28 Comment
Inilah kata “KULLU” sebagai senjata dianggap ampuh oleh mereka, adanya bid’ah hasanah.Mereka mengotak atik dari segi bahasa untuk membela bid’ah hasanah.Ulama Arab yang fasih ilmu balaghoh Nahwu Shorof ( Tata Bahasa Arab )dari generasi awal hingga sekarang, tidak pernah memutar balikan kata “KULLU”di hadist yang akan kita bahas,kenapa sebagian ulama yang bukan arab sangat berani memutar balikan lidahnya demi membela kesalahanya...?.

Berikut pokok bahasan dari makna “KULLU”di tinjau dari Al-Qur-an dan Khadist:
Kalimah "Kullu" menurut ahli bahasa adalah salah satu bentuk kata umum. Imam Syatibi menjelaskan kaedah hadis ini yang menekankan kalimah kullu, yaitu:

مَحْمُوْلٌ عِنْدَ الْعَلَمَاء عَلَى عَمُوْمِهِ ، لاَيُسْتِثْنَى مِنْهُ شَيْءٌ اَلْبَتَّة وَلَيْسَ فِيْهَا مَا هُوَا حَسَنٌ اَصْلاً
"Menurut ulama, hadist ini diterapkan pada keumumannya tanpa ada pengecualian apa pun darinya. Pada bid'ah (di hadist ini pula) sama sekali tidak ada yang disebut (bid'ah) yang baik". (الفتوى Hlm. 180-18 Syatibi. Lihat: علم اصول البدع hlm. 91 Ali Hasan).

Antara fungsi kalimah (كُلُّ) yang digunakan oleh hadist di atas, dapat difahami dan diartikan dengan betul dan sempurna hanya melalui tatacara dan kaedah Bahasa Arab saja yang mana kalimah tersebut hanya boleh diartikan kepada makna: "Semua atau Kesemuanya".

Kalimah atau perkataan (كُلُّ) di dalam hadist ini adalah kalimah yang digunakan dalam Bahasa Arab untuk menjelaskan kepadatan atau kepastian yang semata-mata hanya memberi makna "Semuanya". Kalimah ini juga diistilahkan sebagai kalimah (جَامِعَةٌ) yang digunakan dalam Bahasa Arab hanya untuk menerangkan atau menunjukkan "kesemuanya atau keseluruhannya" tanpa adanya pengecualian sama sekali.

Dengan penjelasan ini perlu diberi penekanan dan perhatian yang serius bahawa kalimah (كُلُّ) dalam Bahasa Arab hanya memberi makna, arti dan maksud: "Semuanya atau Keseluruhannya". Ia sama sekali tidak boleh diterjemahkan kepada makna, arti atau maksud: "Separuh, Sebahagian atau Setengah". Maka hadist ini tidak membisakan dalam hukum antara satu bid'ah dengan bid'ah yang lain, yaitu tidak ada bid'ah hasanah dalam urusan agama.

Jika difahami kalimah kullu di hadist yang dibincangkan ini secara lahiriyah dan tabiinya menurut kaidah yang dimaksudkan oleh hadist tersebut, ia hanya memberi satu makna, satu maksud, satu arti dan satu tujuan yaitu "Setiap bid'ah itu pasti sesat" dan tidak boleh diartikan atau diterjemahkan kepada "Separuh, sebahagian atau setengah bid'ah itu baik (tidak sesat)". Menolak hakikat (istilah) kalimah ini samalah seolah-olah menganggap Nabi Shalallahu ‘alaihiwasallam tidak tahu menggunakan istilah Bahasa Arab dengan betul maka anggapan serupa ini adalah kepercayaan yang dianggap bid'ah dan membawa kepada kekufuran yang nyata.

