0 Comment
http://www.akhwatmuslimah.com/wp-content/uploads/2012/08/Al_Quran_by_durooob.jpgTulisan ini bukan merupakan justifikasi penulis untuk mendukungnya, . Dan harapan saya jangan ada diantara pembaca yang menjadikan tulisan ini sebagai alasan untuk tidak menikah, memilih membujang ataupun menunda pernikahan.
Berikut adalah diantara para ulama yang tidak menikah tersebut, dimana seluruh masa hidupnya dihabiskan untuk menuntut dan mengajarkan ilmu, menulis dan berdakwah;
1. Yunus bin Hubaib al-Mishri
Beliau lahir pada tahun 90 H dan wafat di tahun 182 H. Beliau belajar ilmu sastra pada Amru Ibnu Ala dan Hammad Ibnu Maslamah. Sibawaih [1], dan juga al-Kasai, dan al-Farra mengambil riwayat dari beliau. Beliau mempunyai majlis ilmu di kota Basrah (Baghdad) yang dihadiri oleh para sastrawan terkemuka dan ahli bahasa Arab, dan beliau termasuk dalam level kelima dalam bidangnya.
Beliau hidup selama 88 tahun tanpa menikah. Tidak ada keinginan beliau dalam hidupnya kecuali menuntut, mencari ilmu dan berdiskusi dengan ulama. Beliau banyak mengarang dan menulis buku di antaranya; Ma’anil Qur’anil Karim, Kitabul Lughat, Kitabul Amtsal, Kitabun Nawadir ash-Shaghir, Kitabun Nawadir al-Kabir, dan Ma’anis Syi’ri [2].
2. Bisyr al-Hafi
Beliau lahir pada tahun 150 H di Murwa, kemudian pindah dan tinggal di Baghdad. Beliau seorang yang zahid, ahli hadis dan ahli fikih. Beliau adalah orang yang sangat terpercaya dalam periwayatan hadis dan merupakan orang yang langka pada zamannya.
Beliau mengambil hadis dari Hammad bin Zaid, Abdullah bin Mubarak, Abdurrahman Ibnu Mahdi, Malik bin Anas, Abu Bakr bin ‘Ayyasy, Fudhail Ibnu ‘Ayyadh dan lainya. Di antara ulama yang mengambil hadis dan ilmu dari beliau adalah Ahmad Ibnu Hanbal, Ibrahim al-Harbi, Zuhair Ibnu Harb, Sariyyun as-Saqthiyyu, al-‘Abbas Ibnu Abdul ‘Adzim, Muhammad Ibnu Hatim dan lainnya.
Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah mengatakan, “Bisyr bisa melakukan seperti itu; ibadah, zuhud, wara’ dan ibadah-ibadah utama lainnya, karena dia hidup sendirian (membujang) dan tidak memiliki keluarga. Kondisinya akan berbeda antara orang yang memiliki keluarga dengan orang yang hidup sendirian”.
Di hari kematian beliau, hamper seluruh penduduk Baghdad ikut menghantarkan jenazahnya. Karena begitu sesaknya, hingga jenazah beliau yang sebetulnya hendak di kubur pada pagi hari, tidak bisa selesai dengan cepat. Jenazah beliau baru sampai ke tempat pemakaman ketika malam sudah menjelang [3]. Ini merupakan kemuliaan dunia sebelum akhirat.
3. Ibnu Jarir ath-Thabari
Beliau adalah ulama ahli hujjah, seorang ahli tafsir, ahli hadist, ahli fikih, ahli ushul, ahli qira’at, sejarawan, ahli bahasa, ahli nahwu, ahli ‘arudh, sastrawan, penyair, seorang muhaqqiq [4], seorang mujtahid muthlaq. Dalam dirinya terkumpul semua ilmu pengetahuan yang membanggakan, mempunyai karya yang luar biasa banyaknya, dan memiliki popularitas yang tidak bisa dibatasi oleh tempat dan waktu.
Beliau dilahirkan di Thibristan pada tahun 224 H. Hafal al-Qur’an pada umur 7 tahun, dan mulai menulis hadits ketika umur 9 tahun. Beliau diijinkan oleh ayahnya untuk memulai berpetualang menjelajah negeri-negeri Islam untuk mencari hadits pada tahun 236 H, di usia yang sangat muda; 12 tahun. Beliau masuk kota Baghdad setelah meninggalnya Imam Ahmad bin Hanbal di tahun 241 H, sehingga tidak sempat bertemu dengannya.
Negeri-negeri Islam yang telah beliau kunjungi di antaranya; Khurasan, Iraq, Syam (Palestina, Syiria, Libanon dan Yordania) dan Mesir. Kemudian menetap dan sampai akhirnya meninggal di Baghdad. Beliau telah berhasil mendapatkan gelar imamah dalam keilmuan (guru besar) pada umur yang sangat muda, yang tidak pernah didapatkan oleh sesiapapun sepanjang masa.
Diantara karya beliau yang terkenal adalah Jami’ul Bayan ‘an Wujuhi Ta’wilil Qur’ani, Tarikh ar-Rasul wal Anbiyaai wal Muluki wal Umami, Tahdzibul Atsari wa Ta’shiluts Tsabit ‘an Rasulillahi minal Akhbari. Beliau juga banyak menulis buku tentang ushul fikih dan cabang ilmu lainnya.
