1 Comment
Putra bungsu mantan Presiden Soeharto, Hutomo Mandala Putra atau yang akrab disapa Tommy Soeharto melebarkan sayap bisnisnya di bidang perhotelan. Ia menggarap hotel berbintang syariah. Hotel ini diklaim sebagai hotel syariah paling besar di Indonesia.

Di bawah bendera perusahaan perhotelan, PT Hotel Anomsolo Saranatama yang membawahi Lorin Hotels dan Resort, Tommy Soeharto mendirikan hotel syariah dengan nama Syariah Hotel Solo.
Hotel tersebut, terletak persis di sebelah barat Lorin Hotel dan Resort Solo. Peletakan batu pertama pembangunan hotel telah dimulai sejak 17 Januari tahun lalu. Setelah pembangunan rampung, bangunan hotel yang memiliki 11 lantai itu mulai diresmikan pengoperasiannya pada hari ini, Selasa, 11 Maret 2014.

Prosesi peresmian hotel itu, selain dihadiri sang pemilik, Tommy Soeharto dan salah satu putri Soeharto, Siti Herdiyanti Soeharto atau Titik Soeharto, juga dihadiri Ustaz Yusuf Mansyur dan Habib Syech Abdul Qadir Assegaf. Peresmian hotel bernuansa Islami itu ditandai dengan pembukaan kelambu kain di bangunan hotel yang dilakukan oleh pemanjat tebing difabel, Sabar Gorky.

Direktur Hotel Anomsolo Saranatama, Johny Subarkah, mengatakan Syariah Hotel Solo yang dimiliki Tommy Soeharto merupakan hotel syariah terbesar di Solo, Jawa Tengah, bahkan di Indonesia. Sebab, biasanya hotel yang berbasis syariah itu hanya memiliki kamar terbatas seperti 70 hingga 100 kamar. Namun, di hotel ini jumlah kamar cukup besar.

“Syariah Hotel Solo ini dibangun 11 lantai serta memiliki 387 kamar. Dengan jumlah kamar sebanyak itu, hotel ini merupakan hotel syariah terbesar di Indonesia,” katanya ketika ditemui usai peresmian Syariah Hotel Solo, Selasa 11 Maret 2014.

Lebih lanjut, dia mengatakan, alasan dipilihnya Solo sebagai lokasi pendirian hotel syariah terbesar itu karena kota ini menjadi cikal bakal berdirinya bisnis perhotelan yang dimiliki Tommy Soeharto. Saat itu, hotel milik putra bungsu penguasa Orde Baru yang pertama berdiri adalah Lorin Hotel dan Resort di Solo.

“Selain Lorin lahir di Solo, tujuan pendirian hotel syariah di Solo karena Solo sebagai kota satelit serta sebagai kota MICE (meeting, incentive, convention, and exhibition). Diharapkan, para tamu-tamu dari luar kota yang berkunjung ke Solo bisa menginap di hotel yang menawarkan konsep syariah,” jelas dia.

Redaktur: Shabra Syatila

Posting Komentar Blogger

 
Top