1 Comment


SURAT RAJA EROPA KEPADA KHALIFAH  ISLAM

Raja Inggris George II berkirim surat kepada pemimpin kaum muslimin KHALIFAH HISYAM III rahimahullah

Dia berkata: 

" Dari George II raja Inggris, Swedia dan Norwegia kepada Khalifah Islam, pemimpin kaum Muslimin negeri Andalusia, pemilik keagungan, Khalifah HISYAM III, yang berkedudukan tinggi dan mulia.

Setelah ta'dzim (pengagungan) dan tawqir (penghormatan).....

Kami memberitahukan kepada Anda bahwa kami telah mendengar tentang kemajuan pesat  "mata air yang jernih" berupa universitas-universitas ilmu pengetahuan dan industri-industri yang maju di negeri anda yang makmur dan sejahtera....

Maka kami ingin mengirim putera-putera kami (bangsa eropa) agar bisa mengambil contoh dari keutamaan-keutamaan kalian, dan agar hal ini menjadi awal yang baik dalam meneladani jejak-jejak kalian, untuk menyebarkan cahaya ilmu pengetahuan di negeri kami yang diliputi kebodohan dari empat penjurunya. 

Kami jadikan keponakan kami,  PRINCESS DUBANT sebagai pemimpin delegasi dari para putri pembesar kerajaan Inggris untuk mendapat kehormatan dengan bisa "mengecup bulu mata singgasanamu" dan mengais kasih sayangmu. Hal itu agar dia dan teman-teman wanitanya menjadi pusat perhatian keaguangan anda.

Dan kami bekali PUTERI MUNGIL KAMI, dengan hadiah kecil lagi sederhana untuk kedudukan anda yang tinggi lagi mulia.

 Kami memohon kemuliaan anda untuk menerimanya dengan kami aturkan penghormatan, dan cinta yang tulus.

Dari pelayanmu yang patuh...

GEORGE II 

Raja Inggris, Swedia dan Norwegia

__________________________

Balasan surat dari Khalifah HISYAM III rahimahullah:

" Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang"

Segala puji bagi Allah Rabb semesta alam, dan shalalawat serta salam semoga tetcurahkan kepada nabinya sayyidul mursalin"

Wa ba'd.

Kepada Raja Inggris, Ecosia dan Skandinavia yang terhormat....

Saya telah menelaah permohonan anda, dan saya telah menyetujui permintaan anda setelah bermusyawarah dengan para pemegang kebijakan, maka dari itu kami infokan ke anda bahwa delegasi tersebut akan dibiayai dari baitul mal muslimiin, hal itu menunjukkan perhatian kami kepada sosok anda sebagi seorang raja

Adapun hadiah anda, maka saya terima dengan penuh kegembiraan, dan sebagai balasannya kami kirimkan untuk anda  permadani termahal dari negeri Andalusia hasil produk putra-putra kami sebagai hadiah untuk anda.......

KHALIFAH RASULULLAH NEGERI ANDALUSIA DAULAH UMAWIYAH

HISYAM III
Tahun 419  Setelah hijrah rasulullah nabi yang paling mulia.

_________________________________

diterjemahkan dari kitab:

الحضارة الإسلامية بين أصالة الماضي والآمال لعلي بن نايف الحشود 1/43 المكتبة الشاملة اصدار 3

أرشيف ملتقى أهل الحديث 4 via المكتبة الشاملة إصدار 3
_______________________________________

Pelajaran dari kisah di atas:

1. Tingginya kedudukan khalifah Islam pada zaman itu sampai2 raja Eropa menyanjungnya dengan tinggi dan menyebut dirinya sebagai pelayannya kholifah yang patuh

2. Islam pernah menguasai dunia dengan ilmu pengetahuan dan industri

3. Saling menukar hadiah merupakan tradisi para pemimpin zaman dahulu.

4. Kaum Eropa dahulu berada dalam kegelapan dan kebodohan, sampai akhirnya mereka belajar di negeri2 Islam dan dari para ulama Islam.

Wallahu a'lam bish showab

Surabaya, senin 9 Rabi'ul Awwal 1437 H

Akhukum fillah:
Abu Abdillah Fadlan Fahamsyah

" من جورج الثاني ملك إنكلترة و الغال و السويد و النروج ، إلى خليفة المسلمين في الأندلس، صاحب العظمة هشام الثالث الجليل المقام. بعد التعظيم و التوقير ، فقد سمعنا عن الرقيّ العظيم الذي تتمتع بفيضه الصافي معاهد العلم و الصناعات في بلادكم العامرة، فأردنا لأبنائنا اقتباس نماذج هذه الفضائل ، لتكون بداية حسنة في اقتفاء أثركم، و لنشر أنوار العلم في بلادنا التي يحيط بها الجهل من أربعة أركانها ، و قد وضعنا ابنة شقيقنا الأميرة دوبانت على رأس بعثة من بنات أشراف الإنكليز ، لتتشرّف بلثم أهداب العرش ، و التماس العطف لتكون مع زميلاتها موضع عناية عظمتكم ......و قد أرفقتُ الأميرة الصغيرة بهدية متواضعة لمقامكم الجليل، أرجو التكرم بقبولها،مع التعظيم و الحب الخالص من خادمكم المطيع."
جورج م.ا

بسم الله الرحمن الرحيم 
الحمدلله رب العالمين، و الصلاة و السلام على نبيه سيد المرسلين، و بعد .. إلى ملك إنكلترة و إيكوسية و إسكندنافية الأجلّ ، اطلعت على التماسكم، فوافقت على طلبكم بعد استشارة من يعنيهم الأمر من أرباب الشأن ، و عليه فإننا نعلمكم بأنه سوف ينفق على هذه البعثة من بيت مال المسلمين دلالة على مودّتنا لشخصكم الملكي. أما هديتكم فقد تلقّيتها بسرور زائد ، و بالمقابل أبعث إليكم بغالي الطنافس الأندلسية ، و هي من صنع أبنائنا ، هدية لحضرتكم ، وفيها المغزى الكافي للتدليل على التفاتتنا و محبتنا و السلام.

خليفة رسول الله في ديار الأندلس هشام الثالث

Posting Komentar Blogger

 
Top