0 Comment
Sekali lagi gw ingatkan, tragedi di masa lampau kita ceritakan kembali bukan untuk menyinggung kelompok tertentu atau mengembalikan dendam lama. Hal ini kita niatkan sebagai pelajaran, sehingga kejadian yang sama bisa kita hindari di masa depan.
.
.
Tragedi Pembantaian di Sampit
18 Februari 2001
.
.
Suku dayak adalah suku yang mendiami pulau kalimantan. Masyarakat Dayak memiliki tali saudara dengan Suku Banjar. Keduanya konon berasal dari kakak beradik, dimana sang adik tinggal di keramaian dan menjadi suku Banjar, sementara sang kakak memilih hidup dengan alam rimba dan menjadi asal muasal suku Dayak. Namun keduanya memang bagaikan sebuah tubuh yang tidak bisa dipisahkan.
.
Masyarakat dayak sebenarnya merupakan penduduk yang cukup pemalu dan ramah. Banyak orang dari daerah lain diterima di tanah kalimantan dengan baik oleh Dayak selama mereka tidak membuat onar dan melanggar budaya turun temurun disana.
.
.
Kekacauan yang terjadi adalah buntut dari beberapa konflik lebih 20 tahun sebelum tahun pecahnya peperangan ini. Dari data yg gw himpun, ada beberapa kejadian yang memang selalu berhubungan antara suku Madura dan suku Dayak. Diantaranya bersifat ekonomi, asusila dan bahkan kekerasan.. berupa pengeroyokan, pembakaran rumah, pembunhan, sampai pemerkosaan. Namun selama waktu itu pula konflik dapat diselesaikan dengan kesepakatan adat, namun dari trend yg terlihat sering kali korban jatuh dari sisi suku dayak, sementara pihak kepolisian dirasa tidak serius dan sering kasusnya menghilang saja tanpa ada kejelasan.
.
Lambat laun, jumlah suku Madura yang berada di tanah Kalimantam bertambah pesat. Bahkan jajaran dewan dan pimpinan kota saat itu umumnya memiliki darah keturunan Madura. Dominasi madura mulai terasa setelah beberapa hukuman dinilai selalu menguntungkan pihak suku madura. .
Contohnya adalah 
Tahun 2000, di Pangkut, Kotawaringin Barat, 1 keluarga Dayak tewas dibantai oleh orang Madura, pelaku pembantaian lari, tanpa ada sama sekali penyelesaian hukum. Tahun 2000, di Palangka Raya, 1 orang suku Dayak tewas oleh pengeroyok suku Madura di depan gedung Gereja Imanuel, Jalan Bangka. Para pelaku lari, tetapi tidak ada tindak lanjut polisi
.
.
Suku Madura yang berperawakan keras beberapa diantaranya mulai menekan suku Dayak kala itu. Baik dari segi pekerjaan dan pemerasan.. pepohonan dan hutan suku dayak ditebang, dibuka demi kepentingan bisnis dan dibangun bangunan oleh para pendatang. Suku Banjar pun mengalami hal demikian, namun suku Banjar masih melawan, berbeda dengan suku Dayak yang memilih mengalah dan memang seperti itulah sifat aslinya. Mereka mengalah sampai akhirnya terus terhimpit hingga hampir ke hutan.
.
Serangkaian kejadian yg tidak bisa gw sebutkan satu satu itu akhirnya menjadi pupuk kemarahan di hati Suku Dayak. Puncaknya adalah ketika ada isu bahwa Suku Madura hendak menjadikan tanah kalimantan sebagai "Sampang Kedua". Dan menekan dan menindas suku asli tanah tersebut yakni Dayak dan Banjar.
.
Akibat hal itu, suku Dayak yang tadinya tertekan dan jumlahnya sedikit jika dibandingkan dengan pendatang, akhirnya bersatu, merapatkan barisannya bersama suku Banjar. Mereka akhirnya melakukan perlawanan atas apa yang terjadi pada saudara2 mereka. Saat itu bagi suku Dayak, Suku Madura sudah tidak pantas lagi berada di tanah kalimantan dan tidak sesuai dengan nilai nilai yang selama ini mereka jaga.
.
.
Dan dari momen inilah, desas desus mengenai kemampuan magis masyarakat Dayak akhirnya dimunculkan ke permukaan. Iya, hanya dalam keadaan terdesak dan demi membela sukunya.
.
