Benarkah Ibnu Sina Adalah Ilmuwan Muslim?
Dalam Majallah Al-Muslimun nomor 247 dimuat resensi buku yaitu “Ibnu Sina sosok Ilmuwan Muslim”. Penulis resensi buku itu tidak mengerti siapa sebenarnya Ibnu Sina? Kalau kita ingin menulis makalah tentang syakhshiyyah (pribadi seseorang) lebih dahulu kita harus merujuk kitab-kitab yang dikarang oleh Ulama-ulama Islam yang terdahulu yang masyhur, apa kata mereka tentang pribadi seseorang, baru kita pakai sebagai penguat itu ialah ucapan pam ulama yang belakangan. Kita lebih percaya kepada para Salafush-shalih dan orang yang mengikuti jejak mereka ketimbang ulama yang belakangan yang telah banyak menyimpang dari Manhaj mereka.
Para penulis yang memuji Ibnu Sina kebanyakan dari ahli filsafat dan Orientalist serta para ahli kedokteran, oleh karena itu semua buku yang menulis tentang Ibnu Sina selalu mereka merujuk kepada buku-buku Orientalist dan ahli filsafat.
Mereka memuji Ibnu Sina karena kekaguman mereka terhadap
karya-karyanya, di antara bukunya yang terkenal ialah “al-Qa-nuun
fit-Thibb”(Canon of Medicine / Konstitusi ilmu kedokteran).
Kita harus ingat, bahwa pujian yang mereka lontarkan tentunya mempunyai tujuan untuk merusak Islam,
karena Ibnu Sina seorang ahli filsafat di samping ia ahli kedokteran
dan buku-bukunya tentang filsafat sudah beredar di mana-mana. Dengan
pujian dan menganggap ia sebagai seorang “Muslim” membuat
kaum Muslimin berusaha membaca karya-karanya tentang filsafat yang
isinya adalah racun bagi ummat Islam, sesat dan menyesatkan.
IBNU SINA BIOGRAFI DAN AQIDAHNYA
Ibnu Sina (Avicenna) lahir pada bulan Shafar lahun 370 Hijriyyah / 980 M wafat tahun 1037 M, sejak masa remaja ia sudah kagum dcngan ilmu filsafat, ia banyak mengambil ilmu filsafat dari Ariestoteles. Filsafat ini dikembangkan oleh Ibnu Sina.
IBNU SINA BIOGRAFI DAN AQIDAHNYA
Ibnu Sina (Avicenna) lahir pada bulan Shafar lahun 370 Hijriyyah / 980 M wafat tahun 1037 M, sejak masa remaja ia sudah kagum dcngan ilmu filsafat, ia banyak mengambil ilmu filsafat dari Ariestoteles. Filsafat ini dikembangkan oleh Ibnu Sina.
Filsafat yang dianut olch Ariestoteles dan Ibnu Sina menurut ahli filsafat merupakan filsafat yang sangat-sangat aneh, karena keduanya berpendapat bahwa alam ini ada sebelum adanya (Allah), sedangkan para filosof sebelumnya berkata Bahwa alam ini baru (diciptakan), dan penciptanya ada. (Ighatsatul-Lahafan hal: 257).
Ariestoteles dan lbnu Sina berpendapat bahwa Allah Subhana wa Ta’ala tidak mempunyai kekuasaan apa-apa dan tidak mengetahui sesuatu dan keduanya tidak beriman kepada Malaikat.
Malaikat menurut mereka adalah khayalan para Nabi yang berupa cahaya.
Malaikat tidak bergerak, tidak naik, tidak turun, tidak berbicara, tidak menulis amal-amal hamba, tidak berpindah-pindah, tidak shalat, tidak rnencabut nyawa, tidak menulis rezeki, ajal dan amal, tidak ada di kanan dan di kiri manusia dll.
Scmua ini menurut Ibnu Sina tidak ada hakikatnya.