Dengan demikian tidak dapat diterima pendapat yang meyakini bahawa bid'ah dalam urusan agama terbagi kepada dua, tiga atau lima bahagian kerana pembagian seperti itu bertentangan dengan ketegasan dan maksud hadist-hadist yang menjelaskan bahawa hakikat bid'ah jika dilibatkan dalam persoalan syara adalah sesat keseluruhannya. Jika perbuatan menukar maksud dan makna kalimah kullu di hadist ini disengajakan sebagaimana yang dilakukan oleh sebagian pengikut yang berpegang kepada kaidah mantik yang dipengaruhi oleh kaedah Yunani dan para ulama yang menganut pemahaman Tasawuf, ia adalah perbuatan yang fasik dan batil.

Secara ilmiyah, apabila dikembalikan kepada penilaian bahasa al-Quran kalimah atau perkataan (كُلُّ) yang terdapat di dalam al-Quran atau al-Hadist hanya memberi makna "kesemuanya" atau "keseluruhannya".

Untuk memahami satu-satu ayat atau kalimah yang terdapat di dalam al-Quran mestilah melalui panduan dan penafsiran yang telah disyaratkan oleh al-Quran itu sendiri, kemudian barulah melalui panduan as-Sunnah. Begitu juga, cara untuk memahami al-Hadist dan satu-satu kalimah dari hadist-hadist yang shahih dengan betul dan sempurna mestilah melalui al-Quran terlebih dahulu.

Dengan itu untuk memahami kalimah (كُلُّ) di hadist yang sahih ini tentulah melalui landasan kalimah yang seumpamanya yang banyak terdapat di dalam al-Quran. Kalimah kullu ini dapat difahami melalui firman Allah Ta’alla seperti di bawah ini yang menggunakan kalimah yang sama dan mempunyai fungsi yang serupa:

كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ الْمَوْتِ
"Setiap yang hidup akan merasai mati". (Ali Imran, 3: 185)

Kedudukan kalimah (كُلُّ) pada ayat ini menunjukkan bahawa kalimah kullu tersebut hanya memberi maksud dan makna "semua, setiap atau keseluruhan" tanpa adanya pengecualian. yaitu: "semua, setiap atau keseluruhan yang hidup akan mati" kerana inilah kenyataan yang wajib diyakini oleh setiap orang Islam yang beriman dengan keseluruhan ayat-ayat al-Quran bahawa setiap atau keseluruhan (كُلُّ) yang hidup akan menghadapi kematian kecuali Allah Subhanahu wa Ta'ala sebagaimana juga firman-Nya:

كُلُّ مَنْ عَلَيْهَا فَانٍ وَيَبْقَى وَجْهُ رَبِّكَ ذُوْالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ
"Kesemua yang terdapat di bumi akan binasa dan hanya yang tetap kekal Wajah Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan". (ar-Rahman, 55: 26-27)

Kedudukan kalimah kullu (كُلُّ) di ayat pertama mempunyai konsep dan fungsi yang sama dengan kedudukan kalimah kullu yang terdapat pada ayat yang kedua. Begitu juga kalimah (كُلُّ) pada kedua-dua ayat di atas ini mempunyai fungsi yang sama pula dengan kalimah kullu di hadist shahih yang telah kita bincarakan dan jelaskan.

Menafsirkan kalimah (كُلُّ) pada kedua-dua ayat di atas kepada pengertian separuh, setengah atau sebahagian adalah merupakan penafsiran atau pengolahan yang fasik lagi batil kerana bertentangan dengan kaedah penafsiran yang betul.

Telah terbukti bahawa kalimah kullu yang terdapat pada hadist tentang bid'ah yang sering menjadi isu ini tidak boleh dimaksudkan, diartikan, disyarahkan atau diterjemahkan kepada pengertian sebagian, setengah atau separuh sebagaimana perbuatan segolongan ulama mantik yang dikacaukan oleh orang Yunani( paham filsafat ) kerana ia bertentangan dengan maksud hadist dan makna dari pengertian kalimah (كُلُّ) di dalam al-Quran dan juga hadist tersebut.

