Nama beliau adalah Ja’far bin Tsa’lab bin Ja’far bin Ali bin Muthahhar bin Naufal Al Adfawi. Seoarang ‘ulama bermadzhab Syafi’i yang tinggal di Baghdad.
Kelahiran dan wafatnya beliau :
Dilahirkan pada pertengahan bulan Sya’ban tahun 685 H. Wafat tahun 748 H
di Kairo. Biografi beliau dimuat oleh Al Hafidz di dalam kitab Ad
Durarul Kaminah, biografi nomor 1452.
Imam Ibnu Rajab menyatakan bahwa Syeikh
Abdul Qadir Al Jailani lahir pada tahun 490/471 H di kota Jailan atau
disebut juga dengan Kailan. Sehingga diakhir nama beliau ditambahkan
kata Al Jailani atau Al Kailani atau juga Al Jiliy. (Biaografi beliau
dimuat dalam Kitab Adz Dzail ‘Ala Thabaqil Hanabilah I/301-390, nomor
134, karya Imam Ibnu Rajab Al Hambali. Buku ini belum diterjemahkan ke
dalam bahasa Indonesia).
Beliau wafat pada hari Sabtu malam, setelah maghrib, pada tanggal 9 Rabi’ul Akhir tahun 561 H di daerah Babul Azaj.
Masa muda beliau :
Beliau meninggalkan tanah kelahiran, dan
merantau ke Baghdad pada saat beliau masih muda. Di Baghdad belajar
kepada beberapa orang ulama’ seperti Ibnu Aqil, Abul Khatthat, Abul
Husein Al Farra’ dan juga Abu Sa’ad Al Muharrimi. Beliau belajar
sehingga mampu menguasai ilmu-ilmu ushul dan juga perbedaan-perbedaan
pendapat para ulama’.
Suatu ketika Abu Sa’ad Al Mukharrimi
membangun sekolah kecil-kecilan di daerah yang bernama Babul Azaj.
Pengelolaan sekolah ini diserahkan sepenuhnya kepada Syeikh Abdul Qadir
Al Jailani. Beliau mengelola sekolah ini dengan sungguh-sungguh.
Bermukim disana sambil memberikan nasehat kepada orang-orang yang ada
tersebut.
Banyak sudah orang yang bertaubat
demi mendengar nasehat beliau. Banyak orang yang bersimpati kepada
beliau, lalu datang ke sekolah beliau. Sehingga sekolah itu tidak kuat
menampungnya. Maka, diadakan perluasan.
Murid-murid beliau :
Murid-murid beliau banyak yang menjadi
ulama’ terkenal. Seperti Al Hafidz Abdul Ghani yang menyusun kitab
Umdatul Ahkam Fi Kalami Khairil Anam. Juga Syeikh Qudamah penyusun kitab
figh terkenal Al Mughni.
Perkataan ulama tentang beliau :
Syeikh Ibnu Qudamah rahimahullah ketika
ditanya tentang Syeikh Abdul Qadir, beliau menjawab, ” kami sempat
berjumpa dengan beliau di akhir masa kehidupannya. Beliau menempatkan
kami di sekolahnya. Beliau sangat perhatian terhadap kami.
Kadang beliau mengutus putra beliau
yang bernama Yahya untuk menyalakan lampu buat kami. Beliau senantiasa
menjadi imam dalam shalat fardhu.” Syeikh Ibnu Qudamah sempat tinggal
bersama beliau selama satu bulan sembilan hari. Kesempatan ini digunakan
untuk belajar kepada Syeikh Abdul Qadir Al Jailani sampai beliau
meninggal dunia. (Siyar A’lamin Nubala XX/442).
Beliau adalah seorang ‘alim.
Beraqidah Ahlu Sunnah, mengikuti jalan Salafush Shalih. Dikenal banyak
memiliki karamah-karamah. Tetapi banyak (pula) orang yang membuat-buat
kedustaan atas nama beliau. Kedustaan itu baik berupa kisah-kisah,
perkataan-perkataan, ajaran-ajaran, “thariqah” yang berbeda dengan jalan
Rasulullah, para sahabatnya, dan lainnya. Diantaranya dapat diketahui
dari perkataan Imam Ibnu Rajab, ” Syeikh Abdul Qadir Al Jailani adalah
seorang yang diagungkan pada masanya. Diagungkan oleh banyak para
syeikh, baik ‘ulama dan para ahli zuhud. Beliau banyak memiliki
keutamaan dan karamah.