(Lihat: lghatsatul-Lahafan II : 261)
Malaikat tidak bergerak, tidak naik, tidak turun, tidak berbicara, tidak menulis amal-amal hamba, tidak berpindah-pindah, tidak shalat, tidak rnencabut nyawa, tidak menulis rezeki, ajal dan amal, tidak ada di kanan dan di kiri manusia dll.
Scmua ini menurut Ibnu Sina tidak ada hakikatnya.
(Lihat: lghatsatul-Lahafan II : 261)
Mereka tidak percaya kepada kitab-kitab yang diturunkan Allah Subhana wa Ta’ala melalui Malaikat, karena dia tidak bisa berkata apa-apa dan tidak akan berkata dan Malaikat tidak boleh berkata-kata. (ibid : 262).
KEYAKINAN IBNU SINA YANG SESAT TENTANG NABI DAN RASUL
Rasul-Rasul dan Nabi-nabi menurut Ibnu Sina adalah bualan semata dan bukan utusan dari Allah Subhana wa Ta’ala. Para Nabi dan Rasul mempunyai 3 karakteristik, jika hal ini ada maka ia (menurut dia Ibnu Sina.ed) Nabi :
Rasul-Rasul dan Nabi-nabi menurut Ibnu Sina adalah bualan semata dan bukan utusan dari Allah Subhana wa Ta’ala. Para Nabi dan Rasul mempunyai 3 karakteristik, jika hal ini ada maka ia (menurut dia Ibnu Sina.ed) Nabi :
1. Kekuatan menduga (mengetahui perkara berdasarkan pcrkiraan) hingga ia tahu dengan cepat batas pertengahan dari Sesuatu.
2. Kekuatan mengkhayal,
seperti para Nabi mengkhayalkan bentuk cahaya serta cahaya itu dapat
bercakap dengan dia dan ia dapat mendengar (cahaya yang dimaksud ialah
Malaikat).
3. Kekuatan untuk mempengaruhi orang, dan ini dilakukan semata-mata dengan jiwa.
Semua ini bisa dilakukan dengan usaha.
Ibnu Sina berkata : “Filsafat itu merupakan kenabian khusus, adapun kenabian adalah merupakan filsafat umum.”
Ibnu Sina berkata : “Filsafat itu merupakan kenabian khusus, adapun kenabian adalah merupakan filsafat umum.”
(Lihat : Kitab lghatsatul Lahafan min
Mashayidis Syaithan II hal: 262 oleh Al-Imam Ibnul Qayyim al-Jauziyyah,
tahqiq Muhammad Hamid al-Faqiy cet. Darul Ma’rifah-Beirut ; dan Kitab
al’Aqa-’id al-Bathiniyyah wa hukmul Islam fiiha hal : 247-248 oleh Dr.
Shabir Tha’iimah cet. Maktabah ats-Tsaqafiyyah-Beirut).
PANDANGAN IBNU SINA TENTANG HARI KIAMAT
lbnu Sina dalam bukunya “ar-Risalah al-Adhhawiyyah fi Amril Ma’ad” (cet. Darul Fikr al-’Arabiy-Kairo th. 1368 H / 1949 M) ia berkeyakinan tidak beriman kepada pecahnya langit, berhamburannya bintang-bintang, bangkitnya manusia dengan jasadnya, dan tidak percaya bahwa Allah ‘Azza wa Jalla mengadakan alam ini dari tidak ada menjadi ada. Ia berkeyakinan alam ini Azaliy (lihat Dar’u Ta’arudhui ‘Aql wan Naql V:10 oleh Sayikhul Islam Ibnu Taimiyyah, Tahqiq Dr. Muhammad Rasyad Salim cet. I th.1401 H / 1981 M; Ighatsatul Lahafan II hal. 262).
lbnu Sina dalam bukunya “ar-Risalah al-Adhhawiyyah fi Amril Ma’ad” (cet. Darul Fikr al-’Arabiy-Kairo th. 1368 H / 1949 M) ia berkeyakinan tidak beriman kepada pecahnya langit, berhamburannya bintang-bintang, bangkitnya manusia dengan jasadnya, dan tidak percaya bahwa Allah ‘Azza wa Jalla mengadakan alam ini dari tidak ada menjadi ada. Ia berkeyakinan alam ini Azaliy (lihat Dar’u Ta’arudhui ‘Aql wan Naql V:10 oleh Sayikhul Islam Ibnu Taimiyyah, Tahqiq Dr. Muhammad Rasyad Salim cet. I th.1401 H / 1981 M; Ighatsatul Lahafan II hal. 262).
