
Ketauhilah,
itu semua tidak akan menambah kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi
wasallam kecuali kedudukan yang tinggi dan menunjukkan bahwa yang beliau
dakwahkan itu benar adanya, agama yang beliau bawa adalah yang paling
diridhai oleh Allah Ta'ala.
Hal ini disebabkan beberapa hal;
Allah telah membertahukan akan hal itu, Allah Ta'ala berfirman:
{ إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الأبْتَرُ }
Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus". QS. Al Kautsar: 3
Berkata Ibnu Katsir rahimahullah:
أي: إن مبغضك -يا محمد-ومبغض ما جئت به من الهدى والحق والبرهان الساطع والنور المبين، هو الأبتر الأقل الأذل المنقطع ذكْرُه.
"Maksudhnya
adalah sesungguhnya yang membencimu wahai Muhammad shallallahu 'alaihi
wasallam dan membenci apa yang kamu bawa berupa petunjuk, kebenaran dan
keterangan yang jelas, cahaya yang nyata, dialah yang abtar (tidak ada
penerus), sedikit, terhina dan terputus kenangannya."
Beliau juga berkata:
وهذا
يرجع إلى ما قلناه من أن الأبتر الذي إذا مات انقطع ذكره، فتوهموا لجهلهم
أنه إذا مات بنوه ينقطع ذكره، وحاشا وكلا بل قد أبقى الله ذكره على رءوس
الأشهاد، وأوجب شرعه على رقاب العباد، مستمرا على دوام الآباد، إلى يوم
الحشر والمعاد (1) صلوات الله وسلامه عليه دائما إلى يوم التناد.
"Dan ini
kembali apa yang sudah kita katakana bahwa Al Abtar adalah seorang yang
jika meninggal maka terputus kenangannya, mereka mengira karena
bodohnya mereka, bahwa jika mati keturunnya maka terputus kenangannya,
tidak sama sekali tidak, bahkan Allah telah mengabadikan kenangan beliau
pada seluruh makhluk, dan telah mewajibkan syariat beliau atas seluruh
pundak hamba, terus menerus abadi sampai datangnya hari perkumpulan dan
kebangkitan, semoga shalawat dan salam selalu tercurahkan kepada beliau
sampai hari kiamat." Lihat tafsir Al Quran Azhim, karya Ibnu Katsir
rahimahullah pada tafsir ayat ini.
Allah
Ta'ala juga telah mengabarkan bahwa Allah telah mengangkat kedudukan
beliau untuk selalu dikenang, diikuti sampai hari kiamat, Allah Ta'ala
berfirman:
{ وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَ }
Artinya: "Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu." QS. Al Insyarah: 4.
Berkata Mujahid, seorang ahli tafsir dari kalangan tabi'ie rahimahullah:
لا أُذْكرُ إلا ذُكِرتَ معي: أشهد أن لا إله إلا الله، وأشهد أن محمدًا رسول الله.
"Tidaklah Aku disebut kecuali kamu disebut bersamaku; أشهد أن لا إله إلا الله، وأشهد أن محمدًا رسول الله."
Berkata Qatadah, seorang ahli tafsir dari kalangan tabi'ie rahimahullah:
رفع
اللهُ ذكرَه في الدنيا والآخرة، فليس خطيب ولا مُتشهد ولا صاحبُ صلاة إلا
ينادي بها: أشهد أن لا إله إلا الله، وأن محمدا رسول الله.
Artinya:
"Allah Ta'ala telah mengangkat sebutan namanya di dunia dan akhirat,
maka tidaklah seorang khatib atau seorang yang mengucapkan syahadat atau
seorang yang sedang shalat kecuali diserukan: أشهد أن لا إله إلا الله،
وأن محمدا رسول الله."
Semoga
dengan Penjelasan ini, kaum muslim menjadi semakin taat kepada Allah
Ta'ala Dan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam Dan semakin teguh
keimanan.