0 Comment
Semoga kaum muslim diberikan kesabaran dalam menghadapi ujian yaitu ketika Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dihina, dilecehkan.
Ketauhilah, itu semua tidak akan menambah kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam kecuali kedudukan yang tinggi dan menunjukkan bahwa yang beliau dakwahkan itu benar adanya, agama yang beliau bawa adalah yang paling diridhai oleh Allah Ta'ala.
Hal ini disebabkan beberapa hal;
Allah telah membertahukan akan hal itu, Allah Ta'ala berfirman:
{ إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الأبْتَرُ }
Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus". QS. Al Kautsar: 3
Berkata Ibnu Katsir rahimahullah:
أي: إن مبغضك -يا محمد-ومبغض ما جئت به من الهدى والحق والبرهان الساطع والنور المبين، هو الأبتر الأقل الأذل المنقطع ذكْرُه.
"Maksudhnya adalah sesungguhnya yang membencimu wahai Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam dan membenci apa yang kamu bawa berupa petunjuk, kebenaran dan keterangan yang jelas, cahaya yang nyata, dialah yang abtar (tidak ada penerus), sedikit, terhina dan terputus kenangannya."
Beliau juga berkata:
وهذا يرجع إلى ما قلناه من أن الأبتر الذي إذا مات انقطع ذكره، فتوهموا لجهلهم أنه إذا مات بنوه ينقطع ذكره، وحاشا وكلا بل قد أبقى الله ذكره على رءوس الأشهاد، وأوجب شرعه على رقاب العباد، مستمرا على دوام الآباد، إلى يوم الحشر والمعاد (1) صلوات الله وسلامه عليه دائما إلى يوم التناد.
"Dan ini kembali apa yang sudah kita katakana bahwa Al Abtar adalah seorang yang jika meninggal maka terputus kenangannya, mereka mengira karena bodohnya mereka, bahwa jika mati keturunnya maka terputus kenangannya, tidak sama sekali tidak, bahkan Allah telah mengabadikan kenangan beliau pada seluruh makhluk, dan telah mewajibkan syariat beliau atas seluruh pundak hamba, terus menerus abadi sampai datangnya hari perkumpulan dan kebangkitan, semoga shalawat dan salam selalu tercurahkan kepada beliau sampai hari kiamat." Lihat tafsir Al Quran Azhim, karya Ibnu Katsir rahimahullah pada tafsir ayat ini.
Allah Ta'ala juga telah mengabarkan bahwa Allah telah mengangkat kedudukan beliau untuk selalu dikenang, diikuti sampai hari kiamat, Allah Ta'ala berfirman:
{ وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَ }
Artinya: "Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu." QS. Al Insyarah: 4.
Berkata Mujahid, seorang ahli tafsir dari kalangan tabi'ie rahimahullah:
لا أُذْكرُ إلا ذُكِرتَ معي: أشهد أن لا إله إلا الله، وأشهد أن محمدًا رسول الله.
"Tidaklah Aku disebut kecuali kamu disebut bersamaku; أشهد أن لا إله إلا الله، وأشهد أن محمدًا رسول الله."
Berkata Qatadah, seorang ahli tafsir dari kalangan tabi'ie rahimahullah:
رفع اللهُ ذكرَه في الدنيا والآخرة، فليس خطيب ولا مُتشهد ولا صاحبُ صلاة إلا ينادي بها: أشهد أن لا إله إلا الله، وأن محمدا رسول الله.
Artinya: "Allah Ta'ala telah mengangkat sebutan namanya di dunia dan akhirat, maka tidaklah seorang khatib atau seorang yang mengucapkan syahadat atau seorang yang sedang shalat kecuali diserukan: أشهد أن لا إله إلا الله، وأن محمدا رسول الله."
Semoga dengan Penjelasan ini, kaum muslim menjadi semakin taat kepada Allah Ta'ala Dan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam Dan semakin teguh keimanan.

Posting Komentar Blogger

 
Top