IBNU SINA ADALAH PENGIKUT ALIRAN SYI’AH SEKTE QARAMITHAH BATHINIYYAH
Ibnu Sina pernah memberitahukan tentang dirinya :
Aku dan Ayahku inengikuti ajaran al-Hakim
(1) (Ighatsatul-Lahafan 11 : 266) Dengan begitu jelaslah bahwa Ibnu
Sina termasuk Sekte Qaramithah Bathiniyyah (2) sebagaimana disebutkan
oleh Ibnu Taimiyyah, Ibnul Qayyim, Dr. Rasyad Salim, Muhammad ilamid
al-Faqiy dan Dr. Shabir Tha’iimah.
(1). Al-Hakim adalah Manshur bin al’Aziz
Billa Nizar bin al-Mu’iz-Billa al-’Abidiy Sulthan ke III, Kesultanan
Syi’ah Fathimiyyah (Dibunuh oleh Sulthan Mahmud Al-Ghazi As-Saljuqi
At-Turkey Rahimahullah dari Daulah As-Salajiqah pada Tahun 386 H / 996
M), khalifah Pendusta dan Jahat yang pernah menguasai seluruh wilayah
Afrika Utara.
Ia mendakwakan dirinya sebagai Tuhan, ia
banyak membunuh para ulama (tidak dapat dihitung bilangan ulama yang
terbunuh, karena hanyaknya).
Ia menulis di Masjid-masjid Jami’ caci
makian terhadap Abu Bakar, Umar, Utsman, ‘Aisyah dan para shahabat
lainnya. Dia-lah sekarang yang dijadikan sesembahan oleb kelompok Druzz
di Libanon dan Isma’iliyyah di India. (Ta’liq Ighatsatul-Lahafan oleh
Syekh Muhammad Hamid al-Faqiy II hal : 266).
(2). Dinisbatkan kepada Hamdan bin
al-Ash’ats, dikenal dengan Qurmuth karena ia orangnya pendek / jadi,
pendek langkahnya (qurmuth). Ia seorang pembajak tanah di Kufah. Ia
termasuk kelompok Kebathinan, mereka mengaku bahwa mereka orang Syi’ah,
mereka adalah Atheis dan Zindiq (orang yang pura-pura Islam). Tahun 286 H
mereka mulai mcnampakkan da’wahnya (kcpada kesesatan) melalui Sa’id
al-Hasan bin Bahram al-Janabiy setelah ia mengikuti Qaramithah.
Kemudian da’wah Qaramithah berkembang dan
banyaklah orang-orang jahat yang mengikutinya. Mereka pernah memasuki
kota Makkah pada hari Tarwiyah tgl 8 Dzulhijjah th 317 H.
Mereka membunuh jama’ah hajji yang sedang
Thawaf (mengelilingi Ka’bah) mereka mencabut pintu Ka’bah dan
Kiswahnya, dan orang-orang yang dibunuh dimasukkan ke Sumur Zamzam.
Mereka mencopot Hajar Aswad dan mereka bawa ke Qothief dan tinggal di sana kurang- lebih selama 22 tahun.
Setelah Dunia Islam panik dengan kejahatan Qaramithah, barulah Khalifah Abbasiyyah al-Muthi’ Billah al-Fadhl Bin al-Muqtadir Rahimahullah mengembalikan Hajar Aswad ketempatnya.
Setelah Dunia Islam panik dengan kejahatan Qaramithah, barulah Khalifah Abbasiyyah al-Muthi’ Billah al-Fadhl Bin al-Muqtadir Rahimahullah mengembalikan Hajar Aswad ketempatnya.