Tetapi ada seorang yang bernama Al
Muqri’ Abul Hasan Asy Syathnufi Al Mishri (Nama lengkapnya adalah Ali
Ibnu Yusuf bin Jarir Al Lakh-mi Asy Syath-Nufi. Lahir di Kairo tahun 640
H, meninggal tahun 713 H. Dia dituduh berdusta dan tidak bertemu dengan
Syeikh Abdul Qadir Al Jailani) mengumpulkan kisah-kisah dan
keutamaan-keutamaan Syeikh Abdul Qadir Al Jailani dalam tiga jilid
kitab.
Dia telah menulis perkara-perkara
yang aneh dan besar (kebohongannya ). Cukuplah seorang itu berdusta,
jika dia menceritakan yang dia dengar”. Imam Ibnu Rajab bekata : ” Aku
telah melihat sebagian kitab ini, tetapi hatiku tidak tentram untuk
berpegang dengannya, sehingga aku tidak meriwayatkan apa yang ada di
dalamnya. Kecuali kisah-kisah yang telah mansyhur dan terkenal dari
selain kitab ini. Karena kitab ini banyak berisi riwayat dari
orang-orang yang tidak dikenal.
Juga terdapat perkara-perkara yang
jauh (dari agama dan akal ), kesesatan-kesesatan, dakwaan-dakwaan dan
perkataan yang batil tidak berbatas. (Seperti kisah Syeikh Abdul Qadir
menghidupkan ayam yang telah mati, dan sebagainya.) semua itu tidak
pantas dinisbatkan kepada Syeikh Abdul Qadir Al Jailani rahimahullah.
Kemudian aku dapatkan bahwa Al Kamal
Ja’far Al Adfwi (Nama lengkapnya ialah Ja’far bin Tsa’lab bin Ja’far bin
Ali bin Muthahhar bin Naufal Al Adfawi. Seoarang ‘ulama bermadzhab
Syafi’i. Dilahirkan pada pertengahan bulan Sya’ban tahun 685 H. Wafat
tahun 748 H di Kairo. Biografi beliau dimuat oleh Al Hafidz di dalam
kitan Ad Durarul Kaminah, biografi nomor 1452.) telah menyebutkan, bahwa
Asy Syath-nufi sendiri tertuduh berdusta atas kisah-kisah yang
diriwayatkannya dalam kitab ini.”(Dinukil dari kitab At Tashawwuf Fii
Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 509, karya Syeikh Abdul Qadir bin
Habibullah As Sindi, Penerbit Darul Manar, Cet. II, 8 Dzulqa’dah 1415 H /
8 April 1995 M.).
Imam Ibnu Rajab juga berkata, ”
Syeikh Abdul Qadir Al Jailani rahimahullah memiliki yang bagus dalam
masalah tauhid, sifat-sifat Allah, takdir, dan ilmu-ilmu ma’rifat yang
sesuai dengan sunnah. Beliau memiliki kitab Al Ghunyah Li Thalibi
Thariqil Haq, kitab yang terkenal.
Beliau juga mempunyai kitab Futuhul
Ghaib. Murid-muridnya mengumpulkan perkara-perkara yang berkaitan dengan
nasehat dari majelis-majelis beliau. Dalam masalah-masalah sifat,
takdir dan lainnya, ia berpegang dengan sunnah. Beliau membantah dengan
keras terhadap orang-orang yang menyelisihi sunnah .”
Syeikh
Abdul Qadir Al Jailani menyatakan dalam kitabnya, Al Ghunyah, ” Dia (
Allah ) di arah atas, berada diatas ‘arsyNya, meliputi seluruh
kerajaanNya. IlmuNya meliputi segala sesuatu.” Kemudian beliau
menyebutkan ayat-ayat dan hadist-hadist, lalu berkata ” Sepantasnya
menetapkan sifat istiwa’ ( Allah berada diatas ‘arsyNya ) tanpa takwil (
menyimpangkan kepada makna lain ).
Dan hal itu merupakan istiwa’ dzat
Allah diatas arsys.” (At Tashawwuf Fii Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal.
515). Ali bin Idris pernah bertanya kepada Syeikh Abdul Qadir Al
Jailani, ” Wahai tuanku, apakah Allah memiliki wali (kekasih) yang tidak
berada di atas aqidah ( Imam ) Ahmad bin Hambal?” Maka beliau menjawab,
” Tidak pernah ada dan tidak akan ada.”( At Tashawwuf Fii Mizanil
Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 516).
Perkataan Syeikh Abdul Qadir Al
Jailani tersebut juga dinukilkan oleh Syeikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam
kitab Al Istiqamah I/86. Semua itu menunjukkan kelurusan aqidahnya dan
penghormatan beliau terhadap manhaj Salaf.
