Perintah untuk memperbagus lurusnya shaf (barisan)
Dari Abû Hurairoh Radhiyallâhu ‘anhu beliau berkata : Rasulullah Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam bersabda :
Rasulullah Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam menjawab :

Mari kita amati realita yang ada di hadapan kita, yaitu kebesaran para tentara angkatan darat beserta pasukan dan kekuatannya dari aspek militer, begitu bagus dan teraturnya pola barisan mereka. Anda tidak dapati adanya kebengkokan maupun cela padanya. Jarak satu dengan lainnya teratur rapi, sungguh pemandangan yang sungguh indah. Coba Anda perhatikan, orang yang mengamatinya, mereka sangat interes dan terkagum-kagum dibuatnya.
Dari Abû Mas’ûd Radhiyallâhu ‘anhu beliau berkata : Rasulullah Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam bersabda :
أَحْسِنُوْا إِقَامَةَ الصُّفُوْفِ فِيْ الصَّلاَةِ
“Perbaguslah lurusnya shaf (barisan) ketika sholat” (HR Ahmad di dalam Musnad-nya dan dishahîhkan oleh Syaikh al-Albânî di dalam Shahîh at-Targhîb wat Tarhîb : 499)
Bagaimana cara memperbagus lurusnya shaf?
Hadits Jâbir bin Samuroh Radhiyallâhu ‘anhu menjelaskan hal ini. Beliau berkata : “Rasulullah Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam keluar menemui kami dan berkata :
مَالِيْ أَرَاكُمْ رَافِعِي أَيْدِيْكُمْ كَأَنَّهَا أَذْنَابَ خَيْلِ شُمُسٍ, أُسْكُنُوا فِيْ الصَّلاَةِ
“Aku tidak pernah
melihat kalian mengangkat-angkat tangan kalian, seakan-akan seperti ekor
kuda liar saja. Tenanglah kalian di dalam sholat (jangan bergerak).”
Jâbir berkata kembali : kemudian beliau Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam keluar menemui kami (pada lain waktu) dan melihat kami sedang bergerombol, lantas beliau bersabda :
مَالِيْ أَرَاكُمْ عَزِيْنَ
“Aku tidak pernah melihat kalian bergerombol?!”
Jâbir melanjutkan : kemudian beliau Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam keluar menemui kami sembari mengatakan :
أَلاَ تَصُفُّوْنَ كَمَا تَصُفُّ المَلاَئِكَةُ عِنْدَ رَبِّهَا
“Kenapa kalian tidak berbaris sebagaimana para malaikat berbaris di hadapan Rabb mereka?”
Kami berkata : “Wahai Rasulullah, bagaimanakah berbarisnya Malaikat di hadapan Rabb mereka?”Rasulullah Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam menjawab :
يَتُمُّوْنَ الصُّفُوْفَ الأَوَّلِ وَيَتَرَاصَّوْنَ فِيْ الصَّفِّ
“Mereka menyempurnakan shaf/barisan yang paling awal sembari merapatkan barisannya.” (HR Muslim : 430)
Jadi, memperbagus shaf itu tidak akan terwujud melainkan dengan menyempurnakan dan merapatkan barisannya.Mari kita amati realita yang ada di hadapan kita, yaitu kebesaran para tentara angkatan darat beserta pasukan dan kekuatannya dari aspek militer, begitu bagus dan teraturnya pola barisan mereka. Anda tidak dapati adanya kebengkokan maupun cela padanya. Jarak satu dengan lainnya teratur rapi, sungguh pemandangan yang sungguh indah. Coba Anda perhatikan, orang yang mengamatinya, mereka sangat interes dan terkagum-kagum dibuatnya.
Adapun di sekolahan, jangan Anda tanyakan
bagaimana perhatian mereka yang begitu besar di dalam masalah
meluruskan, merapikan dan mengatur barisan. Bukankah para pemakmur
Masjid itu seharusnya adalah orang yang lebih utama di dalam memberikan
perhatian di dalam mengatur shaf dan merapatkan barisan, sebagaimana
malaikat berbaris di hadapan Rab mereka Subhânahu wa Ta’âlâ?!