Berbagai senjata diacungkan di udara hari itu. Masyarakat suku dayak memanas. Mereka yg selama ini ramah dan diam, mulai menunjukkan sisi tegas dan keras. Dengan berkelompok, mereka menyisir pemukiman dan mencari para pelaku pengeroyokan, pembunuhan dan segalanya yg selama ini bebas karena tidak diusut oleh pihak berwenang.
.
Konon, suku Madura dapat dikenali dari aromanya oleh Suku Dayak. Mereka dapat membedakan mana pendatang dari daerah lain, dan mana pendatang dari suku Madura. Terlebih adalah siapa yg selama ini berbuat onar di tanah mereka. Menurut beberapa orang, suku dayak melihat suku madura saat itu kepalanya menyerupai sapi dan berbau sapi. Itulah tanda orang Madura.
.
Peperangan tak dapat dihindarkan. Suku Madura yang selama ini mengira suku Dayak lemah ternyata menjadi pemberani dan tegas
.
.
Pertempuran pecah dan Sampit menjadi arena pertempuran mengerikan. Suku Madura bisa dibilang menjadi "buronan" di satu wilayah tanah Kalimantan. Mendengar saudaranya melakukan perlawanan, Suku Dayak yang selama ini berpencar dan menyebar ke Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat bahkan Malaysia akhirnya "pulang", Selain itu Suku Dayak dalam yg selama ini bermukim di dalam hutan pun ikut dan bergabung dengan Suku Dayak dan Suku Banjar di Sampit saat itu.Kini suku Dayak kembali menjadi dominasi di tanah nenek moyangnya.
.
Beberapa orang Suku Madura mencoba melawan. Namun gagal. Karena Suku Dayak bukanlah suku "biasa". Mereka memiliki keahlian dalam menggunakan mandau (sejenis pedang khas Dayak) dan sumpit.. mereka berjalan dengan tombak, panah dan senjata tajam di genggaman mereka. Begitu mereka merasakan keberadaan orang Madura, maka mereka akan mengejar dan menghabisinya.
.
.
Pengungsian besar besaran terjadi. Konflik pecah dengan sangat mengerikan. Namun suku Dayak tetaplah suku dayak yang mengetahui nilai luhurnya. Data mencatat, serangan hanya dilakukan pada mereka, Suku Madura yang berada di jalan dan melawan. Tidak ada serangan lain. Bahkan suku Dayak sama sekali tidak melakukan perusakan pada rumah ibadah agama lain, mereka bahkan tidak menyerang suku Madura yang berlindung di Gereja atau Mesjid.
.
Pemandangan hari itu di jalan jalan sangat mengerikan. Jenazah bergelimpangan di mana mana, kepala kepala manusia ditancapkan diujung tombak dan diarak. Sebagian lainnya, tubuhnya diikat dan digeret menggunakan motor. Jalanan basah oleh darah dan gelimpangan mayat. Kepala kepala itu diangkat dan dibawa keliling daerah. Beberapa lagi dibiarkan menggelinding di jalanan. Menurut kabar yg beredar, air sungaipun berubah menjadi warna merah akibat darah dari para korban yg dibuang ke sungai. Beberapa diantaranya dikeluarkan dahulu isi perutnya sebelum dibuang.
Beberapa foto bisa kalian temukan di google untuk ini, gw ga berani post disini.
.
Suku Madura jelas kalah jumlah dan kalah tanding saat itu, yang mereka hadapi adalah orang2 yg bahkan tidak dapat dilukai dengan senjata tajam dan mampu mendeteksi keberadaan mereka hanya dari bau.
.
.
Pihak kepolisian tidak bisa berlaku banyak. Konflik pecah dan tersebar secara merata. Diantara para polisi juga merupakan keturunan suku Madura dan membuat mereka harus mengungsi. .
.
Kerusuhan ini terus berlanjut hingga 20 Februari. Kota sampit lumpuh. Segala kegiatan dihentikan baik itu sekolah, pekerja kantoran, pns dan bahkan banyak pemilik warung menutup tokonya dan mengungsi. Setiap ada orang yg berani melewati titik perkumpulan orang diperiksa, jika logatnya madura atau memiliki bau sapi, maka akan dicegat dan dihabisi. Sebaliknya, suku lain hanya akan diperintahkan untuk berbalik dan pulang tanpa mengalami kekerasan atau intimidasi apapun.
.
