0 Comment
Nama Beliau
Nama beliau adalah Abdullah bin Abdil Aziz bin Aqil bin Abdillah bin Abdil Karim Al Aqil
Kelahiran Beliau
Beliau lahir di kota Unaizah pada tahun 1335 H, bertepatan dengan tahun 1917 M. Beliau dilahirkan di keluarga yang sibuk dengan ilmu. Ayah beliau adalah ulama Unaizah, Asy Syaikh Abdul Aziz Al Aqil. Paman beliau Abdur Rahman bin Aqil adalah qadhi kota Jizyaan. Adapun kakak beliau Aqil bin Abdul Aziz adalah seorang qadhi di kota Al ‘Aridah yang terletak di Propinsi Jizaan, bagian selatan Saudi Arabia.

Guru-guru Beliau
Guru-guru beliau adalah ulama besar di zamannya. Di antara mereka:
- Ayah beliau Abdul Aziz Al Aqil. Beliau adalah ulama kota Unaizah yang juga terkenal karena tulisan dan syair-syairnya. Ayah beliau ini terhitung sebagai guru pertama bagi beliau.
- Asy Syaikh Abdullah Al Qar’awi
- Asy Syaikh Abdurrahman As Sa’di. Beliau belajar Al Qur’an, Tafsir, Tauhid, Hadits Fiqh, Nahwu dll.
- Al Muhaddits Asy Syaikh Ali bin Nasil Abu Wadi. Beliau mempelajari Shahih Al Bukhari, Shahih Muslim, Kitab-kitab Sunan, Musnad Imam Ahmad dan Miskat Al Mashaabih. Beliau mendapat ijazah dengan sanad yang tinggi melalui jalan guru dari masyaikh beliau, ulama besar hadits dari India Asy Syaikh Natsir Husain.
- Mufti’ Am Kerajaan Saudi Arabia Asy Syaikh Muhammad bin Ibrahim Alu Syaikh.
- Al Mufassir, penulis Kitab Tafsir Adwaul Bayaan, Asy Syaikh Muhammad Amin Asy Syinqithi
- Asy Syaikh Abdurrazzaq Afifi
Tugas Kenegaraan yang Pernah Beliau Jalani
1353 H : Beliau menjadi asisten bagi paman beliau, qadhi daerah Jizan. Pada saat itu pula beliau berperan sebagai imam masjid, khatib jum’at, dai bagi para narapidana dan juga mengajar.
1357 H : Beliau kembali ke Propinsi beliau untuk belajar dari Asy Syaikh Abdurrahman bin Nashir As Sa’di.
1358 H : Beliau diangkat oleh Raja Abdul Aziz untuk menjadi qadi kota Abu Urash. Beliau menjadi qadhi di sini selama lima tahun.
1365 H : Sesuai dengan permintaan Mufti ‘Am Asy Syaikh Muhammad bin Ibrahim, Raja Abdul Aziz memindahkan Asy Syaikh Al Aqil ke pengadilan kota Al Karj selama setahun untuk kemudian dipindahkan ke pengadilan agung Riyadh.
1370 H: Beliau dipindahkan ke kota asal beliau Unaizah dan menjadi Qadhi di sana sambil terus belajar dari para ulama. Di kota ini beliau juga bergabung dengan Komite Amar Ma’ruf Nahi Munkar kota Unaizah.
1375 H: Pada tahun ini Komite Fatwa Kerajaan Saudi Arabia didirikan dan dipimpin langsung oleh Mufti ‘Am Asy Syaikh Muhammad bin Ibrahim Alu Syaikh. Asy Syaikh Abdullah Al Aqil pun ditunjuk oleh Raja Abdul Aziz untuk menjadi anggota komisi fatwa ini.
Setelah beliau pensiun dari tugas beliau, Asy Syaikh masih tetap mengajar di halaqoh-halaqoh ilmiyah serta menjawab pertanyaan dari kaum muslimin baik secara langsung maupun lewat telepon.

Wafat Beliau

Beliau wafat pada hari Rabu, 9 Syawwal 1432 H – bertepatan dengan tanggal 7 September 2011 pada usia beliau yang kesembilan puluh tiga. Beliaupun dishalatkan dan dikebumikan di kota Riyadh pada hari yang sama setelah shalat Ashar.
Semoga Allah ‘azza wajalla mengampuni dosa-dosa beliau dan menerima seluruh amal kebajikan yang beliau telah kerjakan untuk Islam dan kaum muslimin.
(Disusun di Syihir, Hadramaut pada tanggal 11 Syawwal 1432 H dari berbagai sumber)

Posting Komentar Blogger

 
Top