Kita tidak akan masuk surga sampai kita meluruskan shaf
Rasulullah Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam
telah bersumpah, bahwa kita tidaklah dikatakan beriman, dan kita tidak
akan bisa masuk surga sampai kita saling mencintai di jalan Alloh Ta’âlâ. Hal ini sebagaimana diriwayatkan oleh Abû Hurairoh Radhiyallâhu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam bersabda :
“Demi Dzat yang jiwaku berada di
genggaman-Nya, kalian tidak akan masuk surga sampai kalian beriman, dan
kalian tidaklah dikatakan beriman sampai kalian saling mencintai. Maukah
kalian aku tunjukkan kepada sesuatu yang apabila kalian melakukannya
niscaya kalian akan saling mencintai?! Sebarkanlah salam di
tengah-tengah kalian.” (HR Muslim : 54)
Kecintaan ini tidak akan mudah jika tanpa merapatkan dan meluruskan shaf. Sebab Nabi Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam menjelaskan bahwa ketidaklurusan shaf di dalam sholat itu, memicu perselisihan hati.
Kesimpulannya adalah, bahwasanya
keimanan, surga, kecintaan dan persatuan, kesemuanya ini tidak akan
mudah diraih melainkan dengan meluruskan dan merapatkan shaf.
Perhatian kita terhadap segala sesuatu yang bersifat lahiriah tidak lain adalah bentuk ketaatan, apalagi masalah meluruskan shaf
Sungguh aneh kita ini, bagaimana kita
bisa menaruh perhatian terhadap lahiriah perkara duniawi sedangkan kita
tidak mau memperhatikan lahiriah urusan agama kita?! Saya tidak
melihatnya melainkan hal ini berasal dari syaithan.
Saya tidak tahu apa yang akan mereka
perbuat. Sekiranya ada nash-nash (dalil) yang mengharamkan untuk
merapatkan dan meluruskan shaf, niscaya syaithan-syaithan dari golongan
jin dan manusia akan berbondong-bondong untuk merapatkan shaf. Rapat dan
lurusnya tidak akan pernah Anda lihat ada satupun yang menyamainya!
Demikianlah keadaan mereka ini, Wallôhu a’lam. Jika tidak, lantas dimanakah segala sesuatu yang Alloh Ta’âlâ
haramkan di dalam Kitab-Nya dan as-Sunnah, tidak Anda dapati di
tengah-tengah manusia sebagai sesuatu yang lumrah dan dicintai?!
Lihatlah diri kita sendiri, bagaimana
kita begitu mencintai lahiriah duniawi. Sungguh, kita akan lebih
mencintai orang yang kaya walaupun ia seorang yang bodoh ketimbang kita
mencintai orang yang fakir padahal ia berilmu! Kita lebih memilih
berteman dengan orang yang kuat dan kita tinggalkan orang yang lemah!
Adakalanya, seorang manusia mau
menginfakkan hartanya dalam jumlah besar hanya untuk suatu hal yang
remeh supaya dikatakan : “Fulan telah berbuat ini dan itu”! Terkadang,
orang yang bodoh dapat menyebabkan kita tertawa oleh sebab pakaiannya
yang bagus, seorang penipu dapat mengelabui kita dengan tutur katanya
yang manis dan seorang munafik dapat memikat kita dengan kepandaiannya
bersilat lidah.
Adapula bentuk formalitas bagi para tamu
dan pengunjung yang tidak boleh tidak, harus ada. Bagi yang
menyelisihinya akan dicela dan dianggap aneh. Jika ada suatu kaum berada
di majelis dan ada seseorang yang tidak berdiri (untuk menyambut dan
menghormati mereka), mereka memprotes dan menghukumnya, sebab ia
dianggap tidak menghormati dan menghargai mereka, dan mereka
menganggapnya sebagai orang yang tidak faham etika bermasyarakat.