Menurut kaidah atau ketetapan ilmu usul jika sesuatu kalimah diulang berkali-kali di beberapa tempat sebagaimana diulang-ulangnya kalimah kullu (كُلُّ) dalam menetapkan bahawa "setiap (كل) bid'ah itu sesat", maka apabila ia terdapat dalam dalil-dalil (al-Quran, al-Hadist dan atsar yang sahih) maka ia menjadi dalil syarii kulli (دليل شرعي كلي) yaitu: "Pasti setiap (كل) bid'ah itu sesat."

Penolakan adanya bid'ah hasanah di kuatkan dengan kenyataan bahawa tidak pernah terkeluar atau terucap dari LisanNabi Muhammad sallallahu 'alaihi wa sallam yang mulia walaupun sebuah sabda yang menerangkan adanya bid'ah hasanah (bid'ah yang baik) di dalam amal-ibadah atau akidah. Sebaliknya, pendapat dan ucapan yang mengatakan adanya bid'ah hasanah hanyalah berpuncak dari kekeliruan pemahaman istilah bahasa atau hasil dari kata-kata serta pendapat yang direka oleh ulama su’ dan bukanlah berdasarkan al-Quran, as-Sunnah atau atsar yang sahih.
Pada hakikatnya tidak mungkin ada bid'ah hasanah dalam agama kerana secara jumlah bid'ah semuanya maksiat sebagaimana penjelasan as-syatibi:

وَلاَ شَكَّ اَنَّ الْبِدَعَ مِنَ الْجُمْلَةِ الْمَعْصِيَةِ
"Tidak dapat diragukan bahawa bid'ah secara keseluruhannya adalah maksiat." (Lihat: الاعتصام. Jld. 2. Hlm. 60)
وَانَّ السَّلَفَ لَمْ يُطْلقُوْا لَفْظَ الْبِدْعَةِ اِلاَّ عَلَى مَا هُوَ فِى نَظرِهِمْ مَذْمُوْم
"Sesungguhnya (para ulama) salaf tidak pernah menggunakan lafaz bid'ah kecuali terhadap apa yang mereka dapat tercela (maksiat)." (Lihat: البدع hlm. 182. 'Izzat 'Atiah)

Terdapat segolongan mubtadi' (pembuat bid'ah) beralasan bahawa kalimah "Kullu" dalam hadist yang sedang dibincangkan tidak menunjukkan arti umum dengan dalil bahawa Allah berfirman:

تُدَمِّرُ كُلَّ شَيْءٍ بِاَمْرِ رَبِّهَا
"Yang menghancurkan segala sesuatu dengan perintah Tuhannya". (al-Ahkaf, 56: 25)

Pembuat bid'ah seterusnya beralasan: Dalam ayat yang mulia di atas ini angin tidak menghancurkan segala sesuatu, maka hal ini menunjukkan bahawa kalimah "Kullu" tidak sentiasa menunjukkan arti yang bersifat umum.

Sebagai jawapan terhadap kesilapan mereka, bahawa kalimah "Kullu" dalam ayat di atas menunjukkan arti umum, sebab angin itu menghancurkan segala sesuatu yang diperintahkan oleh Allah Ta’alla untuk dihancurkan dan tidak segala sesuatu yang terdapat di dunia. Penjelasan ini berdasarkan tafsiran Ibn Jarir:
اِنَّمَا عَنَى بِقَوْلِهِ : { تُدَمِّرُ كُلَّ شَيْءٍ بِاَمْرِ رَبِّهَا } مِمَّا اُرْسِلَتْ بِهَلاَكِهِ لاَنَّهَا لَمْ تُدَمِّْ هُوْدًا وَمَنْ كَانَ آمَنَ بِهِ
Sesungguhnya yang dimaksudkan Allah Subhanahu wa ta’alla dengan firmanNya: Yang menghancurkan segala sesuatu dengan perintah Tuhannya. Adalah bahawa angin menghancurkan segala sesuatu yang dikehendaki oleh Allah Ta’alla untuk dihancurkan. Sebab angin tidak menghancurkan Nabi Hud alaihis salam dan orang-orang yang beriman kepadanya". (Lihat: تفسير الطبرى (13/ 26-27))

