulaiman orang mana kalau gitu om wira..?

      :D

      Hapus
    2. Nabi Sulaiman tetep keturunan bangsa Arab dari nabi daud AS akan tetapi Beliau pergi ke Negri SABA yaitu Nusantara ini bukti dari Allah SWT : Dan (telah Kami tundukkan) untuk Sulaiman angin yang sangat kencang tiupannya yang berhembus dengan perintahnya ke negeri yang Kami telah memberkatinya. Dan adalah Kami Maha Mengetahui segala sesuatu. (QS : Al Anbiyaa no 81) dengan tiupan angin tersebut Insha Allah, Allah membawa nabi sulaiman ke sebuah negri yang rahmatan lil alamin yaitu Nusantara ini. untuk ana ya amin, semoga ana mendapat hidayah dari apa yang antum sangka kan, peringatan dari Allah sangatlah nyata antum baca dan hayati ayat berikut ini : Dan penghuni neraka menyeru penghuni surga: "Limpahkanlah kepada kami sedikit air atau makanan yang telah dirizekikan Allah kepadamu". Mereka (penghuni surga) menjawab: "Sesungguhnya Allah telah mengharamkan keduanya itu atas orang-orang kafir, (yaitu) orang-orang yang menjadikan agama mereka sebagai main-main dan senda gurau, dan kehidupan dunia telah menipu mereka". Maka pada hari (kiamat) ini, Kami melupakan mereka sebagaimana mereka melupakan pertemuan mereka dengan hari ini, dan (sebagaimana) mereka selalu mengingkari ayat-ayat Kami. Dan sesungguhnya Kami telah mendatangkan sebuah Kitab (Al Qur'an) kepada mereka yang Kami telah menjelaskannya atas dasar pengetahuan Kami; menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman. (QS: Al A'Araaf no 50~52) Insya Allah Ust. Fahmi mengungkapkan fenomena dengan ilmu dari Allah dan mendapat Petunjuk dari-NYA. dan Insha Allah ini adalah titik awal dari kebangkitan kejayaan ISLAM sebgaimana yang kita ketahui di akhir jaman Islam akan kembali berjaya sebelum hari perhitungan (KIAMAT BESAR) di turunkan... Insha Allah antum mendapat hidayah... Amin ya Robbal Alamin :-)

      Hapus
    3. bagaimana anda bisa tahu kalau Nabi Sulaiman tetep keturunan bangsa Arab dari nabi daud AS akan tetapi Beliau pergi ke Negri SABA yaitu Nusantara..?

      punya bukti akurat..? b-(

      Hapus
    4. amin bin ahmed ini orang wahabi, yang biasa menghancurkan benda2 bersejarah...yg jelas2makam nabinya saja tidak diakui....apalagi peninggalan nabi, lebih percaya peneliti orang non muslim daripada bangsa dan saudara muslim...
      https://lh4.googleusercontent.com/-g6V0tBD1vwk/T2WEdRGJfWI/AAAAAAAACbo/P8P_SGEdhzI/s36/21.gif

      Hapus
    5. Astagfirullah anda masih mempertanyakan hal yang sudah nyata-nyata ada di dalam Al-Qur'an, bagaimana anda mau yakin bila anda tidak percaya Al-qur'an... bukannya sudah jelas beberapa ayat yang jadi referensi di atas menunjukan bahwa Nabi Sulaiman AS adalah keturunan dari nabi Daud AS dan nabi Sulaiman AS bisa terbang kemana saja dengan angin yang ditundukkan oleh Allah SWT untuk Nabi Sulaiman AS sehingga nabi Sulaiman AS bisa kemana saja yang Beliau kehendaki... sebelum komentar saya kira anda salah faham, akan tetapi setelah nyata bukti yang di berikan, ternyata anda memang seseorang yang tidak mau menerima bukti yang nyata, sudah sangatlah cukup keterangan yang ada, bila anda masih mempertanyakan, Masya Allah anda benar-benar orang yang tidak mau menerima keteranga-keterangan yang nyata... Saya hanya bisa mendoakan semoga setelah antum membaca ulang mulai yang anda post dari awal diatas sampai komentar ini anda mendapat Hidayah dari Allah SWT sehingga anda bisa menerima keterangan yang nyata Amin.... :-)