Jika dikatakan kepada mereka, “berjabat
tangan dengan wanita asing dan wanita yang halal dinikahi (non mahram)
adalah haram hukumnya.” Mereka menjawab, “hati-hati kami ini terjaga,
bersih dan suci. Yang jadi patokan bukanlah masalah lahiriah seperti
itu!” Namun, apabila ada seorang pemuda fakir yang bagus agama dan
akhlaknya, bermaksud menikahi anak-anak puteri mereka, maka masalah
lahiriyah menjadi patokan dengan begitu saja. Mereka tidak lagi butuh
kepada bathin, harga diri dan kesucian hati pemuda itu. Yang penting, ia
haruslah orang yang memiliki harta, jabatan dan kedudukan.
Apabila mereka diminta untuk merapatkan
dan meluruskan shaf, mereka mengatakan, “yang menjadi ukuran adalah
bathin, bukanlah dari faktor fisik.” Akan tetapi, keimanan mereka
terhadap faktor fisik muncul ketika ada seseorang yang bermaksud
meminang puteri mereka. Mereka akan menetapkan beberapa hal, mereka akan
memasang tarif mahal untuk mahar, memperketat persyaratan, pakaian
harus begini dan begitu, perabotan haruslah dengan harga yang selangit,
pestanya haruslah meriah dan menarik sehingga mendapatkan pujian
orang-orang dan tidak dicemooh!
Maka, dimanakah kebajikan bathin terhadap
Tuhanmu dan keimananmu kepada-Nya tatkala Anda diseru untuk merapatkan
shaf?! Dan dimanakah kekufuran mereka terhadap perkara-perkara fisik
untuk meluruskan dan mengatur shaf? Ataukah ini merupakan hawa nafsu?!
Semoga Alloh membinasakan hawa nafsu.
سُبْحَانَ رَبِّكَ كَيْفَ يَغْلَبُكَ الهَوَى سُبْحَانَهُ إِنَّ الهَوَى لَغَلُوْبُ
Maha Suci Rabb-mu bagaimana kamu sampai dikalahkan oleh nawa nafsumu
Maha Suci Diri-Nya sesungguhnya hawa nafsu itulah yang pasti akan terkalahkan
Apa seperti ini sikapmu wahai kaum?
Perkara lahiriah yang Alloh kehendaki, cintai dan perintahkan, serta ia
ancam orang yang meninggalkannya dengan malapetak dan bencana, namun
Anda menjadikannya sebagai bahan senda gurau dan main-main?! Dan
perkara-perkara lahiriah yang Alloh Subhânahu
tidak izinkan, Anda malah menjadikannya sebagai syariat dan agama?
Kejahatan apakah gerangan yang telah Anda lakukan, dan kesalahan apakah
gerangan yang Anda perbuat?
Sungguh kami telah mengimani masalah
meluruskan shaf ini dengan penuh keimanan. Hanya saja keimanan ini ada
di luar masjid, bukan di dalamnya. Tidakkah anda melihat bersamaku
bagaimana lurusnya barisan tentara dan di sekolah?!
Di sini ada yang mengatakan,
“sesungguhnya, keteraturan barisan (di ketentaraan dan sekolahan)
merupakan bentuk simbol kekuatan, ketertiban, ketaatan dan kemajuan!
Namun keteraturan barisan di masjid hanyalah sebuah bentuk lahiriah
belaka, masalah kulit yang remeh, yang tidak berguna dan tidak
berfaidah!”
Untuk menyelesaikan urusan muamalah kita
di kantor dan yayasan secara cepat, dan supaya terhindar dari
problematika dan perselisihan, memang harus ada suatu peraturan dan
keseragaman. Adapun perlunya kita mengimplementasikan hal ini di dalam
Masjid, adalah untuk menghindarkan kita dari perpecahan dan
perselisihan, yang mana hal ini sudah tidak perlu lagi ditanyakan, baik
kepada orang yang lupa atau orang yang masa bodoh. Karena Rasulullah Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam telah menjanjikan hal ini.
