0 Comment

 


*NASEHAT LEGENDARIS...*


 *(Kisah Mengharukan Antara Imam Besar Ahlussunnah AHMAD BIN HAMBAL Dengan Seorang Penjahat Besar ABUL HAITSAM Rahimahumallah)*


Abdullah bin Ahmad bin Hambal(Putra Imam Ahmad bin Hambal) rahimahumallah berkata:


*"Seringkali dahulu aku mendengar ayahku (al-Imam Ahmad bin Hambal rahimahullah) berdoa:*


*Ya Allah, ampunilah Abul Haitsam*

*Ya Allah, rahmati Abul Haitsam.*


Maka aku bertanya padanya: "Wahai ayahanda, siapakah Abul Haitsam ?"


Beliau menjawab:"Seseorang dari kalangan A'rab (Badui) yang wajahnya sama sekali tak pernah kulihat.


Suatu malam ketika aku selesai dicambuk dahulu (karena fitnah al-Qur'an makhluk-pent), mereka (penguasa) menahanku di penjara bawah tanah yang gelap. Lalu seseorang mencolekku dan bertanya: "Apakah engkau Ahmad bin Hambal ?"


Al-Imam Ahmad: "Benar."


Dia berkata: "Apakah engkau mengenalku?"


Al-Imam Ahmad: "Tidak."


Dia berkata kembali: *"Aku adalah Abul Haitsam, sang perampok, peminum khamr, dan tukang begal. Tertulis dalam catatan Amirul Mukminin bahwasanya aku telah dicambuk sebanyak 18 ribu kali cambukan yang bermacam macam.*


*Dan sungguh aku telah mampu bersabar menanggung semua (siksaan) ini di atas jalan setan. Maka bersabarlah engkau wahai Ahmad, (karena engkau disiksa) di jalan Allah!"*


Maka ketika mereka mengikatku dan memulai cambukannya, setiap kali cambuk mendarat di punggungku, aku teringat ucapan Abul Haitsam dan aku berkata dalam hati:


*"Bersabarlah, engkau di jalan Allah wahai Ahmad!"*

Sumber: Manaqib al-Imam Ahmad bin Hambal hal 450.

------------------------------------------------------------------------


🖋(Diedit oleh Al-Akh Abu Umar Andri Maadsa)


Semoga Bermanfaat ! Baarakallahufiykum.

Posting Komentar Blogger

 
Top