Malam harinya, listrik padam. Kengerian bertambah dengan kondisi yang gelap gulita. Beberapa komplek perumahan diadakan jaga malam. Suku suku lain selain Madura dan Dayak bertahan perkampungannya dan berjaga jaga agar tidak ada orang luar (khususnya dari suku madura) untuk masuk dan nantinya membuat para suku Dayak memburunya.
.
Disaat chaos seperti ini dengan konflik yang masih berkecamuk, muncul kabar menghebohkan lainnya. Ketika Suku Dayak Dalam masuk ke Sampit, konon bersamanya masuk sosok legenda Dayak yakni Panglima Burung dan Panglima Kumbang. Panglima burung menjadi salah satu nama yg merebak di kalangan masyarakat Dayak dan ditakuti warga Madura kala itu.
.
Menurut kabar yg beredar, Panglima Burung sejatinya adalah orang pendiam dan pemalu. Ia sangat ramah dan jarang berinteraksi dengan orang lain. Namun saat perang ini meletus, ia menjadi salah satu yg membantu serangan dengan cara "membunuh tanpa terlihat". Mandau mandau berterbangan di udara dan langsung menyerang leher para musuh hingga terputus. Banyak saksi yang membenarkan keberadaan mandau terbang ini selama konflik Sampit berlangsung. Tanda Panglima Burung telah bergabung dalam pertempuran besar besaran ini..
.
.
Ditengah ketakutan dan gelap itu pula, sirine pemadam kebakaran terus berbunyi. Kebakaran dan asap membumbung tinggi di langit. Asalnya darimana lagi kalau bukan dari rumah rumah warga madura yang dibakar. "Kalau tidak dibakar, mereka akan kembali!" Begitu ungkapan salah satu suku Dayak saat diwawancarai.
.
.
Para pengungsi berfokus pada instansi pemerintahan. Tidak ada dari mereka berani kembali ke rumah masing masing saat itu walaupun diantara mereka ada dari suku lain. Mereka diperintahkan memasang kain kuning atau kunyit di depan rumah mereka sebelum mengungsi agar dikenali bahwa itu bukanlah rumah suku Madura. Selain itu beberapa rumah juga diberikan tulisan "Uluh itah Dayak" "Uluh itah Jawa" sebagai penanda "saya orang jawa". .
.
Perang ini juga terjadi di luar Sampit.. menyebar ke Kota Sambas, Palangkaraya dan Pontianak, walau episentrum perang tetap tertinggi di Sampit.
.
.
Tercatat setidaknya 500 orang tewas kala itu, walaupun banyak yg yakin jumlah sebenarnya adalah mendekati seribu dikarenakan banyaknya jenazah yang dibuang atau (maaf) dimakan hati dan organnya. Tidak ada data pasti berapa jumlah orang yg meregang nyawa saat itu. Sementara dari sisi suku Dayak, tidak diketahui data pasti berapa jumlah korban.
.
Pada 23 Februari, kondisi sudah bisa dikatakan pulih. Walaupun kewaspadaan masih tinggi kala itu. Air PAM masih berwarna merah, konon dikarenakan oleh darah. Sementara itu para penduduk Suku Dayak Dalam kembali ke hutan, dan orang2 Dayak dari berbagai daerah kembali ke daerahnya. Suku suku selain Madura juga kembali ke rumah. Dan mendapati rumahnya dalam keadaan utuh. Tidak dijarah, dan tidak dibakar. Sementara masyarakat Madura saat itu memilih pulang ke Madura karena takut dan khawatir akan terjadinya konflik susulan, selain itu harta benda dan rumah mereka pun sudah habis terbakar.
.
.
Beberapa tahun lalu, konflik serupa hampir saja terulang namun tindakan cepat polisi berhasil meredakan konflik tersebut sehingga tidak meluas.
.
.
Semoga ini jadi pelajaran berharga bagi kita semua. "Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung" dimana saja kita berada, maka hormati dan hargai segala adat disana. Kejadian ini tidak akan terjadi jika tiap2 etnis hidup berdampingan dengan saling menghargai dan tidak menindas satu sama lain. Dan satu lagi, jangan pernah membangunkan harimau tidur...
Semoga kejadian yg sama tidak terulang lagi, dan kita sebagai bangsa Indonesia adalah satu kesatuan.

SC:mwv.mystic

Posting Komentar Blogger

 
Top