1 Comment
Kalau bercerita tentang Gosip / Budaya menggunjing, semua mata tertuju kepada makhluq yang bernama perempuan, Seolah-olah kebiasaan buruk itu hanya dimiliki oleh Insan perempuan. Padahal pekerjaan yang satu ini (menggunjing) tidak hanya bisa dilakukan oleh perempuan, bahkan banyak dari kaum laki-laki yang menggunjing/menggosip dan menjadikannya kegemaran tersendiri yang sering mereka lakukan di kantor, warung kopi, dikendaraan dll.
Namun kenapa selalu kaum wanita yang jadi sasaran tiap kali membicarakan permasalah “menggunjing” ? Bukannya ini satu dari sekian banyak bentuk kedzoliman terhadap wanita ?
Alloh Azza wa jalla saja tidak mengkhususkan larangan menggunjing dalam AlQuran hanya ditujukan untuk kaum perempuan, ini merupakan indikasi bahwa tidak hanya perempuan yang memiliki kebiasaan menggunjing, namun penyakit “menggunjing” itu bisa menempel pada siapa saja, tak terkecuali kaum pria.
Alloh Ta’ala berfirman,
يَأَيّهَا الّذِينَ آمَنُواْ اجْتَنِبُواْ كَثِيراً مّنَ الظّنّ إِنّ بَعْضَ الظّنّ إِثْمٌ وَلاَ تَجَسّسُواْ وَلاَ يَغْتَب بّعْضُكُم بَعْضاً أَيُحِبّ أَحَدُكُمْ أَن يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتاً فَكَرِهْتُمُوهُ وَاتّقُواْ اللّهَ إِنّ اللّهَ تَوّابٌ رّحِيمٌ
Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka (kecurigaan), karena sebagian dari prasangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang. [QS. AlHujurat : 12]
Dalam ayat tersebut Alloh menyeru kepada semua orang-orang yang beriman, baik itu perempuan maupun laki-laki agar menjauhi kebanyakan dari prasangka, mencari-cari aib orang lain karena hal tersebut dilarang oleh Alloh dan Rasul-Nya. Rasululloh shallallohu ‘alaihi wasallam bersabda,
إياكم والظن فإن الظن أكذب الحديث
“Berhati-hatilah kalian terhadap prasangka, karena prasangka itu perkataan paling dusta.” [HR. Bukhary dan Muslim]
Maka hendaknya setiap mukmin menghindari diri dari menggosip/menggunjing, mencari-cari aib orang lain, karena kesemuanya itu tidaklah membawa kepada keuntungan bagi kehidupan didunia apalagi di akhirat kelak. Bahkan karenanya kita akan mengalami kerugian yang sangat besar.
Tips terbebas dari menggosip
Carilah tema pembicaraan lain setiap kali seorang teman telah menceritakan aib orang lain kepada kita, atau tegurlah ia dengan cara-cara yang ihsan bahwa menggunjing, mencari-cari aib orang lain adalah perbuatan dilarang. Jika dengan cara-cara tersebut ia tidak juga menghentikan menggunjing orang lain, maka tinggalkanlah. Sehingga dengan cara yang demikian itu kita bisa terselamatkan dari praktek menggunjing tersebut.

Posting Komentar Blogger

 
Top