      Hapus
    6. anda tinggal menjawabnya dengan fakta..tapi kok anda malah sepertinya muter gak karuan.. b-(

      Hapus
  67. Jgn terpancing wahai saudaraku.. yg punya blog udah dianggap gila dikampungnya.. so no comment.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau yang komentar memaki lalu pakai nama anonim,kira kira orang waras gak ya..? =))

      Hapus
  68. mas admin nya kok mirip sama farhat abbas ya sukanya mengkritik. sabar2 mas nama nya mas jg lg menyangkal teori org jadi wajar ada yg pro dan kontra sm mas bny bgt, saran saya jadi lah kritikus yg bijak y mas jgn sampai kepancing emosi nya, itu semua udh konsekuensi sebagai kritikus

    BalasHapus
  69. FB-nya ga nerangin Daud Vs Goliath ???? (siapa nanti yang jadi Goliath orang jawa ..???)

    BalasHapus
  70. klo mereka tidak beriman/percaya yah sudah selesai ... krn didunia ini tdk ada org yg dpt merubah keyakinan seseorg kecuali HIDAYAH .... apa lg klo ALLAH SWT sudah membuat hati mrk sprti batu dan mungkin lebih keras dr batu itu....

    BalasHapus
  71. Mungkin orang Yahudi belum kenal Borobudur...kalo dah tahu apa yang dijelasin KH. Fahmi mungkin dia bisa merubah niatnya bikin (quil) Temple of Solomon di dekat candi borobudur......Kalo temple artinya kuil malah lebih cocok dibangun deket Borobudur tuh.. bukan di masjidil Aqsho......

    BalasHapus
  72. Ass, Wr. Wb
    Langsung saja, sebagai seorang muslim, saya pikir teori tersebut sah-sah saja, mengingat bahwa seorang muslim memang diperbolehkan untuk berijtihad dalam menafsirkan Al-Qur'an. Namun kalau tafsirnya melenceng jauh dan cenderung menyesatkan maka kita perlu untuk meluruskannya.

    Ini alasan kenapa teori KH. Fahmi Basya itu salah (dikutip dari berbagai sumber) :

    1. Time line tidak cocok, era Sulaiman as dan Ratu Saba sekitar 1000 – 950 SM, dan Sulaiman sendiri tahun 975 – 935 SM (967 – 927 SM versi Perpustakaan Yahudi – Shira Schoenberg ), di era Besi (Iron Age), jauh sebelum masa Isa as (Yesus). Sedangkan pembangunan wilayah Jawa Tengah, Wonosobo dan sekitarnya diperkirakan pada tahun 824 M. Candi Borobudur tercatat dibangun tahun 772M dan 778 M (ini dibuktikan dengan tes radiometrik karbon 14 (C14) terhadap sampel batuan asli konstruksi candi Borobudur) Berbeda sekitar 18 abad.

    2. Berdasarkan kutipan isi prasasti Kayumwungan yang merupakan bukti arkeologis tak terbantahkan bahwa Borobudur didirikan oleh Dinasti Sailendra yang beragama Buddha dari kerajaan Mataram Kuno di Jawa Tengah

    3. Dari segi Ikonografi, pada candi Borobudur ini ditemukan sejumlah besar patung Buddha yang merupakan simbol khas agama Buddha dalam berbagai bentuk mudra (posisi tangan yang menyimbolkan makna spiritual tertentu dalam agama Hindu dan Buddha). Agama Islam justru melarang membuat patung dari makhluk-makhluk hidup karena dianggap sebagai berhala sehingga bagaimana mungkin Nabi Sulaiman mendirikan patung-patung tersebut? Bahkan relief-relief Candi Borobudur menceritakan kisah-kisah dari kitab Buddhis Mahayana seperti Karmavibhanga, Jatakamala, Lalitavistara, Avadana, dan Gandavyuha.

