1 Comment
Istinsyaq adalah menghirup air kedalam hidung. Sedangkan Istintsar adalah mengeluarkan air setelah Istinsyaq.
Sebagai Muslim, seharusnya Istinsyaq dan Istinsyar ini selalu dilakukan terutama setelah bangun tidur dan saat berwudhu. Tapi sayang kebanyakan dari kita tidak melaksanakan hal ini. Saat wudhu sering kali kita hanya membasahi hidung saja. Padahal setiap yang Allah dan RosulNya perintahkan pastilah bermanfaat hanya saja kita yang belum menyadari manfaat istinsyaq. Istinsyaq memiliki banyak manfaat bagi kesehatan rongga Hidung kita. Mungkin masih banyak diantara kita yang belum tahu manfaat istinsyaq.
Berikut Manfaat Istinyaq Bagi Kesehatan yang saya ketahui..

1.Lebih Bersih dan Sehat

Dalam penelitian tentang manfaat kesehatan wudhu, dijelaskan, orang-orang yang tidak berwudhu, maka warna hidung mereka memudar dan berminyak, terdapat banyak kotoran dan debu. Ditambahkanya, rongga hidung mereka itu memiliki permukaan yang lengket dan berwarna gelap. Adapun orang-orang yang teratur dalam berwudhu dengan benar (melakukan Istinsyaq) memiliki permukaan rongga hidungnya tampak cemerlang, bersih, dan tidak berdebu. Selain itu rongga hidung orang yang tidak berwudhu menjadi tempat pertumbuhan kuman penyakit.

2. Terhindar dari Infeksi Hidung dan berbagi macam penyakit hidung

Prof. Dr. Syahathah dari bagian THT fakultas kedokteran Universitas Alexandria membuktikan bahwa Istinsyaq dapat membersihkan hidung dari kuman-kuman dan mengeluarkan kuman tersebut sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi hidung.
Bagi anda yang memiliki masalah pada hidung anda yang tak kunjung sembuh, misalnya pilek, mampet dll. Maka saya sarankan untuk melakukan Istinsyaq lebih sering. Apalagi jika lingkungan yang anda tempati memiliki udara yang kotor dan berdebu, maka ini akan sangat membantu.

3. Sembuh Dari Pilek Menahun

Sembuh dari pilek yang sudah sangat lama merupakan manfaat Istinsyak yang bisa dirasakan. Sebelumnya saya juga mengalami masalah pada hidung saya dimana saya selalu pilek dan jarang sembuh.Saya kurang paham mengapa pilek saya susah sembuhnya,walau sembuhpun hanya sehari dua hari dan selanjutnya kambuh lagi.
Namun setelah saya mencoba "terapi" melakukan wudhu dengan benar (melakukan Istinsyaq) dan alhamdulillah sekarang saya dapat benar-benar merasakan manfaat Istinsyak yaitu sembuh dari Pilek yang sudah lama saya derita.

Demikian Sedikit penjelasan Manfaat Istinsyaq bagi kesehatan, semoga dapat membantu dan membuat kita lebih memahami akan perintah Allah dan Sunnah Rosulullah yang semakin ditinggalkan.

Dan tentunya Saya selalu yakin bahwa ibadah itu menyehatkan...

Posting Komentar Blogger

 
Top