Tidak meluruskan shaf akan menyebabkan perselisihan hatiDari Abû Mas’ûd Radhiyallâhu ‘anhu beliau berkata : Rasulullah Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam bersabda :
اسْتَوُوْا وَلاَ تَخْتَلِفُوْا فَتَخْتَلِفُوْا قُلُوْبَكُمْ
“Luruskanlah shaf dan janganlah kalian berselisih, yang menyebabkan hati kalian akan berselisih.” (HR Muslim : 432)
Kalimat pertama dalam hadits, yaitu
“luruskanlah”, merupakan bentuk kalimat imperatif (perintah), dan
kalimat imperatif itu menunjukkan kewajiban sampai ada qorînah
(indikasi) lain yang memalingkan kewajibannya. Sedangkan indikasi yang
menunjukkan kewajibannya ada banyak, diantaranya adalah hadits
sebelumnya yang berbunyi : “Perbaguslah lurusnya shaf (barisan) ketika
sholat.”
Diantaranya juga adalah penggalan hadits
yang Anda lihat di atas, yaitu hadits yang melarang perselisihan,
sebagaimana dalam sabda beliau Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam :
“dan janganlah kalian berselisih”. Kalimat negasi/larangan menunjukkan
keharamannya sampai ada indikasi yang memalingkannya. Dalam hadits ini,
terhimpun kalimat perintah dan larangan sekaligus, yang mana satu dengan
lainnya merupakan indikasi yang saling menguatkan antara satu dengan
lainnya.
Rasulullah Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam
memerintahkan untuk meluruskan shaf dan memperingatkan dari tidak
mematuhi perintahnya. Karena hal ini akan memicu perselisihan,
sebagaimana di dalam hadits :
أَقِيْمُوْا صُفُوْفَكُمْ فَوَاللهِ لَتُقِيْمَنَّ صُفُوْفَكُمْ أَوْ لَيُخَالِفَنَّ اللهُ بَيْنَ قُلُوْبِكُمْ
“Luruskan shaf-shaf kalian. Dan demi
Alloh, luruskanlah shaf-shaf kalian, atau jika tidak niscaya Alloh akan
menjadikan hati kalian saling berseteru.” (Shahîh Sunan Abu Dâwud : 616)
Di dalam riwayat hadits yang lain :
أَوْ لَيُخَالِفَنَّ اللهُ بَيْنَ وُجُوْهِكُمْ
“atau Alloh akan menjadikan wajah-wajah kalian saling bertikai.”
Huruf fa’ (فَ) pada hadits kata takhtalifu (تَخْتَلِفُ) disebut dengan Fa` as-Sababiyah
(yang menunjukkan sebab), sehingga makna hadits menjadi : perselisihan
lurusnya shaf (tidak lurusnya shaf) di dalam sholat merupakan sebab
berselisihnya hati.
Lantas, betapa lancangnya seseorang yang
berkata bahwa meluruskan shaf dan hadits yang membicarakan tentangnya
akan memecah belah umat! Apakah mereka berada di dalam keraguan tentang
hal ini?! Padahal Rasulullah Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam telah bersumpah kepada mereka dan beliau adalah orang yang jujur lagi dibenarkan, adakah kamu melihat mereka membenarkannya?
Nabi Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam telah menegaskan hal ini dengan banyak penekanan di dalam nash hadits di atas dan selainnya, diantaranya adalah adanya Lâm dan Nûn Taukîd ats-Tsaqîlah (huruf lam dan nun yang berfungsi superlatif) di dalam dua kata : tuqîm (luruskanlah) dan yukholif (memalingkan), kemudian meng-‘athaf-kan (mengikutkan) taukîd (penegasan) dengan taukîd (penegasan), akan tetapi mereka pergi berlalu dengan mengabaikannya begitu saja. Bagaimana bisa mereka berijtihad padahal nash (dalil)-nya ada?!
Perkaranya tidak berhenti sampai di sini
saja, bahkan ijtihad mereka sampai merubah pemahaman yang benar lagi
jelas. Padahal sesungguhnya, orang yang paling rendah pengetahuannya
tentang fikih dan Bahasa Arab saja, sekiranya dia membaca hadits-hadits
yang membicarakan masalah meluruskan shaf, niscaya dia akan dapat
memahami bahwa tidak merapatkan dan meluruskan shaf, akan memicu
perselisihan dan perpecahan hati.
Dari manakah mereka mendatangkan ijtihad
seperti ini, yaitu mereka melarang dan mencegah, serta memerintahkan
orang-orang untuk meninggalkan hadits yang berbicara tentang masalah
meluruskan shaf supaya dapat mempersatukan hati?