Imam al-Qurtubi rahimahullah pula menafsirkan ayat di atas sebagai berikut:
اَيُّ كَلُّ شَيْءٍ مَرَّتْ عَلَيْهِ مِنْ رَجَالِ عَادٍ وَاَمْوَالِهَا
"Maksudnya, yang dihancurkan hanyalah segala sesuatu yang dilewati angin dari kaum 'Ad dan harta mereka". (الجامع لاحكام القرآن (16/206). Al-Qurtubi)

Begitu jugalah dengan pendapat para ulama tafsir yang lain tentang kalimah "Kullu" di ayat di atas. Oleh itu, menggunakan dalil bahawa kalimah "Kullu" dalam hadist tidak mengundang arti umum tidak dapat dijadikan hujjah sama sekali.

Syeikh Mulla Ahmad Rumi al-Hanafi amat tegas dalam perkara ini sehingga beliau berkata:
فَمَنْ اَحْدَثَ شَيْئًا يَتَقَرَّبُ بِهِ اِلَىاللهِ تَعَالَى مِنْ قَوْلٍ اَوْ فِعْلٍ ، فَقَدْ شَرَعَ مِنَ الدِّيْنِ مَا لَمْ يَاْذَنْ بِهِ اللهُ فَعُلِمَ اَنَّ كُلَّ بِدْعَةٍ مَنَ الْعِبَادَةِ الدِّيْنِيَّةِ لاَ تُكُوْنُ اِلاَّ سَيِّئَةً
"Sesiapa yang membuat perkara yang baru untuk bertaqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah, baik dalam bentuk ucapan atau perbuatan, sesungguhnya dia telah membuat syariat dalam agama dengan bentuk ibadah keagamaan, ia adalah bid'ah yang keji". (Lihat: علم اصول البدع hlm. 101 Ali Hasan)

Semoga banyak manfaatnya untuk kita semua
Wallahu A’lam

Posting Komentar Blogger

  1. Assalamu 'alaikum ..Ust.Punten saya mau tanya kalau ۖ وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ ۖkullu disini diartikan semua atau sebagian kalau diartikan semua berarti tidak relepan dengan ayat ali Imron 59... "Sesungguhnya misal (penciptaan) Isa di sisi AllAh, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: "Jadilah" (seorang manusia), maka jadilah dia."(terima kasih atas penjelasannya...

    BalasHapus
  2. Segala puji hanya untuk ALLOH Dzat Yang tiada ilah yang berhak di-ibadahi dengan haq kecuali Dia, Maha Sempurna ciptaan-NYA dan Syari’at-NYA, Yang Mengutus para Nabi dan Rasul dengannya pula kita menapaki jalan benar, kami berlindung kepada ALLOH Jalla wa ‘ala dari keburukan diri – diri kami dan dari kejelekan – kejelakan amal kami.

    Sholawat dan salam semoga tetep tercurah kepada RasuluLLOHi sholaLLOHu ‘alaihi wasalam beserta keluarga-nya, shahabatnya dan orang – orang yang menapaki di jalan-nya yang istiqomah hinggal yaumil akhir.

