0 Comment
AKU BELAJAR SABAR DARI SEORANG ANAK KECIL .

Fudhail bin Iyyadh rahimahullah berkata:
“Aku belajar sabar dari seorang anak kecil. Suatu kali ketika aku pergi ke masjid, aku menjumpai seorang ibu memukul anak laki-lakinya di dalam rumahnya. Maka anaknya tersebut berteriak lalu membuka pintu dan lari.

Lalu ibunya tadi menutup pintu rumah. Ketika aku pulang dari masjid, aku jumpai anak tadi setelah menangis sebentar dia tertidur bersandar pada daun pintu dengan tujuan mengarapkan belas kasihan ibunya. Maka hati ibunya pun terenyuh dan membukakan pintu untuk anaknya tersebut.” .

Lalu Fudhail menangis hingga jenggotnya basah dan beliau berkata:
“Subhanallah, seandainya seorang hamba bersabar di depan pintu Allah Azza wa Jalla, pasti Allah akan membukakan pintu untuknya.” .

Abud Darda' radhiyallahu anhu berkata: ”Bersungguh-sungguhlah dalam berdoa, karena sesungguhnya siapa yang banyak mengetuk pintu maka tidak lama lagi akan dibukakan pintu itu untuknya.” .

( تعلمت الصبر من صبى صغير )
قال الفضيل بن عياض رحمه الله :
" تعلمتُ الصبر من صبي صغير , ذهبت مرة إلى المسجد فوجدت امرأة داخل دارها تضرب ابنها , وهو يصرخ ففتح الباب وهرب .
فأغلقت عليه الباب ... قال : فلما رجعتُ نظرتُ , فلقيت الولد بعدما بكى قليلاً , نام على عتبة الباب يستعطف أمه , فرَقّ قلب الأم ففتحت له الباب "
فبكى الفضيل حتى ابتلت لحيته وقال : سبحان الله ! لو صبر العبد على باب الله - عز وجل - لفتح الله له .
قال أبو الدرداء رضي الله عنه : جدوا بالدعاء فإنه من يُكثر قرع الباب يوشك أن يفتح له . [ مصنف ابن أبي شيبة 6/22 ]

Posting Komentar Blogger

 
Top