Sebenarnya sebelum itu juga mereka telah membunuh orang-orang yang ingin melaksanakan ibadah hajji dan menawan wanita-wanitanya.
(Lihat : Ta’liq Ighatsatul-Lahafan oleb Syekh Muhammad Hamid al-Faqiy II hal: 248 dan al-’Aqa-id al-Bathiniyyah oleh Dr. Shabir Tha’imah hal : 221 s/d 236)
(Lihat : Ta’liq Ighatsatul-Lahafan oleb Syekh Muhammad Hamid al-Faqiy II hal: 248 dan al-’Aqa-id al-Bathiniyyah oleh Dr. Shabir Tha’imah hal : 221 s/d 236)
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah
Rahimahullah berkata : “Semua kelompok Qaramithah LEBIH KUFUR dari
Yahudi dan Nasrani bahkan lebih kufur dari kebanyakan kaum Musyrikin,
karena mereka lebih berbahaya dari kafir harbiy, mereka berpura-pura
mencintai Ahul Bait padahal pada hakikatnya mereka tidak beriman kepada
Allah, Rasul-Nya, kitab-kitab-Nya, tidak beriman kepada perintah,
larangan, ganjaran dan siksa.
Dan mereka tidak beriman kepada Surga dan
Neraka dan tidak juga beriman kepada seorangpun dari para Rasul sebelum
Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. mereka mengambil dalil
al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah dari Ulama kaum Muslimin tetapi mereka
ta’wilkan dan mereka mengada-adakan dusta serta menda’wakan bahwa yang
demikian itu adalah ilmu Bathin.”
(Lihat: Fatawa Syaikhul Islam Jiid 35 halaman : 149-150)
(Lihat: Fatawa Syaikhul Islam Jiid 35 halaman : 149-150)
BEBERAPA BANTAHAN PARA ULAMA TENTANG BUKU-BUKU IBNU SINA
1. Syaikh Muhammad asy-Syahrastani
rahimahullah (lahir th 479 H wafat th 548 H), ia mengarang satu buku
yang berjudul “al-Mushara’ah” [Buku yang ditulis oleh Imam Syahrastani
adalah penyempurnaan dari buku Imarn Shadaruddin Asy-Syairazy
rahimahullah, yang sebenarnya buku ini dibantah lagi oleh Ibnu Sina di
saat Syairazy rnasih hidup, dua buku ini sudah dibaca oleh Imam Ibnul
Qayyim al-Jauziyah rahimahullah. (Lihat: Al-Milal wan Nihal dan
al-Ighatsah)].
Isi buku itu membantah keyakinan Ibnu
Sina yang menyatakan bahwa alam ini terdahulu, keyakinan dia tentang
tidak adanya Hari Kiamat (dibangkitkan dengan jasad) serta ia
berkeyakinan Allah tidak mempunyai ilmu dan kekuasaan. Beliau (Imam
Muhammad asy-Syahrastani rahimahullah) menjelaskan bahwa keyakinan Ibnu
Sina itu BATHIL. Tetapi Ibnu Sina tidak mau rujuk kepada kebenaran,
bahkan ia menentang dan membantah buku Imam asy-Syairazy rahimahullah
itu dengan mengarang satu buku yang berjudul “Mushara’atul Mushara’ah”,
Di kitab itu Ibnu Sina menyatakan :
“Bahwasanya Allah tidak menciptakan langit dan Bumi dalam 6 (enam) hari,
Allah tidak mengetahui sesuatu apapun, Allah tidak berbuat sesuatu
dengan Qudrat dan Ikhtiyarnya dan Allah tidak membangkitkan manusia dari
Kuburnya.”