    Setelah memperhatikan beberapa pendapat utama-nya terhadap thread yang ana posting, dapat diambil kesimpulan bahwa perbedaan mendasar adalah dalam pemahaman arti “كُلّ” dalam Hadist كُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ, dimana orang – orang yang memahami adanya BID’AH HASANAH mengartikan kata “كُلّ” dalam Hadist كُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ dengan SEBAGIAN, sehingga menjadikan beberapa Hadist yang TIDAK SEMAKNA, juga perkataan sebagian Shahabat RodliaLLOHu ‘anhum sebagai takhsis.
    Telah ana sampaikan bahwa kata “كُلّ” bisa memiliki 2 arti yaitu :
    a. Bisa berarti Setiap/Semua, jika tidak ada padanya istitsna’ (pengecualian) baik itu dalam 1 konteks Hadist atau dalam Hadist lain.
    b. Bisa berarti Sebagian, jika kata “كُلّ” ada padanya istitsna’ (pengecualian) baik itu dalam 1 konteks Hadist atau dalam hadist lain yang semakna.
    Jika pengecualian yang dimaksud datang dari Hadits lain, Syaikh Utsaimin memberikan beberapa syarat diantaranya :

    - Hadits yang mengecualikan haruslah semakna, artinya berbicara pada masalah yang sama.
    - Maka hadits yang mengecualikan tersebut haruslah sohih,
    - Kemudian juga harus sorih (jelas), tidak boleh hadits yang mengecualikan tersebut terdapat ihtimal (kemungkinan – kemungkinn) lain yang tidak sejalan dengan hadis yang pertama.

    Nah, sekarang jika ditanyakan kepada antum yang memahami adanya BID’AH HASANAH, pada KONTEK, KONDISI atau KEADAAN yang bagaimana bahwa kata “كُلّ” itu bermakna SEMUA, dan pada KONTEK, KONDISI atau KEADAAN yang bagaimana bahwa kata “كُلّ” itu bermakna SEBAGIAN.

    Diantara antum juga ada yang membagi kata “كُلّ” dengan “KULLU KULIYYAH” dan “KULLU KULLI”, apa definisi dari keduanya (“KULLU KULIYYAH” dan “KULLU KULLI”).

    Semoga antum semua berkenan untuk memberikan penjelasan atas pertanyaan di atas, dari sini juga semoga semakin jelas permasalahan ini..

    WabiLLAHitaufik wasalamu’alikum warokhmatuLLAHi wabarokatuh..

    BalasHapus
  3. Sepertinya Saudara bukan orang arab, jadi sy tidak akan mengajak berdiskusi ttg tata bahasa dari hal yg tdk akan pernah terselesaikan.
    Praktis saja, bagaimana tanggapan Saudara tentang pemberian harakat pada Alquran? Perluasan Mina? peningkatan safa, marwa, jumrah? Semua tidak pernah terjadi di masa Rasulullah SAW.

    BalasHapus
  4. apakah saudara Asropi mau membicarakan masalah bid'ah ini lebih mendalam..? :)

    BalasHapus
  5. http://aminbenahmed.blogspot.com/2013/06/mari-berbicara-mengenai-mashalih.html silahkan saudara melihat di notes tersebut, bahasan2 yang saudara inginkan ada disitu..

    BalasHapus
  6. lebih aman jika kita saling menghargai n gak perlu debat
    pake pemahaman masing2 tanpa mendiskreditkan, saling menghina, apalagi mengkafirkan
    shohabat umar saja mengatakan nikmatulbid'ati hadzihi
    bahkan taraweh berjamaah zaman rosul tidak ada kan ?
    jika begitu berarti shohabat ummar adalah ahli bid'ah yang pasti keneraka, sedangkan beliau shabat yg masuk surga tanpa hisab

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidaka ada yang menghina apa lagi mengkafirkan,penjelasan yang benar itu harus disampaikan,walaupun sakitnya seperti ditusuk pedang dan dibakar api..
      barakallahu fiik telah mampir..