Perselisihan ini tidaklah terlewatkan begitu saja dari perhatian Nabi Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam dan hal ini tidak layak bagi beliau, bahkan beliau ‘alaihi ash-Sholâtu was Salâm adalah orang yang lebih mendahului kita di dalam memahami dan mengetahui hal ini, sebab “ucapan beliau tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan kepadanya.” (QS an-Najm : 4)
Rasulullah Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam telah menyebutkan perselisihan ummatnya di dalam banyak nash/teks hadits dengan lafazh yang bervariasi. Diantaranya sabda beliau : “niscaya hati kalian akan berselisih”, “atau Alloh akan menjadikan hati-hati kalian saling berselisih”, “atau Alloh akan menjadikan wajah-wajah kalian saling berselisih.”[2]
Kendati Rasulullah Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam
mengetahui masalah perselisihan dan faktor penyebabnya serta beliau
membencinya, beliau tidak mau berpaling dari perkara meluruskan shaf,
agar kaum muslimin terbebas dari perdebatan dan perselisihan di
dalamnya, kemudian agar mereka dapat menjaga diri dari perpecahan hati
yang merupakan akibat dari perselisihan!
Kesemua hal ini, tidak beliau puji dan beliau tolak sedikitpun. Nabi ‘alaihi ash-Sholâtu was Salâm
adalah orang yang lebih mengetahui tentang kemaslahatan umat daripada
kita, beliau lebih faham tentang mana yang urgen dan lebih
diprioritaskan. Namun beliau tidak pernah alpa memperingatkan dari
perselisihan yang timbul dari tidak lurusnya shaf. Yang ditetapkan,
bahwa beliau tidak pernah meninggalkan masalah meluruskan shaf, tidak
pernah ketinggalan untuk melakukannya dan tidak pernah berhenti
memperbincangkannya.
Adapun orang yang berpandangan bahwa
solusi yang benar adalah tidak meributkan masalah meluruskan shaf atau
pembahasan yang semisal dengannya, namun yang utama adalah membincangkan
masalah perjuangan memerangi musuh dan memerangi kejahatan dan
kebiadaban mereka dengan berbagai bentuknya –dan kami tidaklah
bermaksud meremehkan masalah ini-, maka keadaan orang ini adalah seperti
orang yang beranggapan bahwa sholat itu lebih urgen ketimbang puasa dan
selainnya, lantas ia mengingkari orang yang memperbincangkan masalah
urgensi puasa, haramnya berinteraksi dengan riba, atau semisalnya,
dengan alasan bahwa manusia saat ini banyak yang menyia-nyiakan dan
melalaikan sholat.
Ini merupakan kesalahan yang besar,
karena kewajiban itu ada banyak, bermacam-macam dan beraneka ragam.
Seorang muslim dituntut untuk memenuhi kewajiban-kewajiban ini dengan
segala kemampuan yang dimilikinya. Tidak boleh bagi kita mengabaikan
sebagiannya dan mengamalkan sebagiannya. Membenahi aqidah itu wajib,
jihad di jalan Alloh juga wajib. Berdakwah itu wajib dan mewaspadai
sepak terjang musuh juga wajib. Memerangi ghibah dan namimah adalah
wajib, berbakti kepada orang tua dan meluruskan shaf juga merupakan
perkara yang wajib.
Lantas, bagaimana mungkin kita bisa
berjihad, menjaga dan membela agama sedangkan kita dalam keadaan
berpecah belah dan bertikai satu sama lainnya?!
Mari kita perhatikan perselisihan dan
pertikaian yang telah menjangkiti umat, sampai-sampai saudara kita para
mujahidin –kendati sedikit dan jarang-, mereka juga saling berpecah
belah dan berselisih.
