- Adapun mengucapkan selamat berkenaan dengan syi’ar-syi’ar kekufuran yang khusus bagi mereka adalah haram menurut kesepakatan para ulama…
- Ucapan semacam ini setara dengan ucapannya terhadap perbuatan sujud terhadap Salib bahkan lebih besar dari itu dosanya di sisi Allah. Dan itu lebih amat dimurkai dibanding memberikan selamat atas minum-minum khamar, membunuh jiwa, melakukan perzinaan dan sebagainya.
- HARAM bagi seorang Muslim meridhai syi’ar-syi’ar kekufuran atau mengucapkan selamat kepada orang lain berkenaan dengannya, karena Allah Ta’ala tidak meridhai hal itu. (Buku Rekayasa Pembusukan Islam, Pustaka Nahi Munkar, Surabaya, halaman 41-42).
Fatwa selengkapnya sebagai berikut.
***
Fatwa Syeikh ‘Utsaimin Tentang Hukum Ucapan Happy Christmas [Selamat Natal]
Pertanyaan.: Syaikh Muhammad bin Shalih al-’Utsaimin -rahimahullah-ditanya :
Bagaimana hukum mengucapkan “Happy
Christmas” (Selamat Natal) kepada orang- orang Kafir? bagaimana pula
memberikan jawaban kepada mereka bila mereka mengucapkannya kepada
kita? Apakah boleh pergi ke tempat-tempat pesta yang mengadakan acara
seperti ini? Apakah seseorang berdosa, bila melakukan sesuatu dari yang
disebutkan tadi tanpa sengaja (maksud yang sebenarnya) namun dia
melakukannya hanya untuk berbasa-basi, malu, nggak enak perasaan atau
sebab- sebab lainnya? Apakah boleh menyerupai mereka di dalam hal itu?
Jawaban:
Mengucapkan “Happy Christmas” (Selamat
Natal) atau perayaan keagamaan mereka lainnya kepada orang-orang Kafir
adalah haram hukumnya menurut kesepakatan para ulama (ijma’).
Hal ini sebagaimana dinukil dari Ibn al-Qayyim rahimahullah di dalam kitabnya “Ahkâm Ahl adz-Dzimmah”, beliau berkata,”Adapun
mengucapkan selamat berkenaan dengan syi’ar-syi’ar kekufuran yang
khusus bagi mereka adalah haram menurut kesepakatan para ulama, seperti
mengucapkan selamat terhadap Hari-Hari besar mereka dan puasa mereka,
sembari mengucapkan,’Semoga Hari raya anda diberkahi’ atau anda yang
diberikan ucapan selamat berkenaan dengan perayaan hari besarnya itu dan
semisalnya. Perbuatan ini, kalaupun orang yang mengucapkannya dapat
lolos dari kekufuran, maka dia tidak akan lolos dari melakukan hal-hal
yang diharamkan. Ucapan semacam ini setara dengan ucapannya terhadap
perbuatan sujud terhadap Salib bahkan lebih besar dari itu dosanya di
sisi Allah. Dan itu lebih amat dimurkai dibanding memberikan selamat
atas minum-minum khamar, membunuh jiwa, melakukan perzinaan dan
sebagainya. Banyak sekali orang yang tidak sedikitpun tersisa kadar
keimanannya, yang terjatuh ke dalam hal itu sementara dia tidak sadar
betapa buruk perbuatannya tersebut.
Jadi, barangsiapa yang mengucapkan
selamat kepada seorang hamba karena melakukan suatu maksiat, bid’ah atau
kekufuran, maka berarti dia telah menghadapi kemurkaan Allah dan
Kemarahan-Nya.”