(Lihat : Ighatsatul lahafan II hal. 266)
(Lihat : Ighatsatul lahafan II hal. 266)
Setelah membawakan pendapat Imam
asy-Syahrastani rahimahullah yang menyatakan ajaran Ibnu Sina itu
Bathil, Imam lbnul Qayyim rahimahullah berkata :
“Kesimpulannya Ibnu Sina itu Seorang ATHEIS, Yang KUFUR KEPADA ALLAH, kepada para MalaikatNya, Kufur kepada Kitab-kitab Nya, Kufur kepada Rasul-Rasul Nya dan Kufur kepada hari Kiamat.”(Ighatsatul.Lahfan 11 : 267)
Selanjutnya beliau rahimahullah berkata:
“(Menurut ukuran kejelekan), Agama kaum Musyrikin lebih baik dari ajaran
Ibnu Sina, al-Farabi dan para pengikutnya (maksudnya kejelekan kaum
Musyrikin lebih ringan dibanding kejelekan Ibnu Sina-pen) karena
penyembah-penyembah berhala masih mempercayai Allah sebagai al-Khaliq
(pencipta) yang mengadakan dari tidak ada, mereka percaya bahwa Allah
BERKUASA DAN HIDUP, Penyembah berhala hanya berlaku syirik dalam soal
ibadah. Allah Subhana wa Ta’ala berfirman:
“Ingatlah, hanya kepunyaan Allah-lah
agama yang bersih (dari syirik). Dan orang-orang yang mengambil
pelindung selain Allah (berkata): “Kami tidak menyembah mereka melainkan
supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat- dekatnya.”
Sesungguhnya Allah akan memutuskan di antara mereka tentang apa yang
mereka berselisih padanya. Sesungguhnya Allah tidak menunjuki
orang-orang yang pendusta dan sangat ingkar.” ( Qs. Az-Zumar : 3 ).
(sedang Ibnu Sina dalam semua hal)
(idem 268).
(sedang Ibnu Sina dalam semua hal)
(idem 268).
2. Imam Ibnul Qusyairiy rahimahullah
mernbantah bukunya Ibnu Sina yang berjudul: Asy-Syifa 3). Asy-Syifa itu
sebuah buku Ensikilopedia Filsafat, bantahan beliau rahimahullah
dituliskan dalam bentuk Sya’ir :
Kami putuskan persaudaraan dengan sekelompok orang yang sakit yaitu penulis buku asy-Syifa’.
Kami putuskan persaudaraan dengan sekelompok orang yang sakit yaitu penulis buku asy-Syifa’.
Berapa kali kami sudah kuingatkan : Wahai kaumku! Kalian ini berada di tepi jurang (neraka) bersama penulis buku asy-Syifa’.
Maka tatkala mereka sudah meremehkan peringatan kami, maka kami kembali kepada Allah, Allah cukup (sebagai pelindung kami),
Mereka (Ibnu Sina dan para pengikutnya)
mati dalam keadaan mengikuti Agama (‘ajaran,) Ariestoteles, sedangkan
kami hidup mengikuti agama Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam .
(Lihat: Fatawa Ibnu Taimiyyah 9 hal. 253)
3. Ibnul Jauzi al-Qurasyiy al-Baghdadiy
rahimahullah berkata : “Kebanyakan AhIi Filsafat berkeyakinan bahwa
Allah ‘Azza wa Jalla tidak mengetahui sesuatu?? Ibnu Sina berkeyakinan
bahwa Allah ‘Azza wa Jalla tidak mengctahui yang partial?? Mereka adalah
orang-orang yang PANDIR YANG TELAH DIHIASI OLEH IBLIS.”
(Talbiisu Iblis oleh Ibnu Jauzi hal : 47, Tahqiq Mahmud Mahdi al-Istambuli cet. Muassasah ‘ulumul Qur’an-Damaskus).
(Talbiisu Iblis oleh Ibnu Jauzi hal : 47, Tahqiq Mahmud Mahdi al-Istambuli cet. Muassasah ‘ulumul Qur’an-Damaskus).