Jangan kamu lupakan pula, bahwa syaithan
yang menggerakkan penganut madzhab yang membinasakan, adalah syaithan
atau sejenisnya yang tinggal di sela-sela barisan dan berdiri diantara
celah barisan/shaf kaum muslimin. Mereka membuat hati menjadi saling
berselisih dan jauh antara satu dengan lainnya agar senantiasa tidak
dapat bersatu, agar kaum muslimin tidak mampu memberantas
madzhab-madzhab yang menyimpang dan keyakinan-keyakinan yang
menyeleweng. Hal ini disebabkan syaithan itu tahu bahwa meluruskan shaf
dapat mempersatukan hati dan wajah. Apabila kaum muslimin telah bersatu
dan saling mencintai, maka syaithan dari bangsa jin dan manusia sudah
tidak memiliki kemampuan lagi (untuk memporakporandakan kaum muslimin),
dan inilah yang diperkirakan dan ditakuti syaithan bakal terjadi.
Tidak meluruskan shaf akan menyebabkan kehancuran umat
Telah jelas bagi kita dari paparan hadits Nabi Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam
sebelumnya yang tidak meninggalkan keraguan sedikitpun, bahwa
ketidaklurusan shaf akan menyebabkan perselisihan yang nantinya dapat
memicu kelemahan, kehancuran dan hilangnya kekuatan dan potensi umat.
Tentang hal ini, Alloh Subhanahu wa Ta’ala berfirman :
“Dan janganlah kamu saling berbantah-bantahan yang menyebabkan kamu menjadi lemah dan hilang kekuatanmu.” (QS al-Anfâl : 46)
Rasulullah Shallallâhu ‘alaihi wa Sallam bersabda : “Janganlah kalian berselisih. Karena umat sebelum kalian, mereka berselisih dan menjadi hancur.” (HR Bukhârî : 2410)
Dari perpaduan kedua nash di
atas, maknanya menjadi : Luruskan shaf kalian dan jangan berselisih,
yang nantinya akan menyebabkan kalian menjadi hancur, lemah dan hilang
kekuatan kalian.
Adakah kita menginginkan kehancuran yang
lebih besar daripada ini? Ataukah menanti kelemahan yang lebih dahsyat?
Kita saat ini sedang dikerumuni oleh umat-umat selain Islam, sebagaimana
mereka mengerumuni makanan di atas wadahnya. Inilah keadaan negeri kita
yang dijajah, musuh-musuh Islam dengan tamaknya mengeksploitasi negeri
kita tanpa sisa, kita hanya bisa termenung tanpa memiliki kemampuan dan
kekuatan di antara umat yang ada. Tidak satupun yang kita dengar
melainkan hanya keluhan dan rintihan untuk mendapatkan keadilan dan
perlindungan dari serangan musuh. Kita sendiri telah menjadi
bergolong-golongan dan berkelompok-kelompok. “dan setiap golongan merasa bangga dengan apa yang ada pada mereka.” (QS al-Mu`minûn : 53)
Hati pun telah tercerai berai dan jihad
telah ditinggalkan. Seakan-akan tidaklah tersisa bagi kita melainkan
hanya sekedar perbincangan tentangnya belaka. Sampai kapan gerangan kita
selalu berada di dalam perpecahan, perselisihan dan kehampaan seperti
ini?! Adapun sekarang, tiba saatnya hati kita senantiasa khusyu’ di
dalam mengingat Alloh dan mempelajari agama kita! Adapun sekarang, wahai
manusia pilihan dan terbaik, tiba saatnya kalian saling bersatu dan
mencintai! Marilah kita terima masalah meluruskan shaf ini. Sebagai
permulaan untuk mempersatukan hati kita dengan izin Alloh.
Aduhai, betapa bahayanya bersatu dengan syaithan, baik dari bangsa jin maupun manusia!
[1] Disarikan dari risalah Taswiyatu ash-Shufûf wa Atsaruhâ fî Hayâtil Ummah karya Syaikh Husain bin ‘Audah al-‘Awâyisyah (Dâr Ibnu Hazm, cet 1, 1423)
[2] Di dalam an-Nihâyah,
dikatakan : “maksudnya adalah setiap orang yang memalingkan wajahnya
dari orang lain, akan menyebabkan terjadinya sikap saling membenci.
Karena menghadapkan wajah dengan wajah itu berdampak terhadap rasa kasih
sayang dan persatuan.”
sumber :www.abusalma.wordpress.com