Sam’ani berkata, ” Syeikh Abdul Qadir
Al Jailani adalah penduduk kota Jailan. Beliau seorang Imam bermadzhab
Hambali. Menjadi guru besar madzhab ini pada masa hidup beliau.” Imam
Adz Dzahabi menyebutkan biografi Syeikh Abdul Qadir Al Jailani dalam
Siyar A’lamin Nubala, dan menukilkan perkataan Syeikh sebagai
berikut,”Lebih dari lima ratus orang masuk Islam lewat tanganku, dan
lebih dari seratus ribu orang telah bertaubat.”
Imam Adz Dzahabi menukilkan
perkataan-perkataan dan perbuatan-perbuatan Syeikh Abdul Qadir yang
aneh-aneh sehingga memberikan kesan seakan-akan bekiau mengetahui
hal-hal yang ghaib. Kemudian mengakhiri perkataan, “Intinya Syeikh Abdul
Qadir memiliki kedudukan yang agung. Tetapi terdapat kritikan-kritikan
terhadap sebagian perkataannya dan Allah menjanjikan (ampunan atas
kesalahan-kesalahan orang beriman ). Namun sebagian perkataannya
merupakan kedustaan atas nama beliau.”( Siyar XX/451 ).
Imam Adz Dzahabi juga berkata, ”
Tidak ada seorangpun para kibar masyasyeikh yang riwayat hidup dan
karamahnya lebih banyak kisah hikayat, selain Syeikh Abdul Qadir Al
Jailani, dan banyak diantara riwayat-riwayat itu yang tidak benar bahkan
ada yang mustahil terjadi “.
Syeikh Rabi’ bin Hadi Al Madkhali
berkata dalam kitabnya, Al Haddul Fashil, hal.136, ” Aku telah
mendapatkan aqidah beliau ( Syeikh Abdul Qadir Al Jailani ) didalam
kitabnya yang bernama Al Ghunyah. (Lihat kitab Al-Ghunyah I/83-94) Maka
aku mengetahui bahwa dia sebagai seorang Salafi. Beliau menetapkan
nama-nama dan sifat-sifat Allah dan aqidah-aqidah lainnya di atas manhaj
Salaf. Beliau juga membantah kelompok-kelompok Syi’ah, Rafidhah,
Jahmiyyah, Jabariyyah, Salimiyah, dan kelompok lainnya dengan manhaj
Salaf.” (At Tashawwuf Fii Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 509, karya
Syeikh Abdul Qadir bin Habibullah As Sindi, Penerbit Darul Manar, Cet.
II, 8 Dzulqa’dah 1415 H / 8 April 1995 M.).
Inilah
tentang beliau secara ringkas. Seorang ‘alim Salafi, Sunni, tetapi
banyak orang yang menyanjung dan membuat kedustaan atas nama beliau.
Sedangkan beliau berlepas diri dari semua kebohongan itu. Wallahu a’lam
bishshawwab.
Kesimpulannya beliau adalah seorang
‘ulama besar. Apabila sekarang ini banyak kaum muslimin
menyanjung-nyanjungnya dan mencintainya, maka suatu kewajaran. Bahkan
suatu keharusan. Akan tetapi kalau meninggi-ninggikan derajat beliau di
atas Rasulullah shollallahu’alaihi wasalam, maka hal ini merupakan
kekeliruan. Karena Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasalam adalah rasul
yang paling mulia diantara para nabi dan rasul. Derajatnya tidak akan
terkalahkan disisi Allah oleh manusia manapun.
Adapun sebagian kaum muslimin yang
menjadikan Syeikh Abdul Qadir Al Jailani sebagai wasilah ( erantara )
dalam do’a mereka. Berkeyakinan bahwa do’a seseorang tidak akan
dikabulkan oleh Allah, kecuali dengan perantaranya. Ini juga merupakan
kesesatan. Menjadikan orang yang meningal sebagai perantara, maka tidak
ada syari’atnya dan ini diharamkan. Apalagi kalau ada orang yang berdo’a
kepada beliau. Ini adalah sebuah kesyirikan besar. Sebab do’a merupakan
salah satu bentuk ibadah yang tidak diberikan kepada selain Allah.
Allah melarang mahluknya berdo’a kepada selain Allah,
Dan sesungguhnya mesjid-mesjid itu
adalah kepunyaan Allah. Maka janganlah kamu menyembah seseorang pun di
dalamnya disamping ( menyembah ) Allah. ( QS. Al-Jin : 18 )
Jadi sudah menjadi keharusan bagi
setiap muslim untuk memperlakukan para ‘ulama dengan sebaik mungkin,
namun tetap dalam batas-batas yang telah ditetapkan syari’ah.
Akhirnya mudah-mudahan Allah senantiasa
memberikan petunjuk kepada kita sehingga tidak tersesat dalam kehidupan
yang penuh dengan fitnah ini.
Wallahu a’lam bishshawab
[Sumber : Majalah Assunnah Edisi 07/Tahun VI/1423H/2002M]
Posting Komentar Blogger Facebook