Diceritakan bahwa selama 40 tahun, setiap harinya beliau menulis sekitar 40 lembar kertas. Dan jika dihitung dari masa hidup hingga wafatnya, kemudian dibandingan dengan jumlah keseluruhan banyaknya buku yang beliau tulis, maka setiap harinya beliau telah menulis sebanyak 14 lembar kertas. Sesuatu yang tak mungkin dilakukan seorang manusia kecuali atas taufiq dari Allah Ta’ala.
Beliau meninggal dunia dalam keadaan membujang ketika umur 86 tahun di bulan Syawal pada tahun 310 H. Beliau hanya meninggalkan segudang ilmu pengetahuan bagi generasi berikutnya [5].
4. Abu Bakr Ibnul Anbari
Nama lengkap beliau adalah Muhammad Ibnul Qasim Ibnu Muhammad. Seorang ahli nahwu, ahli tafsir, sastrawan, perawi hadits, dan sangat banyak hafalannya. Beliau lahir di Baghdad tahun 271 H dan wafat tahun 328 H.
Beliau adalah sosok ulama yang tidak ingin makan dengan makanan yang enak-enak. Ketika beliau disuguhi makanan yang enak oleh raja saat itu, makanan tersebut tetap utuh, tidak dimakan sedikitpun oleh beliau. Beliau tidak punya keinginan mendekati wanita dikarenakan lebih mengutamakan konsentrasi dalam menuntut ilmu. Hafalan beliau sangat menakjubkan, ilmunya sangat mengagumkan dan zuhudnya sangat mengesankan.
Beliau telah banyak menulis tentang Ulumul Qur’an, Gharibul Hadits wal Musykil dan al-Waqf wal Ibtida. Beliau hafal sekitar 300 ribu bait syair, hafal Al-Qur’an dan beliau menulis buku dari hasil hafalannya, bukan dari sebuah buku [6].
5. Abu Ali al-Farisi
Beliau adalah al-Hasan Ibnu Ahmad, lahir pada tahun 288 H di kota Fas, di daerah Persia [7], dan wafat pada tahun 377 H. Beliau masuk ke kota Baghdad pada tahun 307 H dan tinggal disana. Kemudian dari sanalah beliau mulai keliling dunia dan singgah di Syam. Di kota tersebut beliau mengunjungi Halb, Tharablis, Ma’arrah an-Nu’an. Beliau tinggal di Halb pada tahun 341 H di tempatnya al-Amir Saifud Daulah Ibnu Hamdan selama 7 tahun.
Kemudian beliau meninggalkan kota Halb dan kembali ke negerinya Persia. Beliau singgah di Syiraz pada tahun 348 H dan menetap di sana selama 20 tahun untuk belajar kepada al-Malik ‘Adh-Dhud Daulah Ibnu Buwaihin. Beliau sangat banyak melakukan perjalanan untuk bertemu dan belajar kepada banyak ulama. Beliau tidak meninggalkan keturunan, keturunan beliau adalah karya-karyanya yang masih abadi hingga sekarang. Ada sekitar 25 buku yang telah beliau tulis [8].
Selain dari mereka, masih banyak ulama lain yang hidupnya membujang, tidak menikah, di antaranya; Abu Ali al-Ju’fi (al-Hafidz al-Muqri), Abus Sari al-Kufi (al-Muhaddis), Abu Nashr as-Sajziy (al-Hafidz al-Imam), Abu Sa’din as-Samman ar-Razi (al-Muhaddis al-Faqih), Abul Barakat al-Anmathi (al-Hafidz al-Alim), Ibnul Khasyab al-Baghdadi (al-Mufassir al-Muqri al-Muhaddis), Abul Fath Nashihuddin al-Hanbali (Faqihul ‘Iraq), Jamaluddin al-Qifthi (al-Adib an-Nahwi al-Muarrikh), al-Imam an-Nawawi (al-Muhaddis), Ibnu Taimiyyah (syaikhul Islam) dan lainnya.
Disarikan dari “Shafahat min Shabril ‘Ulama ‘ala Syadaidil ‘Ilmu wat Tahshil“, Abdul Fattah Abu Ghuddah. Edisi Indonesia berjudul, “Bersabarlah Anda Akan Jadi Orang Besar”, oleh Abu Malikah al-Husnayaini.
[1].  Pelopor dan penyusun ilmu nahwu (tatabahasa Arab).
[2].  Wafiyatul A’yan, Al-Qadhi Ibnu Khalikan, 2/416.
[3].  Tarikhu Baghdad, Al-Khatib al-Baghdadi, 7/67-80.
[4].  Peneliti dan kritikus ulung.
[5].   Mu’jamul Udaba, Yaqut al-Hamawiy, 18/40-96.
[6].  Tarikhul Baghdad, Al-Khatib al-Baghdadi, 3/181-186.
[7].  Negara Iran, sekarang.
[8].  Wafiyatul A’yan, Al-Qadhi Ibnu Khalikan, 1/131.

Posting Komentar Blogger

 
Top