      Hapus
  7. Bagaimana dengan bid'ah nikmat yang di bilang Sayidina Umar? Apakah Sayidina Umar tidak faham dengan Kullu bid'atin dhalalah?
    Tentu nya Sayidina Umar yang hidup sezaman dengan Nabi dan lebih tahu makna hadist daripada orang yang hidup di zaman pertengahan apalagi di akhir zaman. Na'uzubilahi minzalik, bagi orang yang memvonis sayidina Umar menyelisihi Nabi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan antum membaca lagi di notes dan di komentarnya,karena disitu sudah dijelaskan dengan gamblang..barakallah telah mampir ke blog ana..

      Hapus
  8. amin ben ahmed, aneeeeeeh,
    rujukannya kok Utsaimin...LOL, Utsaimin dan Bin Baz, ulama wahabi yg saling mengkafirkan.
    Tulisan Ibnu Utsaimin membantah Ibnu Bas; dalam “Syarh al Aqidah al Wasithiyyah”, j. 2, h. 136, dengan redaksi berikut ini:

    وقوله: “لا ظل إلا ظله”؛ يعني: إلا الظل الذي يخلقه، وليس كما توهم بعض الناس أنه ظل ذات الرب عز وجل؛ فإن هذا باطل؛ لأنه يستلزم أن تكون الشمس حينئذ فوق الله عز وجل. ففي الدنيا؛ نحن نبني الظل لنا، لكن يوم القيامة؛ لا ظل إلا الظل الذي يخلقه سبحانه وتعالى ليستظل به من شاء من عباده. أ.ه

    Tejemah:

    Sabda Rasulullah “La Zhilla Illa Zhilluh” artinya “Tidak ada bayangan kecuali bayangan yang diciptakan oleh Allah”. Makna hadits ini bukan seperti yang disangka oleh sebagian orang (Ibnu Bas) bahwa bayangan tersebut adalah bayangan Dzat Allah, ini adalah pendapat batil (SESAT), karena dengan begitu maka berarti matahari berada di atas Allah. Di dunia ini kita membuat bayangan bagi diri kita, tetapi di hari kiamat tidak akan ada bayangan kecuali bayangan yang diciptakan oleh Allah supaya berteduh di bawahnya orang-orang yang dikehendaki oleh-Nya dari para hamba-Nya”.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu hanya karangan yang memfitnah kedua ulama tersebut untuk menjatuhkan mereka..

      Hapus
    2. Kalau mau konsisten ngg bid'ah.... ya jangan naik motor, mobil, pesawat.... Naik aja ONTA....

      Hapus
    3. Pelajari saja apa itu bid'ah saudara.. Niscaya antum akan faham nantinya..

      Hapus
  9. Di dalam bahasa Arab kata kullu tidak selalu bermakna semua, terkadang kullu juga bermakna sebagian. Imam Fairuzabadi dalam kitabnya Qomus al Mukhith mengatakan:

    الكُلُّ، بِالضَّمِّ اسْمٌ لِجَمِيْعِ الْأَجْزاءِ، لِلذَّكَرِ والْأُنْثَى، أَوْ يُقَالُ كُلُّ رَجُلٍ، وَكُلَّةُ امْرَأَةٍ، وَكُلُّهُنَّ مُنْطَلِقٌ وَمُنْطَلِقَةٌ، وَقَدْ جَاءَ بِمَعْنَى بَعْضٍ

    Kullu dengan dhomah, adalah nama bagi semua bagian. Baik bagi kata maskulin atau feminim. Ada pula yang mengatakan bagi maskulin kullu rojul bagi feminim kullatu imroatin. (dikatakan) Kulluhunna muntholiq atau muntholiqoh. Dan sungguh telah datang (kullu) dengan makna sebagian.