4. Ibnu Sina menulis buku yang berjudul
“al-Isyaaraat wat Tanbiihaat, buku ini ada beberapa jilid yang berisi
tentang kayakinan di dalam masalah Dzat, Wujud dan sebagainya. Buku ini
telah disyarah oleh seorang filosop Israel. Dan buku Ibnu Sina ini telah
dibantah oleh Syaikhul Islam Al-Imam Ibnu Taimiyyah rahimahullah dalam
kitabnya Dar’u Ta’a-rudhul’Aql wan Naql jilid V dan halaman 87 sampai
dengan halaman 152 tahqiq Dr. Muhammad Rasyad Salim cet. th 1401
H/1981.M. Di halaman 130-131 Ibnu Taimiyyah berkata : “Mereka-mereka
yang mengingkari adanya Malaikat adalah Kafir …. dan Ulama’ salaf telah
sepakat bahwa mereka yang mengingkari sifat-sifat Allah adalah orang
yang paling bodoh dan paling sesat.”
5. Berkata Dr.Shabir Tha’iimah
rahimahullah: “Aqidah kebathinan yang dianut oleh sekte Qaramithah,
Isma’iliyah dan Nushairiyah adalah KAFIR karena mereka menolak Rukun
Iman dan hukum-hukum Islam, dan mereka telah dipengaruhi oleh Filsafat
Yunani, Persia dan India. Mereka mengaku-ngaku dirinya sebagai
orang-orang Muslim? Padahal mereka sangat jauh dari Islam dan kaum
Muslimin. Di antara tokoh-tokohnya ialah : Ibnu Mulkan, Ibnu Sab’in,
IBNU ‘ARABY, AL-HALLAJ, IBNU SINA DAN dan yang selain mereka.” (Lihat
al-’Aqaaid al-Bathiniyyah wa hukmul Islam fiiha halaman 242 s/d 249).
IBNU SINA DAN PARA PENGIKUTNYA MENURUT AL-QUR’AN
Ibnu Sina dan para pengikutnya menurut al-Qur’an adalah orang-orang bodoh, sombong, sesat dan Kafir. Allah Subhana wa Ta’ala Berfirman :
“Sesungguhnya orang-orang yang
memperdebatkan tentang ayat-ayat Allah tanpa alasan yang sampai kepada
mereka tidak ada dalam dada mereka melainkan hanyalah (keinginan akan)
kebesaran yang mereka sekali-kali tiada akan mencapainya, maka mintalah
perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha
Melihat.” ( Qs.Al-Mukmin : 56 ).
“Apabila dikatakan kepada mereka:
“Berimanlah kamu sebagaimana orang-orang lain telah beriman.” Mereka
menjawab: “Akan berimankah kami sebagaimana orang-orang yang bodoh itu
telah beriman?” Ingatlah, sesungguhnya merekalah orang-orang yang bodoh;
tetapi mereka tidak tahu.” ( Qs.Al-Baqarah : 13 ).
“Maka tatkala datang kepada mereka
rasul-rasul (yang diutus kepada) mereka dengan membawa
ketarangan-keterangan, mereka merasa senang dengan pengetahuan yang ada
pada mereka dan mereka dikepung oleh azab Allah yang selalu mereka
perolok-olokkan itu.” ( Qs. Al-Mu’min : 83 ).
“Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah
beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan
kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya.
Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya,
kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya
orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.” ( Qs.An Nisaa’ : 136 ).
“Sesungguhnya orang-orang yang kafir
kepada Allah dan rasul-rasul-Nya, dan bermaksud memperbedakan antara
(keimanan kepada) Allah dan rasul-rasul-Nya, dengan mengatakan: “Kami
beriman kepada yang sebahagian dan kami kafir terhadap sebahagian (yang
lain)”, serta bermaksud (dengan perkataan itu) mengambil jalan (tengah)
di antara yang demikian (iman atau kafir), merekalah orang-orang yang
kafir sebenar-benarnya. Kami telah menyediakan untuk orang-orang yang
kafir itu siksaan yang menghinakan.” ( Qs. An Nisaa’ : 150-151 ).