    4. Dari segi arsitektur, Borobudur dibangun berdasarkan bentuk stupa (monumen Buddhis yang berfungsi menyimpan relik atau objek peninggalan orang suci lainnya) yang merupakan suatu visualisasi dari mandala (diagram geometris yang menggambarkan kosmologi tempat kediaman makhluk suci Mahayana sebagai alat visualisasi praktisi meditasi). Mandala yang terkandung dalam Borobudur sendiri adalah gabungan dari Garbhadhatu Mandala dan Vajradhatu Mandala yang terdapat dalam kitab Maha Vairocana Sutra.

    5. Teori KH. Fahmi Basya sendiri salah satunya mengandalkan prasasti emas yang ditemukan di situs Candi Ratu Boko (yang dianggap istana ratu negeri Saba) sebagai bukti arkeologis dengan mengatakan bahwa prasasti tersebut mengandung kalimat dari ayat Al-Quran (basmallah), namun sesungguhnya prasasti tersebut berisi tulisan mantra pujian untuk Rudra (nama lain Dewa Siwa yang dipuja dalam agama Hindu). Candi Ratu Boko sendiri adalah miniatur vihara Abhayagiri (pusat studi agama Buddha di Sri Lanka pada abad ke-2 SM s/d abad ke-12 M) yang didirikan pada abad ke-8 M, yang kemudian digunakan sebagai tempat pemujaan agama Hindu ketika jatuh ke tangan raja yang beragama Hindu Siwaistis dalam perebutan tahta pada abad ke-9 M.

    Sumber : http://www.wartamadani.com/2013/01/menguak-negeri-saba-dan-istana-nabi.html
    http://www.kompasiana.com/mr_ded/candi-borobudur-bukan-peninggalan-nabi-sulaiman_54f3f5f57455139d2b6c8263




    Semoga apa yang saya share diatas dapat memberikan penjelasan mengenai kerancuan teori dari KH. Fahmi Basya. Boleh setuju dan boleh tidak, silahkan berkomentar. Namun ingat berkomentar lah dengan cerdas. Jangan asal setuju dan tidak setuju, berikan pemaparan dengan jelas, ilmiah, konkrit.

    Akhir kata, Wassalam Wr. Wb.
    Hormat saya SyMaulidi

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sekali lagi saudara maulidi atas tambahannya :)

      Hapus
  73. salah satu kelemahan teori kh fahmi basya adalah tidak membandingkannya dengan cerita buddha. memang ada beberapa yang cocok tapi jika dibandingkan dengan borobudur adalah 60:1. sedangkan cerita buddha dengan borobodur adalah 100:1. harusnya dijelaskan perbandingannya. relief borobudur dengan cerita umat buddha 100% sama.

    BalasHapus
  74. admin saat menanggapi komentar di postingan ini sangat tidak pantas, karena menggunakan kata2 yang sangat kasar.

    tadi Anda mengatakan jika Anda menggunakan Al-Qur'an sebagai pedoman tapi berkata2 dengan orang lain saja menggunakan kata2 kasar.

    Melihat dari komentar2 admin, sangat terlihat jelas jika admin sangat tidak setuju dengan teori yg disampaikan, tapi tolong gunakanlah bahasa yang beradab, bahasa yang baik.

    Oh ya, jangan tanya pada saya kenapa orang yahudi mengincar masjid Al-Aqsha di palestina,bukan mengincar candi borobudur yang ada di magelang jawa tengah.

    harusnya pertanyaan itu tidak ditanyakan pada pembaca blog ini atau pada pak Fahmi, tapi pada orang yang mengincar masjid itu secara langsung.

    tentang teori pak Fahmi benar atau salah itu wawllahualam, bisa saja teori itu berkembang dan ditemukan lagi bukti2 lain, tapi memang bisa saja teori itu memang tidak benar. Sekali lagi, wawllahualam.

    BalasHapus
  75. Teory yg gagal dr kh fahmi,,emangnya dijawa ada keturunan yahudi? Yang hidungnya pesek banyak..

    BalasHapus
  76. Teory kh fahmi cuma pake jurus "cok galicok digali gali cocok"

    BalasHapus
  77. teori pak kyai fahmi basya ,sampai sekarang masih sangat sulit dibuktikan kebenarannya.. walaupun katanya dari hasil penelitian selama berpuluh tahun.. (m)

    BalasHapus

 
Top