    Al Murtadho Az Zabidi dalam Kamusnya Tajul `Arus mengatakan:

    قَالَ ابْنُ الْأَثِيْرِ : مَوْضِعُ كُلٍّ اَلْإِحَاطَةُ بِالْجَمِيْعِ وَقَدْ جَاءَ اسْتِعْمَالُهُ بِمَعْنَى بَعْضٍ وَعَلَيْهِ حُمِلَ قَوْلُ عُثْمَانَ رضي الله عنه حِيْنَ دُخِلَ عَلَيْهِ فَقِيْلَ لَهُ : أَبِأَمْرِكَ هَذَا ؟ فَقَالَ : كُلُّ ذَلِكَ – أَيْ بَعْضُهُ – عَنْ أَمْرِيْ وَبَعْضُهُ بِغَيْرِ أَمْرِيْ

    Berkata Ibnu Atsir, topik dari kullu adalah makna yang mencakup keseluruhan. Namun sungguh telah datang penggunaannya dengan makna sebagian. Atas makna ini diarahkan ucapan Sayidina Utsman ra, Ketika beliau didatangi seseorang kemudian ditanya, “Apakah ini perintahmu?” Beliau ra menjawab, “Kullu (sebagian) itu adalah perintahku dan sebagiannya bukan perintahku.”

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanya aja sama orang arab asli mas..
      Daripada ribet ngeluarin dalil tapi salah..

      Hapus
    2. .bilang bid'ah ko pegang hp jangan pegang hp kang

      Hapus
    3. Yth, admin, tlg respon komentar mas Hadi dgn telaah ilmiah, jgn cmn nyengir saja, posting Anda hrs dikaji ulang, kami tunggu ni

      Hapus
  10. jazakallahu khoiron akhi atas penjelasanya, tetaplah istiqomah dalam berdakwah, bersabarlah atas cacian2 orang yang belum faham atau mungkin hatinya belum di bukakan oleh Allah, barakallahu fiik

    BalasHapus
  11. jazakallahu khoiron akhi atas infonya, semoga tetap istiqomah dalam berdakwah, dan tetap bersabar atas cacian orang yang belum faham atau mungkin hatinya belum di bukakan oleh Allah untuk menerima kebenaran

    BalasHapus
  12. Mari perhatikan dengan seksama & cermat kalimat hadits tersebut. Jika memang maksud Rosululloh shalallahu ‘alaihi wa sallam adalah SELURUH kenapa beliau BERPUTAR-PUTAR dalam haditsnya?

    Kenapa Rosululloh tidak langsung saja
    كل محدث فى النار
    “Kullu muhdatsin fin naar” (setiap yg baru itu di neraka) ?
    كل بدعة فى النار
    “Kullu Bid’atin fin naar” (setiap bid’ah itu di neraka)”?

    Kenapa Rosululloh Shollallohu ‘alaihi wa sallam menentukan yg akhir, yakni “kullu dholalatin fin naar” bahwa yg SESAT itulah yg masuk NERAKA ?

    Selanjutnya, Kalimat bid’ah (بدعة) di sini adalah bentuk ISIM (kata benda) bukan FI’IL (kata kerja).

    Dalam ilmu nahwu menurut kategorinya Isim terbagi 2 yakni Isim Ma’rifat (tertentu) dan Isim Nakirah (umum).

    Nah….. kata BID’AH ini bukanlah
    1. Isim dhomir
    2. Isim alam
    3. Isim isyaroh
    4. Isim maushul
    5. Ber alif lam
    yg merupakan bagian dari isim ma’rifat. Jadi kalimat bid’ah di sini adalah isim nakiroh
    Dan KULLU di sana berarti tidak beridhofah (bersandar) kepada salah satu dari yg 5 diatas.

    Seandainya KULLU beridhofah kepada salah 1 yg 5 diatas, maka ia akan menjadi ma’rifat. Tapi pada ‘KULLU BID’AH’, ia beridhofah kepada nakiroh. Sehingga dalalah -nya adalah bersifat ‘am (umum).