“Dan orang-orang yang mendustakan
ayat-ayat Kami dan mendustakan akan menemui akhirat, sia-sialah
perbuatan mereka. Mereka tidak diberi balasan selain dari apa yang telah
mereka kerjakan.” ( Qs. Al A’raaf : 147 ).
Sesungguhnya seeeorang bisa dikatakan
beriman apabila ia beriman kepada Allah, Malaikat- Malaikat-Nya,
Kitab-kitabNya, Rasul-rasul-Nya, hari akhir dan apa yang ditakdirkan
Allah kepada dirinya yang baik maupun yang buruk. Nabi shallallahu
‘alaihi wasallam bersabda :
,”Iman itu ialah : Engkau beriman kepada
Allah, kepada para Malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya, kepada utusan-utusan
Nya, kepada hari Kiamat dan kepada takdir yang baik maupun yang buruk” (
Shahih Riwayat Imam Muslim no. 8 ).
Maka perhatikanlah bahwa Ibnu Sina tidak
beriman kepada apa yang discbutkan dalam al-Qur’an dan apa yang dibawa
oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, dia malah mengikuti dan
membela ajaran Ariestoteles, Syi’ah Qaramithah Bathiniyyah dan dia mati
dalam keadaan meyakini ajaran yang sesat tersebut.
Allah Subhana wa Ta’ala berfirman :
“Barangsiapa mencari agama selain agama
Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu)daripadanya,
dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.” ( Qs.Al-‘Imran : 85
).
Mungkin Ada orang yang berkata : “tidak boleh mengkafirkan seseorang dari ahli qiblat dengan sebab satu dosa “
kami jawab: Tetapi Ibnu Sina telah berbuat dosa-dosa besar dan telah MURTAD dari Islam dan dia telah KUFUR I’TIQADIY,
dan orang yang membela Ibnu Sina berarti ia telah menjadi pengikutnya, dan bisa disamakan hukumnya dengan dia
(Lihat al-Wala’ wal Bara’fil Islam bab
Nawaqidhul Islam hal : 75 oleh Muhammad bin Sa’id bin Salim al-Qahthani
MA cet. Daar Thayyibah dan al Imam Akamuhu haqiqatuhu Nawaqidhuhu hal.
219 dan 241 olch Dr. Muhammad Na’im Yasin, cet. V Mahtu-batul falaah
1407/1987).
KESIMPULANNYA
Apabila kita mau menilai sescorang maka kita wajib menilai dengan neraca yang adil yaitu al-Qur’an dan Sunnah. Tidak boleh kita menilai seseorang itu baik berdasarkan jasa-jasanya atau kehebatan maupun keahliannya, karena banyak sekali orang-orang kafir yang telah berjasa untuk kepentingan kaum Muslimin dan mereka tetap dikatakan kafir.
Apabila kita mau menilai sescorang maka kita wajib menilai dengan neraca yang adil yaitu al-Qur’an dan Sunnah. Tidak boleh kita menilai seseorang itu baik berdasarkan jasa-jasanya atau kehebatan maupun keahliannya, karena banyak sekali orang-orang kafir yang telah berjasa untuk kepentingan kaum Muslimin dan mereka tetap dikatakan kafir.
Pertama kali kita nilai seseorang adalah
tentang aqidahnya, benar atau salah, musyrik, kafir atau mu’min dan
sesudah itu baru yang lainnya.
Ibnu Sina menurut ukuran nilai Islam dia TELAH KAFIR, jadi Ibnu Sina bukanlah cendekiawan Muslim, tetapi CENDEKIAWAN KAFIR.
Ingat kita harus hati-hati terhadap
pengaruh Filsafat Ibnu Sina yang dikembangkan oleh para Orientalis dan
bertujuan untuk menyesatkan kaum Muslimin. Bila aqidah sudah hancur
amal-pun pasti akan gugur.!
Oleh :Al-Ustadz Yazid Ibn Abdul Qodir Jawaz
sumber : http://bukancumadokter.wordpress.com/2011/03/05/benarkah-ibnu-sina-adalah-ilmuwan-muslim/