Mengenai kenapa Ibn al-Qayyim sampai
menyatakan bahwa mengucapkan selamat kepada orang-orang Kafir berkenaan
dengan perayaan hari-hari besar keagamaan mereka haram dan posisinya
demikian, karena hal itu mengandung persetujuan terhadap syi’ar-syi’ar
kekufuran yang mereka lakukan dan meridhai hal itu dilakukan mereka
sekalipun dirinya sendiri tidak rela terhadap kekufuran itu, akan tetapi
adalah HARAM bagi seorang Muslim meridhai syi’ar-syi’ar kekufuran atau mengucapkan selamat kepada orang lain berkenaan dengannya, karena Allah Ta’ala tidak meridhai hal itu,sebagaimana dalam firman-Nya,
إِنْ تَكْفُرُوا فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ عَنْكُمْ وَلَا يَرْضَى لِعِبَادِهِ الْكُفْرَ وَإِنْ تَشْكُرُوا يَرْضَهُ لَكُمْ
“Jika kamu kafir maka sesungguhnya
Allah tidak memerlukan (iman)mu dan Dia tidak meridhai kekafiran bagi
hamba-Nya; dan jika kamu bersyukur, niscaya Dia meridhai bagimu
kesyukuranmu itu.” [Az-Zumar:7]
الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا
“Artinya :
Pada hari ini telah Kusempurnakan
untuk kamu agamamu dan telah Ku- cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah
Ku-ridhai Islam itu jadi agamamu.” [Al- Ma‘idah :3]
Jadi, mengucapkan selamat kepada mereka
berkenaan dengan hal itu adalah haram, baik mereka itu rekan-rekan satu
pekerjaan dengan seseorang (Muslim) ataupun tidak.
Bila mereka mengucapkan selamat
berkenaan dengan hari-hari besar mereka kepada kita, maka kita tidak
boleh menjawabnya karena hari-hari besar itu bukanlah hari-hari besar
kita. Juga karena ia adalah hari besar yang tidak diridhai Allah
Ta’ala; baik disebabkan perbuatan mengada-ada ataupun disyari’atkan di
dalam agama mereka, akan tetapi hal itu semua telah dihapus oleh Dienul
Islam yang dengannya Nabi Muhammad Shallallâhu ‘alaihi Wa Sallam diutus
Allah kepada seluruh makhluk. Allah Ta’ala berfirman,
وَمَنْ يَبْتَغِ غَيْرَ الْإِسْلَامِ دِينًا فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الْآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ(85(
“Barangsiapa mencari agama selain
dari agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu)
daripadanya, dan dia diakhirat termasuk orang-orang yang rugi.” [ Ali ‘Imran/3 :85]
Karena itu, hukum bagi seorang Muslim
yang memenuhi undangan mereka berkenaan dengan hal itu adalah HARAM,
karena lebih besar dosanya ketimbang mengucapkan selamat kepada mereka
berkenaan dengannya. Memenuhi undangan tersebut mengandung makna ikut
berpartisipasi bersama mereka di dalamnya.Demikian pula, haram hukumnya
bagi kaum Muslimin menyerupai orang-orang Kafir, seperti mengadakan
pesta-pesta berkenaan dengan hari besar mereka tersebut, saling berbagi
hadiah, membagi-bagikan manisan, hidangan makanan, meliburkan pekerjaan
dan semisalnya.Hal ini berdasarkan sabda Nabi Shallallâhu ‘alaihi Wa
Sallam, مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ “Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka.”[ Hadits Riwayat Abu Daud).
Syaikhul Islam, Ibn Taimiyah berkata di dalam kitabnya Iqtidhâ‘ ash-Shirâth al-Mustaqîm, Mukhâlafah Ashhâb al-Jahîm.”Menyerupai
mereka di dalam sebagian hari-hari besar mereka mengandung konsekuensi
timbulnya rasa senang di hati mereka atas kebatilan yang mereka lakukan,
dan barangkali hal itu membuat mereka antusias untuk mencari-cari
kesempatan (dalam kesempitan) dan menghinakan kaum lemah (iman).”
Dan barangsiapa yang melakukan sesuatu
dari hal itu, maka dia telah berdosa, baik melakukannya karena
basa-basi, ingin mendapatkan simpati, rasa malu atau sebab- sebab
lainnya, karena ia termasuk bentuk peremehan terhadap Dienullah dan
merupakan sebab hati orang-orang kafir menjadi kuat dan bangga terhadap
agama mereka.
Kepada Allah kita memohon agar
memuliakan kaum Muslimin dengan diennya, menganugerahkan kemantapan hati
dan memberikan pertolongan kepada Muslimin terhadap musuh-musuh mereka,
sesungguhnya Dia Maha Kuat lagi Maha Perkasa.
[Sumber: Majmû’ Fatâwa Fadhîlah asy-Syaikh Muhammad bin Shâlih al-’Utsaimîn, Jilid.III,h.44-46,no.403]. (kasus-kasus di Indonesia, lihat di buku Hartono Ahmad Jaiz, Bunga Rampai Penyimpangan Agama di Indonesia, Pustaka Al-Kautsar, Jakarta, 2007). (lihat nahimunkar.com).