    Sedangkan setiap hal yg bersifat umum pastilah menerima pengecualian.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Belajarlah dari ahlinya biar gak salah paham,ilmu agama yg kapah hanya ada di ulama,di mana mereka adlh penerus Nabi dan Rosul,kl menuntut ilmu Agama bukan dari ahlinya pasti kelirunya.apalagi dari terjemahan,Alqur'an di terjemahkan ke bhs.indonesia, benar scra bhs indonesia,di terjemahkan ke bahasa Arab,benar scra bhs Arab,namun belum tentu benar scr bhs qur'an itu sendiri.

    BalasHapus
  15. ini bisa jadi soal TIU untuk tes CPNS selanjutnya"Seluruh yang Baru adalah Bid'ah, seluruh bid'ah adalah sesat, seluruh kesesatan dalam neraka".
    a. sebagian bid'ah itu sesat
    b. tidak semua yang baru itu bid'ah
    c. semua yang baru adalah bid'ah
    d. semua bid'ah sesat
    e. semua bid'ah sesat itu di neraka

    BalasHapus
  16. Di dalam bahasa Arab kata kullu tidak selalu bermakna semua, terkadang kullu juga bermakna sebagian. Imam Fairuzabadi dalam kitabnya Qomus al Mukhith mengatakan:

    الكُلُّ، بِالضَّمِّ اسْمٌ لِجَمِيْعِ الْأَجْزاءِ، لِلذَّكَرِ والْأُنْثَى، أَوْ يُقَالُ كُلُّ رَجُلٍ، وَكُلَّةُ امْرَأَةٍ، وَكُلُّهُنَّ مُنْطَلِقٌ وَمُنْطَلِقَةٌ، وَقَدْ جَاءَ بِمَعْنَى بَعْضٍ

    Kullu dengan dhomah, adalah nama bagi semua bagian. Baik bagi kata maskulin atau feminim. Ada pula yang mengatakan bagi maskulin kullu rojul bagi feminim kullatu imroatin. (dikatakan) Kulluhunna muntholiq atau muntholiqoh. Dan sungguh telah datang (kullu) dengan makna sebagian.

    Al Murtadho Az Zabidi dalam Kamusnya Tajul `Arus mengatakan:

    قَالَ ابْنُ الْأَثِيْرِ : مَوْضِعُ كُلٍّ اَلْإِحَاطَةُ بِالْجَمِيْعِ وَقَدْ جَاءَ اسْتِعْمَالُهُ بِمَعْنَى بَعْضٍ وَعَلَيْهِ حُمِلَ قَوْلُ عُثْمَانَ رضي الله عنه حِيْنَ دُخِلَ عَلَيْهِ فَقِيْلَ لَهُ : أَبِأَمْرِكَ هَذَا ؟ فَقَالَ : كُلُّ ذَلِكَ – أَيْ بَعْضُهُ – عَنْ أَمْرِيْ وَبَعْضُهُ بِغَيْرِ أَمْرِيْ

    Berkata Ibnu Atsir, topik dari kullu adalah makna yang mencakup keseluruhan. Namun sungguh telah datang penggunaannya dengan makna sebagian. Atas makna ini diarahkan ucapan Sayidina Utsman ra, Ketika beliau didatangi seseorang kemudian ditanya, “Apakah ini perintahmu?” Beliau ra menjawab, “Kullu (sebagian) itu adalah perintahku dan sebagiannya bukan perintahku.”

    BalasHapus
  17. kadang 2 tajwid belum khatam...langsung terjemah...isim fingil huruf lum ngaji..langsung ndalil..lum baca trias ppolitica dlm bhs prancis langsung ngemeng menurut montesquieu...

    BalasHapus
  18. Tentulah Rasulullah yang mulia tidak hendak membingungkan umatnya apalagi menyesatkan.
    jika bid'ah itu ada yang diperbolehkan, tentulah Rasulullah pasti menjelaskan dengan tegas.

    adapun pesawat untuk berangkat haji, atau perluasan masjid, dan lain2, itu bukanlah bid'ah, melainkan siasat untuk beribadah.

    BalasHapus

 
Top