Teks fatwa selengkapnya:
.(404) سئل فضيلة الشيخ: عن حكم تهنئة الكفار بعيد الكريسميس؟ وكيف نرد عليهم إذا هنؤونا به؟ وهل يجوز الذهاب إلى أماكن الحفلات التي يقيمونها بهذه المناسبة؟ وهل يأثم الإنسان إذا فعل شيئاً مما ذكر بغير قصد؟ وإنما فعله إما مجاملة أو حياءً أو إحراجاً أو غير ذلك من الأسباب؟ وهل يجوز التشبه بهم في ذلك؟
فأجاب فضيلته بقوله: تهنئة الكفار بعيد الكريسمس أو غيره من أعيادهم الدينية حرام بالاتفاق، كما نقل ذلك ابن القيم – رحمه الله – في كتابه “أحكام أهل الذمة”، حيث قال: “وأما التهنئة بشعائر الكفر المختصة به فحرام بالأتفاق، مثل أن يهنئهم بأعيادهم وصومهم، فيقول: عيد مبارك عليك، أو تهنأ بهذا العيد ونحوه فهذا إن سلم قائله من الكفر فهو من المحرمات وهو بمنزلة أن تهنئه بسجوده للصليب بل ذلك أعظم إثماً عند الله، وأشد مقتاً من التهنئة بشرب الخمر وقتل النفس، وارتكاب الفرج الحرام ونحوه. وكثير ممن لا قدر للدين عنده يقع في ذلك، ولا يدري قبح ما فعل، فمن هنأ عبداً بمعصية أو بدعة أو كفر فقد تعرض لمقت الله وسخطه”. انتهى كلامه – رحمه الله -.
وإنما كانت تهنئة الكفار بأعيادهم الدينية حراماً وبهذه المثابة التي ذكرها ابن القيم لأن فيها إقراراً لما هم عليه من شعائر الكفر، ورضا به لهم، وإن كان هو لا يرضى بهذا الكفر لنفسه، لكن يحرم على المسلم أن يرضى بشعائر الكفر أو يهنئ بها غيره، لأن الله تعالىلا يرضى بذلك، كما قال الله تعالى: ]إن تكفروا فإن الله غني عنكم ولا يرضى لعباده الكفر وإن تشكروا يرضه لكم[(1). وقال تعالى: ]اليوم أكملت لكم دينكم وأتممت عليكم نعمتي ورضيت لكم الإسلام ديناً[(2). وتهنئتهم بذلك حرام سواء كانوا مشاركين للشخص في العمل أم لا.
وإذا هنؤونا بأعيادهم فإننا لا نجيبهم على ذلك، لأنها ليست بأعياد لنا، ولأنها أعياد لا يرضاها الله تعالى، لأنها إما مبتدعة في دينهم، وإما مشروعة، لكن نسخت بدين الإسلام الذي بعث الله به محمداً، صلى الله عليه وسلم، إلى جميع الخلق، وقال فيه: ]ومن يبتغ غير الإسلام ديناً فلن يقبل منه وهو في الآخرة من الخاسرين[(3).
وإجابة المسلم دعوتهم بهذه المناسبة حرام، لأن هذا أعظم من تهنئتهم بها لما في ذلك من مشاركتهم فيها.
وكذلك يحرم على المسلمين التشبه بالكفار بإقامة الحفلات بهذه المناسبة، أو تبادل الهدايا أو توزيع الحلوى، أو أطباق الطعام، أو تعطيل الأعمال ونحو ذلك، لقول النبي، صلى الله عليه وسلم،: “من تشبه بقوم فهو منهم”. قال شيخ الإسلام ابن تيمية في كتابه: (اقتضاء الصراط المستقيم مخالفة أصحاب الجحيم): “مشابهتهم في بعض أعيادهم توجب سرور قلوبهم بما هم عليه من الباطل، وربما أطمعهم ذلك في انتهاز الفرص واستذلال الضعفاء”. انتهى كلامه – رحمه الله -.
ومن فعل شيئاً من ذلك فهو آثم سواء فعله مجاملة، أو تودداً، أو حياءً أو لغير ذلك من الأسباب، لأنه من المداهنة في دين الله، ومن أسباب تقوية نفوس الكفار وفخرهم بدينهم.
والله المسؤول أن يعز المسلمين بدينهم، ويرزقهم الثبات عليه، وينصرهم على أعدائهم، إنه قوي عزيز.
(nahimunkar.com)
Posting Komentar Blogger Facebook